Mau promosi yang efektif? Tuangkan cerita tentang bisnis Anda ke dalam 9 Jenis video marketing, seperti: video branding, produk, demo, event dll kepada publik.

Apapun bidang usaha yang Anda geluti pasti memiliki cerita yang unik dibalik bisnis tersebut. Tuangkanlah itu untuk menjadi contoh story telling yang menyentuh emosi. Buatlah video story telling yang menyentuh emosi tentang bisnis Anda dan pilih jenis video marketing yang pas dengan bisnis Anda.

Buktikan sendiri bagaimana kekuatan video story telling yang bisa digunakan sebagai tool marketing yang efektif untuk strategi pemasaran digital marketing Anda. Meski sayangnya hal-hal sederhana seperti ini masih belum banyak di eksplor dan dipahami oleh para pemasar digital.

Jenis video marketing dan fungsinya

Jenis Video Marketing & Fungsinya

1. Video Branding

Jika di eksplor dengan narasi yang menyentuh, jenis video marketing yang satu ini paling pas untuk menceritakan apapun jenis bisnis Anda. Mengapa demikian?

Metode video marketing untuk video brand bisa menceritakan banyak hal! Bukan hanya sekedar logo atau desain visual belaka. Ini adalah brand equity yang berbeda, tentang bagaimana menceritakan identitas bisnis Anda kepada publik secara mendalam. Sehingga setiap orang yang melihatnya merasa terhubung secara personal. Setiap warna, setiap gerakan, semuanya bisa Anda ciptakan untuk membangun relasi emosional yang dalam kepada publik.

Dalam setiap bisnis, tentunya ada cerita yang ingin disampaikan. Disinilah fungsi video branding memainkan peran penting. Apapun yang melatar-belakangi cerita bisnis tersebut. Itu bisa saja cerita tentang merek, produk, event, pengetahuan atau bahkan panduan yang memudahkan pelanggan. Tujuan utamanya: memainkan kekuatan emosi.

Itu sebabnya mengapa jenis video marketing yang Anda pilih tak hanya tentang gambar bergerak atau suara. Ini adalah tentang cerita, narasi yang menyentuh hati, menginspirasi orang lain untuk segera mengambil tindakan (click to action).

Ingin membuat video brand yang menyentuh? Silahkan klik gambar chat admin dibawah ini, kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Chat Whatsapp Admin

2. Video Event

Video event merekam lebih dari momen-momen. Ini adalah tentang mengabadikan energi, semangat, dan semuanya yang tidak dapat diucapkan dengan kata-kata. Ini adalah cara untuk menjaga api semangat acara tetap berkobar, bahkan setelah cahayanya memudar.

Video event bisa menjalankan peran multi fungsi, yaitu mempromosikan sebelum acara, selama acara berlangsung dan bahkan mampu meninggalkan pesan emosi yang kuat setelah acara berakhir.

  • Fungsi video event sebelum acara
  1. Meningkatkan kesadaran merek. Video event dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek dengan menampilkan produk atau layanan Anda kepada audiens yang lebih luas.
  2. Membangun ketertarikan yang kuat. Video event bisa digunakan untuk membangun excitement tentang acara yang akan Anda buat dengan menampilkan cuplikan acara, pembicara, dan kegiatan yang akan berlangsung.
  3. Menjual tiket. Video event sangat efektif untuk menjual tiket dengan memberikan informasi tentang benefit acara tersebut, siapa pengisi acaranya, lokasi, harga tiket dll.
  4. Pendaftaran peserta. Video event dapat digunakan untuk mendaftarkan peserta dengan memberikan formulir pendaftaran yang dapat diisi oleh calon peserta secara online.
  5. Untuk mendapatkan sponsor. Video event juga efektif untuk mendapatkan sponsor dari perusahaan yang relevan dengan menampilkan logo sponsor dalam video event tersebut.
  • Setelah Acara Selesai
  1. Mendokumentasikan acara. Video event bisa digunakan untuk mendokumentasikan kesuksesan acara yang bisa disimpan sebagai video dokumenter untuk video promosi yang akan datang.
  2. Cara mendapatkan Leads Premium yang sangat potensial 
  3. Meningkatkan engagement. Video event efektif untuk meningkatkan engagement audiens dengan menampilkan dan menggaris-bawahi setiap momen-momen penting yang menarik selama acara berlangsung.
  4. Menjaring leads. Video event adalah salah satu cara mendapatkan leads yang sangat prospektif untuk di follow up lebih lanjut dari informasi data peserta.
  5. Menjual produk atau layanan secara langsung. Video event juga efektif untuk menjual produk atau layanan secara langsung dengan menampilkan produk atau layanan yang ditawarkan kepada audiens.

