Punya bisnis wisata tapi sepi? Nggak tahu strategi promosi pariwisata secara online? Coba Gunakan 5 strategi promosi pariwisata ini untuk pemasaran digital Anda

 

Bahasan tentang tentang bagaimana strategi promosi pariwisata yang efektif dalam pemasaran digital memang selalu menarik, pasalnya pemasaran pariwisata di era digital dengan memanfaatkan teknologi saat ini menjadi tumpuan harapan dan cara yang sangat efektif untuk menjaring wisatawan lokal maupun wisatawan dari mancanegara. Memang secara teori ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan dalam pemasaran digital, namun beberapa strategi promosi pariwisata dibawah ini bisa menarik perhatian serta menjaring ribuan calon wisatawan tanpa terlalu banyak teori yang njelimet.

 

5 Strategi Promosi Pariwisata Online yang Efektif

 

Tips 5 Strategi Promosi Pariwisata Online

Di era digital marketing saat ini sarana promosi tradisional seperti brosur, iklan di majalah-majalah wisata, mengikuti pameran wisata dan sebagainya sudah semakin ditinggalkan orang. Selain jangkauannya yang sangat terbatas juga membutuhkan biaya yang sangat besar, yang tidak terjangkau bagi para pemilik bisnis wisata kelas UKM – Tapi tenang saja, berikut ini setidaknya ada 5 strategi dasar untuk mempromosikan bisnis wisata Anda dan dengan jangkauan yang tak terbatas, dan yang terpenting bisa dilakukan oleh siapa saja dengan budget yang terbatas.

 

Content Marketing Wisata yang Atraktif

Konten wisata yang atraktif adalah bagian penting dalam pemasaran digital, karena mampu membuat calon wisatawan tertarik dan ingin tahu lebih banyak tentang destinasi wisata yang Anda promosikan. Riset keyword terkait dengan konten tersebut lalu promosikan melalui website. Atau bisa juga pemasaran konten yang menyuguhkan tentang keindahan objek wisata disana, kuliner enak disekitar, akomodasi yang tersedia dll. Abadikan menjadi foto-foto yang menarik atau bahkan bisa dibuat menjadi video marketing yang epic, atau bisa juga cerita-cerita tentang destinasi wisata tersebut, bisa saja tentang legenda dibalik wisata tersebut atau apapun.

Di tangan tim konten kreator yang kreatif, apapun objeknya bisa disulap menjadi content marketing yang sangat menarik, tinggal dibumbui dengan narasi-narasi yang akan membuat orang jadi semakin penasaran ingin tahu. Pembuatan konten-konten seperti ini tidak membutuhkan banyak biaya, hanya membutuhkan orang-orang yang kreatif yang mau belajar digital marketing lebih intensif lagi.

 

Ingin menggunakan Jasa Content Marketing kami?

Silahkan klik link ini https://wa.me/6289650502295

 

 

Strategi Promosi Gratis di Sosial Media

Manfaatkanlah berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Youtube, Pinterst dll bisa menjadi sarana yang sangat efektif sebagai bagian penting dari strategi promosi pariwisata online. Dengan menggunakan # hashtag yang tepat di sosial media, promosi pariwisata bisa sangat efektif dan bahkan bisa berpotensi untuk menjadi viral. Ini artinya menjangkau lebih banyak orang tanpa batas, terutama bagi generasi muda yang sebagian besar waktunya lebih banyak dihabiskan di berbagai media sosial.

 

Strategi Promosi Pariwisata Menggunakan Youtuber & Influencer

Saat ini Youtuber atau influencer profesional sudah mulai bermunculan, termasuk dalam bidang promosi wisata. Ada banyak sekali Youtuber, TikToker yang yang mengelola vlog-vlog, review wisata dsb secara profesional. Pada umumnya mereka memiliki ribuan atau puluhan ribu audiens yang setia mengikuti channel vlog mereka. Cobalah kontak dan ajak mereka untuk bekerja sama atau kolaborasikan dengan pejabat setempat yang terkait untuk membuat event marketing dengan budget yang terbatas. Dengan demikian Anda sebagai pemilik bisnis wisata, pejabat terkait maupun influencer yang bersangkutan bisa lebih terkenal lagi dan yang terpenting promosi Anda bisa menyedot perhatian calon wisatawan.

 

Strategi Promosi Wisata Dengan Teknologi Virtual Reality

Teknologi virtual reality bisa juga menjadi cara yang sangat efektif dalam mempromosikan destinasi wisata. Menggunakan teknologi virtual reality dalam strategi promosi pariwisata online masih tergolong baru, unik dan belum banyak digunakan orang, meski ini membutuhkan biaya ekstra – Namun efeknya bisa sangat efektif karena dengan teknologi ini, para calon wisatawan bisa langsung merasakan sensasi seperti berada di destinasi wisata yang sesungguhnya tanpa harus datang langsung. Teknologi ini membuat calon wisatawan semakin terpincut dan ingin berkunjung ke destinasi wisata tersebut.

 

Ke-empat strategi promosi pariwisata online diatas yang efektif dalam pemasaran digital ini bisa Anda coba, tapi rasanya akan lebih menarik lagi jika ditambahkan dengan strategi ke 5, yaitu dengan menggunakan tagline atau kalimat promosi yang menarik, imajinatif dan yang terpenting menyentuh emosi. Ini tentunya akan semakin membuat penasaran calon wisatawan untuk berkunjung.

 

Contoh Kalimat Promosi Tempat Wisata

Berikut ini hanya sekedar contoh kata-kata promosi tempat wisata yang kreatif, Anda bisa menambahkannya sesuka hati agar lebih kreatif dan menyentuh emosi.

“Mencari petualangan tak terlupakan? Kunjungi tempat wisata kami yang menawarkan pengalaman yang seru dan tak terlupakan!”

“Rasakan ketenangan dan ketentraman di tengah keramaian kota dengan berkunjung ke destinasi wisata kami yang menawarkan kedamaian dan keindahan alam.”

“Jangan hanya berfoto di depan layar! Ciptakan momen berharga dan kenangan yang tak terlupakan dengan berkunjung ke tempat wisata kami!”

“Siapkan kamera dan persiapkan diri untuk menyaksikan keindahan alam yang luar biasa di destinasi wisata kami yang baru saja dibuka!”

“Nikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan dengan mencoba berbagai hidangan khas lokal di tempat wisata kami yang menawarkan suasana unik dan berbeda!”

Demikianlah 5 tips strategi promosi pariwisata online yang bisa dilakukan oleh siapa saja dengan budget yang terbatas. Semoga bisa membantu para pelaku pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia secara lebih efektif dan memikat hati para wisatawan.

Jika bermanfaat silahkan share kepada teman, keluarga dan kerabat Anda. Terima Kasih

 

Baca juga

Tips 5 Strategi Pemasaran Pariwisata di Era Digital!

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?