Bagaimana sih cara belajar digital marketing untuk pemula? Ikuti 3 langkah mudah belajar digital marketing berikut ini yang bisa dilakukan oleh siapa saja!

 

Bagi yang masih awam, mungkin belajar digital marketing itu kelihatannya sulit banget, ribet, perlu mikir ini, itu dan sebagainya. Pengertian digital marketing menurut para ahli dibandingkan dengan mempraktekannya secara langsung sangat jauh berbeda! Percayalah, kekhawatiran tersebut cuma ada dipikiran kamu sendiri, karena sebetulnya digital marketing atau pemasaran digital tersebut hanya terlihat sulit pada tataran teori, namun sebenarnya jauh lebih mudah jika sudah mempraktekannya. Yuk ikuti tips 3 langkah mudah cara belajar digital marketing dibawah ini step by step.

 

3 Langkah Mudah Belajar Digital Marketing!

Belajar Digital Marketing Perlu Marketing Tool

Secara sederhana konsep dari pemasaran digital atau digital marketing itu hanya bicara tentang pemasaran online, atau marketing online – Maka ketika kita berbicara tentang marketing online agar hasilnya maksimal, mau tidak mau kamu harus belajar menguasai beragam platform atau marketing channel yang berbeda-beda dalam fungsi dan kegunaanya, misalnya untuk patform pencarian, contohnya Google, Bing, Microsoft Edge dll. Kemudian marketing channel untuk publikasi seperti penggunaan website, blog, landing page atau platform sosial media dikombinasikan  dengan channel video marketing. 

 

Kemudian marketing channel untuk membuat Content Marketing, bisa berupa konten tertulis, konten gambar atau konten video marketing. Sementara untuk konten marketing tertulis sendiri ada 2 model skill untuk itu, apakah kamu ingin menggunakan skill Copywritting Marketing atau konten yang SEO Friendly? Dan berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah membuat konten Email Marketing dll, yang semuanya berfungsi sebagai marketing tool – Jika digunakan secara otomatis akan sangat membantu dalam prosesnya.      

 

Dan ketika kita berbicara tentang marketing tool, maka pertanyaannya cuma ada 3, yaitu pertama; menggunakan marketing tool berbayar, atau kedua; menggunakan tool gratisan, dan yang ketiga; kombinasi keduanya, yaitu menggunakan marketing tool versi premium dan versi gratisan. Kategori ketiga inilah yang umumnya dipakai oleh para internet marketer dalam kegiatan pemasaran digital mereka.

 

  1. Menggunakan Marketing Tool Berbayar atau Premium. Dimana tentu saja jika menggunakan premium marketing tool versi bebayar pastinya akan jauh lebih powerfull, karena kamu bisa mengakses semua fitur-fitur terbaik mereka yang tidak ada pada versi gratisnya Sebab pada prakteknya, apapun itu, semua proses dalam digital marketing membutuhkan banyak marketing tool yang memudahkan semua prosesnya bisa berjalan secara otomatis, atau dalam istilah marketingnya adalah automation software tools.
  2. Menggunakan Marketing Tool Gratisan – Untuk menghemat biaya, sebagai pemula dalam proses belajar digital marketing ada baiknya kamu menggunakan dahulu tool marketing yang gratisan dahulu. Nanti setelah kamu sudah paham dan mengetahui apa saja fungsi dari masing-masing tool tersebut, segera upgrade ke versi premium agar outputnya maksimal.
  3. Kombinasi Marketing Tool Premium dan Gratisan. Penggunaan kombinasi kedua tool marketing inilah yang umumnya digunakan oleh mereka yang sudah terbiasa atau ahli dalam digital marketing.

Daftar Kursus Privat SEO

 

Pahami Kategori & Fungsi Marketing Tool    

Proses selanjutnya dalam belajar digital marketing, kamu harus memahami pula jenis, kategori serta fungsi-fungsi marketing tool yang akan kamu pergunakan untuk proses otomatisasi kampanye.

Setidaknya ada 8 jenis dan fungsi marketing tool yang perlu kamu ketahui ketika belajar digital marketing, yaitu antara lain:

1. Marketing Tool untuk proses SEO, yaitu kategori alat bantu/tool/software yang mendukung proses optimasi keyword produk atau jasa yang kamu jual secara otomatis, untuk meningkatkan peringkat keyword keposisi atas pada hasil pencarian di search engine Google, Bing, Yahoo dll.

