Tahukah Anda Bisnis SEO Konsultan adalah bisnis yang pertumbuhannya tercepat di Amerika dibandingkan bisnis lainnya, menurut pakar digital marketing Neil Patel.

Jika master seo biasa yang mengatakannya tentu akan dianggap hanya sekedar isapan jempol belaka, atau terlalu mengagung-agungkan bisnis SEO. Namun lain halnya jika yang mengatakan ini adalah Neil Patel, seorang Master SEO kelas dunia. Pemilik perusahaan SEO bernilai jutaan dollar yang reputasinya bukan hanya diakui oleh para master seo papan atas, namun juga digadang-gadang masuk dalam daftar Top 10 Pakar Digital Marketing Terbaik Dunia.

 

Dengan kata lain, meski bisnis SEO konsultan adalah bagian dari dunia Digital Marketing secara keseluruhan. Namun proses digital marketing tidak akan pernah bisa berjalan dengan mulus tanpa SEO. Ini artinya manfaat digital marketing bagi bisnis tidak akan bisa maksimal tanpa SEO. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa semua bisnis di internet tidak akan bisa lepas dari hasil pencarian bisnis tersebut yang dicari oleh pengguna melalui search engine, seperti Google, Yahoo, Ynadex dll. Itulah manfaat dari SEO,

bisnis seo konsultan nggak ada matinya

Bisnis SEO Konsultan itu Apa?

Secara harafiah kata SEO (Search Engine Optimization) arti singkatnya adalah Optimasi Mesin Pencari. Namun sederhananya bisa diartikan sebagai suatu teknik sistematis bagaimana cara masuk halaman 1 Google sesuai dengan target keyword.

SEO bisa juga dikatakan sebagai serangkaian proses teknik optimasi website yang dilakukan secara sistematis agar memudahkan mesin pencari seperti Bing, Yahoo dan Google khususnya dalam hal ini untuk mengenali target keyword pada sebuah postingan atau halaman website yang dianggap layak ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian Google (Google SERP) sesuai dengan keyword yang ditargetkan oleh user.

Jadi singkatnya bisnis seo konsultan adalah suatu bisnis jasa yang menyusun dan membuat konsep serta strategi optimasi keyword website secara sistematis agar halaman serta mayoritas posting website klien mereka bisa selalu masuk halaman 1 Google.

Sejarah Bisnis SEO Konsultan

Sejarah istilah SEO atau dalam Bahasa Indonesianya dikenal sebagai Optimasi Mesin Pencari – Dimulai sejak tahun 1997 an, menurut salah satu Pakar SEO Terbaik Dunia, Danny Sullivan pendiri Search Engine Watch dan juga seorang pengusaha terkenal di Amerika Serikat. Sebelum akhirnya berkembang pesat menjadi bisnis besar seperti halnya bisnis seo konsultan seperti sekarang, 

Pengertian SEO Jaman Dahulu 

Menurut Sullivan, sebutan Search Engine Optimization (SEO) pertama kali dipopulerkan pada pada 26 Juli 1997 dari sebuah pesan spam yang dimuat di Usenet. Apakah itu Usenet? Apa hubungannya dengan pengertian SEO seperti sekarang?

Usenet Adalah:

Usenet adalah salah satu jaringan internet yang muncul pada awal 1980-an sebelum munculnya World Wide Web ataupun search engine seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex dll. Usenet terdiri dari sejumlah besar grup diskusi yang terorganisir dalam hierarki topik tertentu. Usenet juga dapat diakses oleh pengguna internet dari seluruh dunia melalui klien Usenet. Diskusi di Usenet mencakup berbagai topik, termasuk teknologi, politik, budaya populer, dan banyak lagi. Popularitas Usenet semakin menurun seiring berkembangnya teknologi internet.

Sampai sekarang platform Usenet masih tetap digunakan oleh sejumlah orang tertentu untuk berdiskusi serta berbagi informasi dan mempertahankan privasi. Ini untuk menghindari sensor atau pengawasan pihak ketiga.

Istilah SEO tersebut menjadi populer di Usenet sejak 1997 yang digunakan untuk membidik target keyword di Yahoo sebagai pelopor mesin pencari yang berdiri sejak tahun 1994. Sampai dengan kemunculan Google dan Bing sebagai pesaing Yahoo dan terus menjadi semakin populer sampai sekarang. Maklum saja saat itu konotasi bisnis SEO konsultan mungkin masih dianggap kurang baik, karena Teknik SEO ketika itu diibaratkan sebagai trik untuk memanipulasi keyword, dengan praktek-praktek seperti stuffing keyword, spam keyword dll. Maklum saja pada saat itu algorithma mesin pencari masih sederhana, sehingga mudah dimanipulasi.

