Bisnis Anda sulit berkembang? Gunakanlah  jasa konsultan digital marketing, namun pahami dahulu tugas dan tanggung-jawab, serta apa saja yang akan dikerjakannya!

 

Apa Tanggung Jawab Jasa Konsultan Digital Marketing?

Jika Anda adalah seorang pebisnis tradisional/konvensional yang masih awam dalam pemasaran digital atau digital marketing, sebaiknya gunakanlah jasa konsultan digital marketing yang sudah mumpuni agar bisnis Anda bisa langsung bergerak. Hal ini akan mengurangi resiko Trial & Error pada bisnis yang akan menimbulkan kerugian besar. Itulah gunanya Anda membayar mahal jasa konsultan digital marketing. 

Lantas bagaimana jika solusi yang mereka berikan sifatnya juga masih trial & error? Benar sekali, semua bisnis dan sehebat apapun jasa konsultan digital marketing yang Anda sewa. Semuanya butuh proses dan waktu, disinilah terjadi proses trial & error – Namun jasa konsultan digital marketing yang baik akan memaparkan segala kemungkinan tentang potensi untung atau ruginya kepada klien mereka secara terbuka. Mereka juga harus bisa mengkalkulasikan angka seminimal mungkin jika suatu saat terjadi kerugian. Ini yang harus Anda catat sebelum menggunakan jasa mereka. 

 

5 Tugas Pokok-Tanggung Jawab Konsultan Digital Marketing!

 

Merekalah yang bertanggung jawab langsung, membantu perusahaan Anda mengelola beragam channel marketing dengan menggunakan berbagai macam platform, dari mulai platform pengumpulan, pencarian data, channel marketing untuk publikasi, platform promosi di sosial media, platform advertising, platform content marketing yang digunakan, email marketing dsb – Semua marketing channel tersebut harus bisa digunakan secara efektif dan otomatis (automation software); untuk membangun branding dan kredibilitas yang kuat, mendongkrak traffic website, menaikan leads, mengelola sosial media, email marketing, digital advertising dan segala tetek bengeknya yang sangat sulit bisa dikerjakan jika masih awam, tanpa dukungan tim yang telah berpengalaman.

 

5 Tugas Pokok Konsultan Digital Marketing Kreatif

Setidaknya ada 5 tugas pokok ini yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan digital marketing. Mintalah mereka untuk mempresentasikannya terlebih dahulu. Tanyakan apa saja yang belum Anda mengerti satu per satu secara detail. Coba perhatikan semua jawaban, amati gesture mereka dengan seksama saat menjawab pertanyaan Anda – Disitulah Anda bisa menilai sendiri, apakah kapasitas mereka memang sudah mumpuni? Atau jangan-jangan mereka juga masih baru belajar digital marketing.

 

Ingin menyewa jasa konsultan digital marketing? Klik gambar Chat WA dibawah ini – Kami akan mempresentasikan strategi apa saja yang Anda butuhkan disesuaikan dengan bisnis Anda. Gratis 100% tanpa bayar, dan soal jadi atau tidaknya Anda menjadi klien kami. Itu bukan masalah.

Chat Whatsapp Admin

1. Menyusun strategi pemasaran digital marketing yang efektif

Kepiawaian seorang konsultan digital marketing bisa terlihat dari mindset mereka yang kreatif – Itu bisa dilihat jelas saat mereka mempresentasikan apa saja sih strategi pemasaran digital yang akan mereka lakukan nanti? Ada 1001 macam produk dan jasa yang berbeda, karakteristik produk, market serta segmentasinya juga sangat berbeda. Itu sebabnya seorang konsultan digital marketing harus dapat menyusun strategi pemasaran digital marketing yang tepat untuk perusahaan, agar Anda sebagai klien mereka tidak terjebak pada pola trial & error. Hal ini meliputi pemahaman terhadap target audiens, kompetitor, sasaran bisnis perusahaan dll. Seorang konsultan digital marketing harus dapat membuat strategi rencana pemasaran digital secara terperinci dan tepat. Bagaimana prosesnya? Mapping problem, analisis SWOT, apa saja tool marketing yang dibutuhkan dsb.

