Ini 5 Strategi pemasaran pariwisata di era digital yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis wisata, agen tour dan travel atau yang ingin “Buka Usaha Wisata!”

Apakah Anda pemilik bisnis pariwisata yang kesulitan menjual paket wisata? Atau ingin membuka usaha wisata tapi nggak tahu bagaimana caranya? Praktekan saja dasar-dasar 5 strategi pemasaran pariwisata di era digital ini dengan konsisten. Apa saja yang dapat membuat bisnis wisata Anda menjadi sukses? Dalam bisnis wisata moderen, strategi marketing tour target keyword demografinya harus tepat! Ini bukan hanya tentang menjual produk atau layanan wisata saja tetapi juga tentang bagaimana cara Anda memasarkannya dengan efektif di internet.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara menjual, bagaimana cara promosi paket wisata tour Anda dengan kreatif dan efektif di internet.

 

Tips 5 Strategi Pemasaran Pariwisata di Era Digital!

 

Kunci Strategi Pemasaran Pariwisata Jaman Now!

Di era digital marketing saat ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan dahulu Marketing Channel Strategynya seperti apa? Dalam strategi pemasaran pariwisata online, setidaknya Anda harus memiliki beberapa Marketing Channel untuk bisa mempromosikan bisnis wisata Anda secara cepat dan masif! Apa yang dimaksud dengan marketing channel? Dalam bahasa sederhananya, marketing channel adalah adalah bagian dari proses strategi marketing dengan melakukan serangkaian aktifitas promosi, informasi, edukasi hingga ke saluran distribusi produk barang/jasa yang Anda jual agar sampai ke konsumen. Ada banyak sekali marketing channel yang bisa digunakan dengan efektif – Paling tidak jika menguasai 3 channel marketing ini pun, pemasaran pariwisata sudah akan lancar jalannnya, tinggal ditambahkan lagi step by step channel marketing apa saja yang belum Anda kerjakan!

 

Marketing Channel Pemasaran Pariwisata

Content Marketing

Pernahkah Anda membuka website atau akun media sosial yang menjual paket wisata? Apakah Anda tertarik untuk membeli paket wisata tersebut? Jika ya, apa yang membuat Anda tertarik untuk membeli? Sebaliknya, jika Anda adalah pemilik bisnis wisata yang ingin meningkatkan penjualan, apa yang dapat Anda lakukan untuk menarik minat calon pelanggan? Konten-konten marketing semacam itulah yang bisa Anda contoh, karena itulah inti dari sukses atau tidaknya strategi pemasaran pariwisata Anda

 

Nah, untuk bisa mempromosikan content marketing tersebut, maka paling tidak Anda juga harus memiliki 3 wadah, yaitu website, akun sosial media dan Maps. Untuk website Anda bisa menggunakan WordPress, platform website terbanyak pemakainya di dunia. Tampilan menarik, mudah di optimasi, ada ribuan template dan plugin gratis atau premium, tinggal di download saja, serta masih banyak lagi marketing tools lainnya yang kompatibel untuk digunakan di WordPress.

Kemudian buatlah konten marketing berupa gambar dan video epic sebanyak mungkin serta semenarik mungkin, gambarkan apa saja keindahan atau keunggulan produk wisata Anda, bagikan itu melalui sosial media dengan menggunakan #hastag yang tepat agar bisa cepat viral. Lalu buatlah narasi-narasi tertulis yang menarik, persuasif dan menantang audiens untuk segera mencobanya, agar konten tersebut bisa tersebar secara masif melalui website kuncinya adalah menggunakan keyword yang tepat pula.

Jangan lupa, keputusan orang untuk membeli di internet hanya dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu tulisan, gambar dan video yang menarik, apalagi dalam pemasaran pariwisata, gambar dan video marketing epic yang menarik dan atraktif, itu akan lebih mudah menyentuh emosi – Dimana audiens biasanya ingin segera merasakan sensasi dan pengalaman yang sama setelah menonton konten video marketing Anda. Eksplore lebih dalam, manfaatkan ketiga hal tersebut dengan sebaik-baiknya!

 

Channel Marketing Gratis & Berbayar

Langkah berikutnya adalah bagaimana caranya agar konten-konten marketing tersebut bisa tersebar secara masif? Untuk itu ada 3 strategi pemasaran pariwisata yang bisa Anda lakukan karena menyangkut soal biaya atau cost yang harus dikeluarkan: pertama

Strategi Pemasaran Pariwisata Jangka Pendek

Strategi jangka pendek yang efektif bisa dengan cara berbayar atau pasang iklan – Iklan video marketing di Youtube atau Tiktok memang efektif untuk menjangkau jutaan orang yang hoby travelling, namun itu belum tentu efisien, tinggal dibandingkan saja antara biaya iklan dan pemasukannya.

Strategi Pemasaran Pariwisata Jangka Menengah  

Untuk strategi pemasaran pariwisata jangka menengah, wajib hukumnya bagi Anda pemilik bisnis wisata untuk menguasai teknik SEO, atau menyewa tenaga profesional untuk itu, atau paling tidak Anda sendiri harus memahami apa itu fungsi Search Engine Optimization? Bagaimana proses SEO yang benar? Apa itu Search Engine Marketing (SEM)? dll agar semua content marketing Anda agar penyebarannya bisa masif, mampu menyedot ribuan target audiens yang akan menjadi prospek baru. Jangan terlalu mengandalkan iklan berbayar mengingat biayanya yang cukup mahal.

Strategi Pemasaran Pariwisata Jangka Panjang

Untuk strategi jangka panjang, sebagian besar UKM pemilik bisnis pariwisata ogah pusing dan menyerahkan proses SEO dan segala tetek bengeknya pada perusahan penyedia layanan SEO. Pada umumnya mereka akan lebih fokus pada follow up dan terus memperbesar network dengan para pelanggan.

 

Google my Business & Maps

Maps dan Google my Business adalah channel marketing gratis yang wajib hukumnya untuk Anda gunakan sebagai salah satu bagian utama dari strategi pemasaran pariwisata yang gratis-tis dan juga bisa dimanfaatkan selamanya, sepanjang tahun, selama Google masih eksis tanpa harus mengeluarkan biaya 1 sen pun, tapi sesekali Anda juga boleh coba untuk mengiklankan profil bisnis wisata Anda di Google My Business.

 

Sebagus apapun strategi pemasaran pariwisata yang telah Anda buat, tanpa SDM yang kreatif juga akan sulit untuk bisa optimal. Contohnya, misalkan optimasi SEO yang dikerjakan oleh SDM Anda sudah bagus, dimana keyword-keyword produknya kerapkali muncul di halaman depan pencarian Google – Tanpa di dukung content marketing yang menarik juga akan kurang maksimal hasilnya.

 

Baca juga bagaimana cara mencari target demografi marketing tour disini

Ini Strategi Marketing Tour Dengan Keyword Target Demografi Yang Tepat 

Cara mempromosikan paket wisata:

Ini Dia Cara Promosi Paket Wisata Tour And Travel Dengan Mudah !

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?