Bisnis Anda sulit berkembang? Ini panduan 8 strategi pemasaran digital marketing, transformasi dari bisnis tradisional ke era digital marketing untuk sukses!

 

Strategi pemasaran digital Marketing

Apakah itu Strategi pemasaran digital marketing? Pengertian sederhananya, strategi pemasaran digital adalah serangkaian tindakan yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau layanan dengan menggunakan berbagai channel media digital yang ada. Semakin banyak channel marketing yang digunakan sebagai saluran distribusi, akan semakin bagus hasilnya meski tentu saja lebih repot pelaksanaanya.

Ini 8 Strategi Pemasaran Digital Marketing

Tujuan Strategi Pemasaran Digital Marketing

Tentukan dan tetapkan dahulu apa tujuan serta strategi pemasaran digital marketing seperti apa yang ingin diterapkan? Sebelum memulai kampanye digital, hal pertama yang harus ditentukan adalah apa tujuan utamanya! Pikirkan terlebih dahulu apa yang ingin Anda capai dengan strategi pemasaran digital marketing tersebut? Apakah manfaat digital marketing yang akan digunakan tersebut untuk memperluas jangkauan promosi? Ingin meningkatkan angka penjualan produk dan menjangkau audiens yang lebih luas (Direct Selling). Atau untuk memperkuat merek/brand (Brand Awareness) produk Anda?

Penetapan tujuan strategi pemasaran digital marketing sebagai langkah awal sangat penting untuk meraih keuntungan menggunakan pemasaran digital namun dengan target yang berbeda. Dalam implementasi, ini sangat erat kaitannya dengan pengelompokan target keyword yang akan di bidik untuk segmen market tertentu dll.

 

Strategi Dalam Digital Marketing

Langkah berikutnya adalah; Pelajari dengan cermat segmen dan target pelanggan dengan seksama. Pelajari target audiens secara cermat. Siapa target audiens Anda? Apa preferensi mereka? Kebutuhan mereka apa? Keinginan mereka apa? Pelajari lebih jauh tentang perilaku mereka, bagaimana, kapan dan di mana saja mereka biasanya menghabiskan waktu? Memahami Consumer Behavior akan memudahkan dalam menyusun strategi pemasaran digital marketing lewat pengelompokan target kata kunci yang relevan. Atau jika Anda kurang memahami strateginya, serahkan saja kepada konsultan digital marketing, karena mengatur strategi marketing adalah tugas & tanggung jawab konsultan digital marketing. Mereka yang akan merancang sekaligus mengeksekusinya.

 

Apa itu Consumer Behavior?

Consumer Behavior atau perilaku konsumen adalah perilaku kebiasaan mereka misalanya dalam memilih, membeli, menggunakan, atau membuang suatu produk atau jasa. Perilaku preferensi, kebiasaan, keyakinan, nilai-nilai, dan persepsi individu terhadap produk atau jasa tertentu konsumen sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan ekternal seperti misalnya persepsi individu, sikap, motivasi, faktor situasional, lingkungan sosial budaya disekeliling mereka dll.

 

Apa itu comsumer behavior

 

Belajar Memahami Konsumen

Sangat penting bagi semua pelaku usaha untuk bisa memahami perilaku konsumen dengan baik. Mengapa? Karena pada dasarnya setiap konsumen adalah individu yang unik, mereka punya preferensi, prioritas kebutuhan, serta keinginan yang juga sangat berbeda-beda.

Dengan memahami perilaku konsumen dengan baik, strategi pemasaran digital marketing bisa dilakukan lebih fleksibel sehingga dapat lebih efektif menarik perhatian, mempengaruhi persepsi serta keputusan mereka untuk membeli. Disamping itu juga untuk membangun hubungan jangka panjang untuk tujuan branding marketing.

Tanpa memperhatikan perilaku konsumen, Anda akan kehilangan peluang untuk menjangkau mereka. Oleh sebab itu pelaku bisnis harus selalu memantau perubahan perilaku konsumen mereka, mengidentifikasi tren baru, dan harus siap setiap saat untuk mengubah strategi promosi yang diperlukan agar bisa menjawab kebutuhan serta keinginan konsumen.

