Apa hubungan Content Marketing dengan Link Building? Dalam teknik SEO, Content Marketing dan Link Building yang relevan akan meningkatkan peringkat di Google!

Untuk memahami bagaimana korelasi antara content marketing dengan link building strategy yang tepat untuk meningkatkan peringkat keyword sekaligus otoritas website di Google, setidaknya Anda harus mengetahui kedua hal tersebut dengan baik.

 

2 Teknik SEO Content Marketing dan Link Building Strategy

 

1. Apa yang dimaksud dengan Content Marketing?

Dalam bahasa sederhananya: Content Marketing adalah teknik pemasaran digital dengan membuat, mempublikasikan serta mendistribusikan serangkaian konten seperti narasi tertulis, gambar ataupun video yang ditujukan kepada target audiens tertentu dengan tujuan untuk mempengaruhi audiens agar tertarik dan melakukan tindakan tertentu seperti yang diinginkan oleh si pembuat konten, misalnya mendorong orang untuk membeli, sharing konten, menjadi subscriber mereka dll – Korelasinya dengan SEO (Search Engine Optimization) adalah, konten-konten tersebut kemudian ditautkan ke link website atau video Youtube atau di share melalui sosial media dsb, agar link yang saling tertaut tersebut terlihat di mata search engine sebagai konten yang populer dan memiliki relevansi.

 

Apa saja tugas content marketing?

Dalam pemasaran digital, tugas pembuat content marketing atau biasa disebut content marketer adalah fokus pada ide, analisa serta menuangkan gagasan-gagasan hingga menjadi konsep, sampai akhirnya dieksekusi menjadi suatu konten yang siap untuk dipublikasikan dan didistribusikan dengan menyasar target audiens tertentu.

 

3 Jenis Content Marketing

Secara umum ada 3 jenis content marketing yang biasa digunakan dalam dunia digital marketing, yaitu:

  1. Konten tulisan dengan narasi yang menarik, persuasif akan bisa dengan mudah mempengaruhi persepsi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan pembuat konten.
  2. Konten gambar. Ditangan seorang konten kreator yang kreatif, konten marketing berupa gambar justeru kerapkali bisa lebih berbicara banyak dibandingkan dengan konten tulisan. Itu sebabnya ada istilah A Picture is Worth a Thousand Words dimana gambar yang bagus lebih memiliki kekuatan dibandingkan dengan ribuan kata-kata.
  3. Konten Video. Tidak bisa dipungkiri, jenis content marketing terpopuler dan terbaik saat ini adalah konten video marketing, dibandingkan dengan konten tulisan maupun gambar. Pasalnya secara psikologis, konten video bukan hanya bisa persuasif, namun juga mampu menyentuh dan menggugah emosi terdalam publik.

 

2. Apa yang dimaksud dengan Link Building?

Secara umum pengertian link building adalah sebuah proses membangun tautan link yang saling berkaitan antara suatu konten dengan konten lainnya yang relevan (SEO SILO) , dimana prosesnya secara umum dilakukan melalui berbagai cara, antara lain: pertama, tautan link tersebut berasal dari website Anda yang ditautkan ke situs lain (authority backlink) ke situs yang memiliki authority, misalnya seperti Wikipedia, media massa besar seperti Kompas, Detk dll sebagai referensi untuk meningkatkan reputasi website Anda dimata search engine. Atau dengan kata lain konten yang Anda buat merujuk pada konten website yang sudah memiliki reputasi bagus di mata Google.

Kedua, justeru konten website Anda dianggap baik oleh orang lain dan selanjutnya ditautkan ke website mereka, atau dibagikan melalui sosmed dsb sebagai sumber referensi, tahapan ini yang memiliki poin paling tinggi dalam proses pembangunan link building.

Ketiga, melakukan blog comment, memberikan komentar ke website lain yang niche maupun isi kontennya sama atau relevan dengan isi konten Anda. Misalkan isi konten website Anda berisi tentang kasus Ferdy Sambo, lalu Anda memberikan komentar dengan menautkan link konten Anda ke media massa besar seperti Detik, Kompas dll yang juga menyajikan konten yang sama, yaitu soal kasus Ferdy Sambo. Proses link building seperti juga akan terlihat bagus di mata Google.