 

2. Membuat dan mengelola konten pemasaran digital

Jasa konsultan digital marketing juga harus mampu membuat serta mengelola konten pemasaran digital yang menarik dan relevan. Konten tersebut antara lain, pertama; terkait dengan pembuatan konten tertulis, kedua; konten jenis video marketing dan ketiga; menjadi konten kreator atau mengelola konten di sosial media klien.

Contoh dalam konten tertulis bisa menggunakan 2 metode, yaitu: dengan teknik SEO yang benar atau menggunakan copywriting marketing yang menyentuh emosi. Sementara konten video marketing yang baik akan mampu membangun ikatan emosional yang kuat dalam jangka panjang dengan audiens.

Pada prinsipnya strategi pemasaran digital marketing dalam mengelola konten digital klien haruslah komprehensif. Menggunakan semua saluran distribusi semaksimal mungkin atau multi channel, seperti website, vlog, narasi dan infografis di sosial media dll. 

 

3. Menganalisis data dan membuat laporan

Perusahaan atau seorang konsultan digital marketing harus memiliki kemampuan menganalisis data dari berbagai sumber seperti sosial media, website, maupun kampanye periklanan digital. Dari data yang diperoleh mereka olah untuk menjadi laporan yang bisa memberikan deep insights atau wawasan yang mendalam bagi perusahaan untuk meningkatkan strategi pemasaran digital mereka.

 

4. Mengelola kampanye iklan berbayar

Keuntungan lainnya, dengan menggunakan jasa konsultan digital marketing Anda tidak perlu lagi menggunakan jasa agency iklan ataupun mengelola sendiri iklan berbayar produk Anda, karena itu adalah sebagian tugas dari mereka yang merencanakan iklan tertarget, membuat serta mengelola kampanye sosial media marketing, iklan di mesin pencari yang dikenal dengan nama search engine marketing (SEO) seperti Google Ads, Bing Ads menjadi lebih efektif. Ini terkait dengan pembuatan konten iklan yang menarik, target audiens yang tepat, target demografi audiens serta mengoptimalkan biaya per klik agar menjadi lebih murah untuk meningkatkan margin penjualan.

 

5. Menguasai teknik dan fungsi beragam marketing tool

Seorang konsultan digital marketing harus memiliki pengetahuan yang up-to-date dengan perkembangan terbaru dalam bidang industri digital. Memahami tren-tren terbaru yang mendukung proses marketing online, mengetahui apa saja tool marketing terbaik yang diperlukan serta bagaimana memanfaatkan secara maksimal teknologi digital terbaru yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pemasaran digital dengan lebih cepat.

 

Ingin menggunakan Jasa Konsultan Digital Marketing kami? klik disini >>> https://wa.me/6289650502295

Dukungan Pelatihan Digital Marketing

Seorang konsultan digital marketing juga bisa memberikan dukungan berupa pelatihan bagi karyawan perusahaan. Meski hal itu tidak wajib, tergantung pada perjanjian awal, bagaimana setelah tugas mereka selesai siapa yang akan melanjutkannya? Namun paling tidak mereka harus mau memberikan dukungan kepada karyawan perusahaan Anda untuk bisa menjalankan kampanye pemasaran digital yang selanjutnya. Soal bentuknya bisa saja berupa pelatihan bagaimana mengelola media sosial, bagaimana menjalankan kampanye periklanan digital Google Ads, FB Ads, dll.

 

Kesimpulannya: Dalam banyak hal, menggunakan jasa konsultan digital marketing selain lebih efektif, secara keseluruhan sebenarnya juga bisa lebih efisien dari sisi biaya mengingat dalam proses pemasaran digital membutuhkan banyak sekali tool marketing, kemampuan sumber daya manusia yang mengoperasikannya serta kemampuan mereka menganalisis data, dibandingkan dengan Anda kerjakan sendiri – Kecuali jika Anda memang memiliki tim handal yang sudah terbiasa dalam strategi pemasaran digital.

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?