Pernahkah Anda membayangkan kekuatan pemasaran digital? Simak, minimal ada 5 keuntungan menggunakan pemasaran digital dibandingkan dengan pemasaran tradisional!

Di era serba digital seperti sekarang ini, digital marketing adalah solusi usaha bagi semua orang karena membuat semua aktivitas menjadi mudah cepat, sangat efisien dan efektif. Dengan konsistensi, trik serta strategi bisnis yang terukur, sekecil apapun bisnis Anda akan mampu bersaing dengan perusahaan besar karena bisa menjangkau lebih banyak orang. Namun, untuk mencapai keberhasilan tentu saja membutuhkan waktu, sdm, channel marketing, serta strategi digital marketing yang tepat sasaran.

 

5 Keuntungan Menggunakan Pemasaran Digital

Apa itu pemasaran digital?

Dalam bahasa sederhana yang bisa dimengerti oleh semua orang, pemasaran digital adalah sebuah teknik pemasaran yang dilakukan melalui berbagai channel media digital. Dimana semua prosesnya sejak awal sampai akhir, menggunakan teknologi dan platform digital, sehingga bisnis bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan pola pemasaran tradisional.

Chat Whatsapp Admin

5 Keuntungan pemasaran digital

Teknologi digital marketing saat ini telah menjadi bagian penting dalam dunia bisnis modern. Perkembangan industri digital dan tingkat persaingan yang semakin ketat menuntut semua pelaku bisnis harus mampu mengadopsi teknologi dan platform digital untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Sebenarnya banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemilik usaha dengan menggunakan platform serba digital tersebut, namun dalam bahasan kali ini, hanya dibatasi pada 5 keuntungan yang mendasar dari pemanfaatan platform digital marketing bagi pelaku usaha:

 

Pemasaran digital lebih hemat biaya

Secara keseluruhan, sebenranya pemasaran digital bisa lebih menghemat biaya dibandingkan dengan teknik pemasaran tradisional seperti iklan media cetak atau televisi. Cukup dengan menggunakan website penjualan serta beragam teknik penunjang lainnya, seperti teknik SEO, teknik sosial media marketing serta email marketing, sudah bisa melakukan aktivitas marketing online yang bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja. Dan yang terpenting dengan biaya yang lebih rendah, sehingga bisnis dapat menghemat biaya pemasaran. Dan sisa anggarannya bisa dialokasikan ke material atau sumber daya lain yang lebih penting.

 

Meningkatkan interaksi dengan pelanggan

Dengan pemasaran digital sangat memungkinkan bagi semua pelaku bisnis untuk bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan mereka melalui platform digital seperti media sosial atau email marketing. Penggunaan content marketing kreatif yang menarik serta edukatif akan membangun proses interaksi yang baik diantara pemilik bisnis dengan calon pelanggan.

 

Pemasaran digital bisa membangun  kedekatan emosi dengan pelanggan

Dengan mengoptimalkan channel marketing berlangganan seperti email marketing misalnya, selain efektif itu juga sangat berpotensi untuk membangun ikatan emosi serta fanatisme terhadap merek atau produk yang Anda jual. email marketing juga merupakan salah satu teknik pemasaran digital yang paling efektif. Dengan porsi yang wajar pemilik bisnis dapat mengirimkan email secara teratur untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan baru mereka. Dengan begitu, pelanggan akan merasa terlibat dengan bisnis dan berpotensi menjadi pelanggan setia Anda.

 

Pemasaran digital meningkatkan visibilitas bisnis

Dalam pemasaran digital untuk meningkatkan bisnis visibilitas  bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai teknil dan marketing tool yang mudah dipelajari, seperti misalnya menggunakan teknik seperti SEO (Search Engine Optimization) untuk jangka menengah dan panjang, dikombinasikan dengan teknik SEM (Search Engine Marketing) melalui iklan berbayar PPC (Pay Per Click). Dengan teknik SEO yang benar, terstruktur dan kontinyu akan meningkatkan peringkat website pemilik bisnis di mata search engine seperti Google, Bing, Yahoo dll. Bukan itu saja bisnis juga dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, dari mulai lokal market, skala nasional dan bahkan untuk skala ekspor yang jangkauannya tak terbatas.

Pemasaran digital lebih terukur hasilnya 

Hasil penjualan, lead atau prospek yang didapatkan dari promosi digital jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan akan lebih terukur dan lebih murah. Contoh gampangnya, misal dalam marketing tradisional dengan menggunakan salesman, menyebar brosur dsb akan sulit mengukur produktivitas, efektivitas maupun efisiensi kerja mereka. Sementara sebaliknya, dalam digital marketing output atau hasil pemasaran bisa diukur lebih akurat dengan menggunakan berbagai Analysis Tools yang banyak tersedia, seperti Google Analytics, Facebook Insights dll.

Dengan demikian pemilik atau pengelola bisnis bisa mengetahui efektivitas dari teknik digital marketing yang mereka gunakan dan dapat melakukan perubahan kapan saja diperlukan.

Chat Whatsapp Admin

Secara keseluruhan, pemasaran digital sangat diperlukan dalam dunia bisnis modern yang semakin berkembang. Bisnis harus mampu mengadopsi teknologi dan platform digital untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dan mencapai keberhasilan di era digital yang semakin kompetitif. Oleh karena itu, setiap bisnis harus mempertimbangkan untuk segera mengadopsi strategi digital marketing seperti apa yang paling tepat dan paling sesuai dengan budget mereka!

Jika artikel tentang pemasaran digital ini dianggap bermanfaat, silahkan di share ke sosial media atau kerabat Anda. Atau silahkan berikan saran, pendapat dan komentar Anda melalui kolom komentar. 

Ingin mendalami dunia digital marketing dan SEO? Silahkan klik link WA ini >>> https://wa.me/6289650502295 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?