Seiring perkembangan teknologi algorithma search engine yang semakin canggih. Saat ini bisnis seo konsultan adalah bisnis penting yang bisa membawa kesuksesan suatu bisnis yang ditawarkan melalui internet dan mesin pencari. Di era digital marketing sekarang dengan menggunakan strategi dan teknik SEO yang tepat akan bisa mempopulerkan bisnis apa saja dalam waktu yang singkat. Apalagi dengan menggunakan strategi pemasaran digital marketing melalui multi channel marketing pasti akan jauh lebih cepat lagi untuk menjual atau mempopulerkan bisnis apa saja. Dibandingkan dengan proses bisnis secara tradisional, karena memiliki jangkauan tanpa batas.

Apa Bedanya Jasa SEO dan Konsultan SEO?

Pada umumnya pekerjaan jasa seo dilakukan oleh perorangan, tim atau perusahaan dengan mengerjakan semua tugas teknis yang harus dilakukan untuk mengoptimasi suatu website selama prosesnya. Sementara deskripsi tugas Konsultan SEO mirip seperti tugas utama konsultan digital marketing pada umumnya, meski pengertian digital marketing sendiri sebenarnya jauh lebih luas dibandingkan ruang lingkup SEO.

Tugas utama Konsultan SEO bertugas untuk merancang konsep SEO secara keseluruhan untuk website klien mereka – Dari mulai menyusun outline atau struktur target keyword yang relevan secara sistematis, memberikan advice, saran, asistensi serta pelatihan yang dibutuhkan selama prosesnya. Namun dalam prakteknya Konsultan SEO tidak mengerjakannya sendiri secara teknis

FQA (Frequently Question & Answer) Seputar Bisnis SEO Konsultan

Q: Apakah SEO itu berbayar?

A: SEO itu 100% gratis bila dipraktekan sendiri di website Anda. Namun untuk menguasai SEO setidaknya Anda harus tahu bagaimana cara belajar seo yang benar serta membutuhkan waktu dan effort yang cukup lumayan lama untuk bisa berhasil. 

 

Q: Untuk apa menggunakan jasa bisnis seo konsultan kalau bisa dikerjakan sendiri gratis?

A: Kalau pengertiannya hanya sekedar definisi optimasi mesin pencari memang kelihatannya mudah – Namun dalam prakteknya ada berbagai macam teknik yang bisa dikombinasikan, seperti kombinasi teknik seo: content marketing & link building strategy dll yang membutuhkan waktu lama, setidaknya beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun tergantung pemahaman dan mentornya masing-masing. 

Ada 2 pilihan untuk itu, tergantung kebutuhan. Pertama, jika Anda butuh cepat, sewa saja jasa SEO. Kedua, jika perusahaan Anda memiliki tim, sangat disarankan untuk menggunakan jasa Bisnis SEO Konsultan sebagai konseptor agar terencana dengan baik. Sementara untuk teknis pekerjaannya biarkan tim perusahaan Anda yang mengerjakannya. Dengan demikian Anda akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, yaitu bisa langsung menguasai konsep SEO dan tahu persis bagaimana caranya. Sementara tim Anda bisa mendapatkan mentor yang tepat karena mereka bisa belajar langsung dengan ahlinya.

 

Q: Dimana saya bisa menggunakan jasa SEO atau menyewa Konsultan SEO?

A: Untuk keperluan tsb Anda bisa menghubungi kami, Internet Marketing No 1, klik link Whatsapp ini >>> https://wa.me/6289650502295 Kami dari PT. Produk Unggulan Indonesia dengan senang hati akan mempresentasikan bagaimana konsep SEO yang tepat untuk usaha Anda. Apapun jenis usahanya, 100% gratis! Jika Anda cocok dengan konsep & strategi SEO yang kami presentasikan. Siap dilanjutkan menjadi kontrak kerja, namun jika kurang cocok juga tidak masalah bagi kami. Atau Anda bisa juga dengan mengklik gambar chat admin dibawah ini     

Chat Whatsapp Admin

Q: Apa target dari SEO?

A: Target utama SEO adalah bagaimana cara masuk halaman 1 Google untuk setiap target keyword yang dibidik oleh pengguna di setiap halaman atau posting mereka. Sebab tujuan SEO memang agar mesin pencari mudah menemukan berbagai kata kunci atau keyword yang ditargetkan oleh user di website, agar dianggap layak oleh search engine untuk dimasukan ke halaman depan hasil pencarian mereka (Google SERP).

 

Cukup sekian artikel tentang bisnis seo konsultan yang nggak ada matinya ini. Semoga bisa menginspirasi. Jika bermanfaat silahkan share artikel ini ke sosial media Anda, barangkali saja bisa bermanfaat untuk teman, keluarga kerabat Anda dan masyarakat yang sedang mempelajari bisnis seo. 

Baca juga teknik seo jitu disini

2 Teknik Jitu: SEO Linkbuilding+Content Marketing

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?