2. Tool Marketing untuk proses Promosi, antara lain seperti email marketing, yang berfungsi untuk mengirimkan email promosi secara massal ke prospek yang potensial yang belum pernah membeli produk atau jasa yang kamu jual,  atau menawarkan kepada mereka yang sudah menjadi pelanggan kamu.

3. Marketing Tool untuk promosi massal di platform sosial media seperti misalnya Facebook marketing auto post software, instagram auto poster, linkedin dll. Tool marketing seperti ini akan sangat memudahkan kamu untuk membuat kampanye pemasaran secara terjadwal, konsisten dan sistematis.

4. Tool Marketing untuk pemantauan atau menampilkan kampenye iklan PPC (pay per click) dimana kamu hanya membayar iklan yang di klik oleh pengguna. Marketing tool seperti ini fungsinya untuuk memantai iklan agar lebih efektif dan efisien

5. Marketing Tool untuk fungsi analitik data yang biasa digunakan oleh Digital Marketing Agency – Meskipun kamu bukan marketing agency, namun kamu juga harus tahu fungsi-fungsi tool marketing jenis ini untuk bisa melakukan analisa data serta perilaku pengguna. Contoh jenis ini untuk yang versi gratis kamu bisa menggunakan Google Analytic, sementara untuk yang premium bisa menggunakan software heatmap dsb.

6. Marketing Tool yang berfungsi untuk Content Management Tools atau CMS. Tool semacam ini digunakan untuk membuat konten, mengelola serta menerbitkan konten online secara otomatis. Contoh sederhana marketing tool seperti ini, misalnya website berbasis CMS WordPress, Jomla dll.

7. Video Marketing Tool – Video marketing atau tool yang digunakan untuk membuat, mengelola serta mempublikasikan konten video promosi adalah tool marketing yang sangat efektif untuk mempengaruhi persepsi publik, bahkan menurut penelitian terakhir dari Hubspot, perusahaan penyedia Customer Relationship Management atau CRM, setidaknya 80% pengguna lebih menyukai konten video promosi dibandingkan dengan membaca promosi melalui website dsb – Alasannya sederhana saja karena menonton video lebih menyentuh langsung emosi sesorang untuk mengambil keputusan membeli atau tidaknya, juga lebih mudah dimengerti oleh semua orang serta lebih mudah untuk diingat.

8. Marketing Conversion Tools – Fungsi tool marketing seperti ini pada umumnya hanya dikenal oleh kalangan pengusaha Digital Marketing Agency mengingat untuk bisa menggunakannya membutuhkan biaya yang cukup mahal karena perangkat software seperti ini pada umumnya sudah menggunakan AI System (Sistem Artificial Intelligence) atau sistem kecerdasan buatan yang meniru pola dan cara berpikir manusia. Oleh sebab itu jangan heran jika perangkat seperti ini juga bisa digunakan untuk langsung berfungsi mengambil keputusan berdasarkan analisis data yang telah dikumpulkannya di dalam sistem atau program mereka.

 

Ingin Privat Belajar Digital Marketing? Klik ini >> https://wa.me/6289650502295

 

Menentukan Strategi Marketing

Setelah memahami dan menguasai penggunaan marketing tool, maka proses terakhir dalam belajar digital marketing adalah menentukan strategi marketing yang relevan. Strategi pemasaran digital yang efektif itu seperti apa? Action Plan-nya bagaimana? Siapa yang mengerjakannya? Bagaimana pengelolaannya? Berapa budget yang dibutuhkan? dll.

 

Dengan mengetahui parameter apa saja yang dibutuhkan dalam proses belajar digital marketing, kamu bisa menghindari pegeluaran yang tidak perlu, sebab di internet banyak sekali marketing tool yang ditawarkan, semuanya mengklaim diri sebagai marketing tool yang istimewa, meski pada dasarnya penggunaan tool marketing tersebut tergantung dari tujuan pemasaran, jenis bisnisnya serta penggunaan marketing tool yang tepat, pastinya akan menghasilkan outcome yang maksimal.

 

Setelah memahami semuanya, Selamat itu artinya kamu sudah mengetahui dan menguasai bagaimana cara belajar digital marketing yang benar, efektif dan efisien, tinggal selanjutnya kerjakanlah dengan konsisten kemudian analisis hasilnya. Jika kamu sudah melakukannya secara berulang-ulang, maka tanpa disadari kamu sebenarnya bukan lagi masih belajar digital marketing tapi sudah menjadi ahli digital marketing yang tentunya seiring dengan semakin banyaknya pengalamanmu sendiri.

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?