Apakah kamu ingin menjadi seorang konten kreator di YouTube? Ikuti panduan lengkap 7 Cara Menjadi Konten Kreator YouTube Sukses di bawah ini, step by step!

Saat ini, platform YouTube telah menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan berkembang pesat di seluruh dunia. Berkat kemudahan mengakses internet diseluruh dunia, kini siapapun bisa menjadi seorang konten kreator di YouTube, peluang usaha kreatif yang hasilnya bisa luar biasa. Konten kreator YouTube adalah orang yang membuat video berkualitas dan membagikannya di platform YouTube. Namun, bagaimana cara menjadi konten kreator YouTube yang sukses tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh mindset yang kreatif, memiliki imajinasi tinggi dan akan lebih baik lagi jika memiliki tim yang solid. Berikut ini adalah 7 panduan lengkap bagaimana cara menjadi seorang konten kreator YouTube, langkah awal menangkap peluang menjadi seorang Youtuber Sukses!

Tentukan Topik dan Niche Konten Sesuai Passion Kamu!

Konten yang unik, original dan menarik adalah kunci utama bagaimana cara menjadi konten kreator Youtube yang sukses! Maka sebelum membuat konten kamu harus terlebih dahulu menentukan topik dan niche yang sesuai dengan passion kamu. Pilihlah topik yang kamu sukai dan kamu ketahui dengan baik. Misalnya, jika kamu suka memasak, kamu dapat membuat konten tentang resep masakan atau review restoran. Jangan coba-coba untuk membuat konten tentang topik yang tidak kamu kuasai atau bahkan malah tidak kamu sukai, karena selanjutnya pasti akan menemui kesulitan untuk mempertahankan motivasi dan semangat kamu dalam jangka panjang!

Buat Rencana Konten dan Jadwal Posting

Setelah menentukan topik dan niche konten video yang sesuai dengan passion kamu, buatlah serangkaian rencana atau serial konten video serta jadwal kapan akan dipublikasikan secara teratur. Rencana konten akan membuat semua ide-ide kreatif bermunculan tinggal dipilah-pilah dan diskusikan bersama tim untuk dijadikan konten yang berkualitas. Jadwal posting juga penting agar kamu dapat membuat konten secara konsisten dan teratur. Kamu dapat memilih jadwal upload video yang sesuai dengan kesibukan kamu. Jangan lupa memilih waktu prime time, dengan mengetahui jam tayang yang tepat pada jam-jam berapa sih orang ramai menonton Youtube? Ini akan cepat mendongkrak dan meningkatkan jumlah penonton dengan cepat! Bukan hanya itu, video serta channel Youtube kamu pun berpotensi besar untuk menjadi viral.

Riset & Keyword yang relevan dengan Konten (SEO Video)!

Saat ini Youtube bukan hanya sekedar platform sosial media video namun sudah menjadi search engine kedua terbesar setelah Google, dan juga Algorithma mereka sangat mirip bahkan cenderung hampir sama khususnya pada sistem indeks keyword di Google karena keduanya adalah milik raksasa Google Alphabeth. Maka jangan heran jika seringkali kita temui video-video yang bertengger di Youtube Page 1 dengan keyword tertentu, biasanya juga video tsb akan otomatis ikut nangkring di Page One Google.

Oleh sebab itu menguasai SEO video menjadi salah satu poin penting bagaimana cara menjadi konten kreator Youtube agar bisa cepat sukses. Sama saja seperti SEO di search engine Google, kunci utamanya adalah menggunakan keyword pencarian yang tepat!

Bahkan beberapa data dari perusahaan riset marketing online seperti Comcash misalnya memaparkan fakta bahwa ternyata konten video marketing Youtube mampu memberikan Suggestion Impulse Buying yang kuat setelah publik menonton video terkait. Ini adalah fakta bahwa telah terjadi pergeseran behavior/perilaku pengguna internet, ketika mereka ingin membeli sesuatu atau mencari review tentang produk yang mereka cari misalnya, ternyata mereka lebih suka mencarinya melalui review video dibandingkan mencari informasi melalui konten tulisan di website! 

Miliki Kamera, Peralatan & Tim

Untuk membuat konten yang berkualitas, tentu saja kamu harus memiliki kamera dan setidaknya 1-2 peralatan pendukung lainnya, seperti tripod atau mikrofon. Kamu tidak perlu memiliki kamera yang mahal untuk membuat konten yang baik, bisa juga dengan modal smartphone beresolusi tinggi dan akan lebih bagus lagi handphone yang memiliki fitur stabilisasi video untuk menghasilkan video yang stabil, cerah, tidak goyang serta memiliki resolusi yang cukup baik. Perangkat pendukung lainnya juga penting untuk menghasilkan audio dan video yang berkualitas. Jangan lupa untuk memeriksa kestabilan kamera dan suara sebelum mulai merekam.

Skill Editing Konten Video

Setelah merekam konten, kamu juga harus bisa mengeditnya dengan baik. Disinilah perlunya memiliki tim yang solid sesuai dengan kemampuan masing-masing. Gunakan software editing video yang sesuai dengan kemampuan kamu atau tim, contohnya Adobe Premiere atau iMovie, Capcut dll. Pastikan konten video kamu memiliki durasi yang sesuai dan pengeditan yang tepat. Gunakan backsound musik serta efek yang sesuai untuk meningkatkan kualitas video. Jangan lupa sebelum mengunggah video ke Youtube, pastikan kamu telah terlebih dahulu membuat outline SEO video yang relevan.

Promosikan Konten Video Kamu!

Setelah konten kamu diunggah, jangan lupa untuk mempromosikannya agar dapat ditemukan oleh orang lain. Gunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook untuk membagikan konten kamu. Kamu juga dapat membuat teaser konten dan membagikannya di platform sosial media lainnya. Selain itu, kamu dapat mengikuti komunitas YouTube yang sesuai dengan topik kamu, sehingga kamu dapat saling berbagi ide dan saling promosi dengan sesama konten kreator.

Buatlah Konten Video yang Konsisten!

Langkah selanjutnya bagaimana cara menjadi konten kreator Youtube adalah tetap konsisten dalam berkarya sesuai dengan jenis konten Youtube kamu sejak awal! Jika ingin membuat konten yang berbeda sebaiknya konten tsb diunggah pada channel Youtube kamu yang lain! Kata kuncinya adalah terus meningkatkan kualitas konten, teknik editing, kualitas audio serta teknik perekaman video yang semakin lebih baik dsb. tetaplah konsisten dalam berkarya dengan mempertahankan jadwal posting kamu. Perluas pengetahuan, wawasan dan skill kami! Semakin konsisten kamu dalam membuat konten, maka jumlah penonton pasti akan cepat meningkat.

Meningkatkan kualitas konten adalah salah satu poin penting untuk meningkatkan jumlah penonton dan subscriber channel Youtube kami. Selalu mencoba untuk meningkatkan kualitas video kamu dengan cara membuat video yang lebih baik dari sebelumnya, mencoba teknik pengambilan gambar baru, dan memperbaiki kualitas audio dan video dll.

Demikian 7 trik bagaimana cara menjadi konten kreator Youtube bisa lebih cepat sukses dan bisa dilakukan oleh siapa saja selama kamu punya kemauan kuat untuk take action!

Jika bermanfaat silahkan bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat. Terima kasih 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?