Memahami perilaku konsumen sebelum melakukan kampanye marketing akan mengarahkan strategi pemasaran digital marketing menjadi lebih efektif. Perubahan perilaku konsumen akan sangat mempengaruhi keputusan dan tindakan pemasaran yang akan diambil oleh pelaku bisnis.

Jika Anda sebagai pelaku bisnis bisa memahami perilaku konsumen dengan baik, maka strategi pemasaran akan jauh lebih efektif dan efisien. Contoh, jika Anda mengetahui ada perilaku kebiasaan tertentu yang umum pada sebagian masyarakat di suatu daerah misalnya cenderung untuk berbelanja pada hari tertentu. Maka Anda bisa mengatur strategi promosi yang lebih baik untuk meningkatkan penjualan pada hari tersebut.

 

Contoh Strategi Digital Marketing

Ini sekedar contoh bagaimana kaitan antara strategi pemasaran digital marketing dengan customer behavior. Misalnya, mengapa konsumen di daerah tertentu ternyata mereka lebih suka memilih merek mobil China dibandingkan dengan mobil Jepang misalnya. Maka jika Anda adalah dealer mobil China atau sales profesional mobil China bisa menggunakan informasi bagus ini untuk mengembangkan pesan pemasaran yang lebih efektif dan menarik bagi calon-calon konsumen potensial.

Bagi pelaku bisnis sangat penting untuk terus memantau perilaku konsumen mereka, itu bisa dilakukan dengan riset pasar, analisis data, atau melakukan observasi langsung. Dengan memahaminya maka strategi pemasaran digital marketing yang Anda susun bisa berjalan efektif, mampu memuaskan kebutuhan sesuai keinginan konsumen.

Tujuan Strategi Pemasaran Digital Marketing

Apa saja strategi dalam digital marketing?

Ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan dalam dunia digital marketing. Berikut ini panduan lengkap 8 strategi pemasaran digital marketing serta penggunaan channel marketing yang diperlukan untuk sukses mentransformasikan bisnis tradisional Anda ke era digital marketing tanpa batas.

Content Marketing Strategy

Mau menggunakan strategi pemasaran digital marketing model apapun, content marketing selalu menjadi garda terdepan. Konten yang berkualitas tinggi akan selalu mampu menyedot perhatian serta melibatkan emosi audiens. Pembuatan konten yang berkualitas tinggi untuk mempromosikan produk, seperti seperti blog, video marketing, podcast, infografis, dll akan melibatkan team kreatif. Tugas team keatif merancang semua proses kampanye, dari mulai detail produk terkecil hingga menjadi konten yang unik dan menarik. Ini adalah bagian dari content marketing strategy yang memang dirancang untuk menyedot perhatian audiens

 

Strategi SEO

Buatlah website marketing yang menarik dan atraktif. Membuat website penjualan yang menarik dan mudah digunakan adalah kunci utama untuk menarik pengunjung dan meningkatkan konversi penjualan. Pastikan website penjualan Anda bukan hanya memiliki tampilan yang menarik, namun juga sudah SEO Friendly, informasi produk yang lengkap, serta navigasi yang mudah.

Maksimalkan dengan strategi SILO SEO, susunlah teknik SEO content marketing & link building strategy yang terstruktur untuk mendongkrak target keyword dalam jangka pendek serta meningkatkan peringkat website di mata Google dalam jangka panjang. Teknik jitu SEO Linkbuilding+content marketing ini melibatkan optimasi sistem backlink yang terstruktur dan relevan dengan konten.

Strategi pemasaran digital marketing dengan menggunakan strategi SEO yang terstruktur akan menghasilkan ouput yang efektif, serta efisiensi dari sisi biaya. 

 

Search Engine Marketing Strategy

Dalam strategi pemasaran digital marketing, penggunaan iklan search engine berbayar atau yang dikenal dengan istilah search engine marketing (SEM), tujuannya untuk meningkatkan visibilitas produk serta menarik lalu lintas website melalui iklan di mesin pencari seperti Google Ads, Bing, Microsoft Edge atau Yahoo. Iklan ini biasanya dalam bentuk PPC (pay per click).