Sementara yang keempat, proses link building tersebut dilakukan secara ngawur, tanpa etika dsb ke website lain misalnya melalui komentar spam dengan menggunakan software secara massal yang tidak ada relevansinya sama sekali antara tautan link website yang ditautkan ke website lain dengan isi konten website tersebut. Praktek SEO buruk seperti ini sangat dibenci oleh Google dan berujung pada penalti banned permanen. Praktek-praktek seperti ini biasanya dilakukan oleh pemula dalam SEO, website judi dll yang menancapkan backlink mereka secara serampangan ke website lain!

 

Strategi Content Marketing dengan Link Building

Metode inilah yang paling bagus dan paling tepat dalam proses SEO marketing online kreatif secara keseluruhan, yaitu dengan menyajikan konten yang berkualitas serta strategi yang tepat untuk memberikan tautan link secara 2 arah, baik melalui internal backlink maupun external backlink dengan referensi dari situs-situs yang sudah memilik authority tinggi. Link Building strategy ini sangat penting untuk proses SEO, dimana efeknya saat content marketing Anda terindeks oleh Google bot, sistem mereka akan mengenali bahwa konten tersebut berkualitas dan relevan. Secara sistematis ini akan meningkatkan otoritas serta peringkat domain Anda di mata Google.

Berikut adalah beberapa link building strategy yang bisa Anda lakukan untuk membangun content marketing yang berkualitas di mata search engine Google.

  1. Buatlah konten marketing yang berkualitas: Konten yang berkualitas tinggi dan bermanfaat biasanya akan dibagikan oleh banyak orang secara sukarela sebagai sumber referensi yang dapat dipercaya melalui sosial media atau dijadikan sebagai sumber referensi bagi website orang lain.
  2. Jika menurut content marketing tersebut memang dirasa sudah bagus, bagikanlah tautan linknya ke beberapa sosial media besar untuk meningkatkan traffic website Anda secara organik dan memiliki peluang besar untuk mendapatkan backlink gratis dari orang lain, tanpa harus melakukan tindakan spam yang tidak terpuji!
  3. Cobalah bekerja-sama atau memberikan komentar yang relevan ke website lain yang telah memiliki otoritas tinggi.
  4. Guest post: cobalah menjadi penulis konten tamu di situs lain yang relevan dengan isi konten website Anda lalu sertakan tautan backlink website Anda.
  5. Daftarkan dan tautkan link website Anda ke situs-situs direktori bisnis yang memiliki reputasi bagus
  6. Gunakan forum online dsb, bergabunglah dengan forum online terkait dan aktif di dalamnya. Dalam tanda tangan Anda sertakan link tautan ke website Anda.
  7. Jika memungkinkan, cobalah untuk menjadi nara sumber, bisa melalui media online atau podcast yang relevan dengan konten Anda, kemudian dalam link bio sertakan tautan link website Anda.
  8. Cobalah cek situs lain yang memberikan link tautan website Anda sebagai referensi website mereka dengan backlink analyzer tool.
  9. Dll

Apapun content marketing Anda dengan menggunakan link building strategy yang tepat, dalam waktu yang tidak terlalu lama, perlahan namun pasti akan meningkatkan otoritas serta peringkat domain dan website Anda di mata Google, selain itu juga akan meningkatkan visibilitas content marketing Anda secara online.

 

Dan yang terpenting lagi, jangan pernah mengira bahwa Google itu bodoh dan tidak tahu apa-apa saat Anda membiaskan content marketing yang Anda buat dengan mentautkannya melalui spam backlink atau membeli backlink murahan yang banyak ditawarkan oleh para penjual SEO backlink, entah itu backlink dari PBN (Private Blog Network) atau backlink apapun yang mereka jual.

Logika sederhananya, pertama; backlink apapun yang mereka tawarkan di luar sana pasti tidak ada relevansinya dengan isi konten Anda! Kedua; mereka tidak hanya menjual menjual backlink cuma kepada Anda seorang khan? Itu artinya backlink dari domain ternakan yang mereka jual juga sudah pasti tersebar ke ribuan pembeli, dan itu pasti akan terdeteksi oleh Google!

 

Cuma tinggal soal waktu saja, maka jangan heran jika suatu saat website beserta semua isi content marketing yang selama ini sudah Anda bangun dengan susah payah akan rusak dalam sekejab mata, terkena penalti banned indeks permanen dari Google!

Baca juga

3 Langkah Mudah Belajar Digital Marketing!

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?