Search engine marketing sangat berguna untuk menarik pengunjung website yang relevan dan juga mendapatkan lead buyer yang potensial dari mesin pencari. Dengan meningkatkan jumlah pengunjung yang relevan, ini juga akan meningkatkan konersi dan penjualan. Iklan search engine marketing juga bagian yang tak terpisahkan dari strategi pemasaran digital marketing.

 

Sosial Media Marketing

Sosial media marketing adalah salah satu bagian penting dalam pengelolaan strategi pemasaran digital marketing. Penggunaan sosial media seperti Facebook, Instagram atau LinkedIn sangat efektif untuk berinteraksi dengan kalangan konsumen yang beragam melalui publikasikan konten. Dari mulai promosi content marketing, konten merek serta konten yang sifatnya edukatif , bukan semata-mata untuk kepentingan jualan saja.

Manfaatkanlah media sosial dengan baik, karena di era digital saat ini hampir semua orang menyukai selfie untuk tetap eksis di sosmed. Itu salah satu sebab mengapa sosial media adalah salah satu platform pemasaran digital yang paling efektif. Manfaatkan dan gunakanlah media sosial untuk membangun merek/brand dan menarik ribuan traffic ke website marketing Anda. Pastikan untuk memilih platform yang sesuai dengan target audiens dan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sebagai contoh, bagi produk bisnis yang berfokus pada penggunaan gambar, seperti bisnis fashion, makanan atau minuman, platform seperti Instagram dan Pinterest bisa menjadi media pemasaran yang efektif – Sebaliknya, bagi bisnis yang lebih berfokus pada content marketing tertulis, seperti bisnis jasa atau konsultan, maka channel marketing seperti LinkedIn atau website company adalah pilihan sarana promosi yang lebih efektif.

 

Channel Email Marketing

Strategi email marketing yang persuasif juga sangat efektif untuk mendekatkan lead atau prospek konsumen dengan bisnis Anda. Pengiriman email marketing juga hendaknya perlu pengaturan yang sangat hati-hati, karena pada dasarnya semua orang tidak suka jika di bombardir dengan Email marketing. Pastikan hanya mengirim email dengan content marketing yang relevan serta memiliki nilai tambah.

Influencer Marketing

Strategi melibatkan influencer terkenal dari sosial media biasanya hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan menengah keatas, karena tujuan mereka lebih kepada strategi branding jangka panjang, bukan untuk direct selling menghasilkan penjualan langsung. Strategi pemasaran digital marketing dengan influencer ini belum tentu efektif bagi skala bisnis UKM – Butuh biaya besar namun tidak efektif jika tujuannya untuk penjualan langsung (direct selling) meskipun influencer tersebut memiliki jutaan followers.

Affiliate Marketing Channel

Strategi penggunaan affiliate marketing bisa dilakukan oleh semua pelaku bisnis. Baik itu UKM, perusahaan menengah maupun bisnis bersakala besar. Affiliasi Marketing tidak membutuhkan biaya yang besar, bisa dikerjakan dengan software atau sistem yang sederhana untuk melakukan promosi serta pencatatan konversi penjualan. Dimana mitra afiliasi mendapatkan komisi atas penjualan yang dihasilkan dari link afiliasi mereka. Contoh bisnis affiliasi marketing yang berhasil adalah raksasa marketplace Amazon.

 

Analisis dan Evaluasi

Setelah kampanye digital marketing berjalan, lakukan analisis dan evaluasi secara berkala untuk melihat seberapa efektif kampanye Anda dan segera rubah lakukan pembaruan bilamana diperlukan untuk meningkatkan kinerja kampanye.

Untuk memahami ini semua, setidaknya Anda harus mempelajari digital marketing, baca disini >>> 3 Langkah Mudah Belajar Digital Marketing!  Ikuti semua strategi yang sudah dijabarkan diatas dan transformasikan bisnis tradisional Anda ke era digital, dan tetapkan strategi pemasaran digital marketing yang fleksibel, cepat atau lambat bisnis Anda pasti akan lebih sukses.

 

Baca Artikel terkait:

5 Keuntungan Menggunakan Pemasaran Digital

 

Top 10 Pakar Digital Marketing Terbaik

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?