Video event adalah cara yang efektif untuk mempromosikan event-event penting, meningkatkan engagement dengan audiens. Dengan video event, Anda bukan hanya membuat suatu acara sukses, namun juga sekaligus mencapai tujuan dari diadakannya acara tersebut.

jenis jenis video marketing

3. Video Demo

Video demo adalah jenis video marketing yang berfungsi untuk menunjukkan fitur, manfaat serta keunggulan produk atau layanan Anda. Video ini sangat berguna untuk mendorong pelanggan potensial agar mereka bisa segera mengambil keputusan untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

4. Video Edukasi

Video edukasi adalah tools yang tepat untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan.

  • Membantu audiens untuk menemukan solusi atas problem yang mereka alami selama ini.
  • Memudahkan pemahaman serta memungkinkan audiens untuk lebih mudah mencapai potensi terbaik mereka.
  • Menciptakan setiap gambar dan narasi dengan tujuan untuk memperkaya pikiran, wawasan serta sekaligus memberdayakan masa depan audiens.

5. Video Marketing/Iklan

Video iklan Youtube adalah jenis video marketing yang paling efektif untuk mempromosikan produk atau layanan secara langsung dengan jangkauan tanpa batas ke seluruh dunia.

  • Meningkatkan penjualan secara langsung
  • Memiliki jangkauan tanpa batas
  • Membangun engagement dengan pelanggan
  • Menjaring leads baru
  • Bisa ditampilkan dalam berbagai platform, seperti YouTube, TikTok, Facebook, Instagram, Vimeo dll.

6. Video Testimoni

Video testimoni adalah jenis video marketing yang menampilkan pelanggan yang puas dengan produk atau layanan Anda. Jika dioptimasi dengan tepat, video testimoni akan sangat efektif untuk membangun kepercayaan publik serta meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

7. Video Tutorial

Video tutorial adalah jenis video marketing yang efektif untuk menunjukkan cara menggunakan produk atau layanan bisnis. Video ini sangat membantu bagi pelanggan baru yang ingin mempelajari cara menggunakan produk atau layanan Anda.

jasa pembuatan berbagai jenis video marketing

8. Video Webinar

  1. Jenis video marketing webinar yang bagus bisa digunakan untuk membantu calon pelanggan untuk mempelajari serta mengetahui lebih jauh tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan.
  2. Video webinar bisa digunakan untuk memberikan solusi atas problem audiens.
  3. Membantu calon pelanggan untuk melihat bagaimana produk atau layanan Anda dapat membantu untuk mengatasi masalah mereka
  4. Webinar tentang tren terbaru dalam suatu bisnis. Webinar semacam ini dapat membantu calon pelanggan agar tetap up-to-date tentang tren bisnis terbaru yang ditawarkan melalui produk atau layanan Anda, dll.

Tips untuk membuat video webinar yang efektif;

  1. Video harus memiliki tujuan yang jelas. Apa yang ingin dicapai dengan video webinar tersebut? Apakah untuk meningkatkan kesadaran merek, membangun hubungan dengan pelanggan, atau mendorong penjualan langsung?
  2. Pastikan bahwa video webinar Anda menarik, informatif serta memberikan informasi yang dibutuhkan oleh audiens. 
  3. Buatlah video webinar Anda dengan presentasi yang berkualitas.
  4. Undang host yang memiliki skill komunikasi mumpuni. Mampu membangun interaksi yang positif, bisa memotivasi, persuasif serta edukatif.
  5. Perhatikan kualitas gambar dan suara yang baik untuk membuat audiens merasa nyaman.
  6. Promosikan jauh-jauh hari video webinar Anda sebelum acara berlangsung pada berbagai channel marketing. Misalnya melalui iklan berbayar, email marketing, website, Youtube, Tiktok, Instagram, serta sosial media lainnya. 

9. Video Live Streaming

Video live streaming termasuk jenis video marketing yang efektif karena ditayangkan secara langsung di internet. Jenis video ini bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara real-time. Menjawab pertanyaan audiens, memberikan mereka informasi terbaru tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan dsb.

Contoh nyata jenis video marketing yang satu ini adalah TikTok Live Streaming. Konon kabarnya TikTok telah membuat ribuan seller dari seluruh dunia sukses berjualan apa saja melalui TikTok Live.   

Ketika Anda memilih kami, Anda bukan hanya memilih jasa pembuatan video biasa. Namun Anda berinvestasi dalam narasi pengalaman yang akan membawa cerita bisnis Anda terkoneksi dengan orang lain. Hub kami sekarang, klik gambar chat admin di bawah ini.

Chat Whatsapp Admin

Sebab pada akhirnya, ini bukan hanya sekedar bercerita tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ini tentang bagaimana Anda bisa menyentuh hati pelanggan, meninggalkan kesan mendalam serta kekuatan emosi yang tak terlupakan.

 

 

 

5.0
Rated 5 out of 5
5 out of 5 stars (based on 2 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

Video marketing Youtube

Rated 5 out of 5
September 7, 2023

Video marketing di Youtube paling efektif untuk jualan, kita bisa dapatkan pembeli dari mana saja. Saya beberapa kali mendapatkan pembeli dari luar negeri dari Youtube

Iis Sudaryanti
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

betul sekali kak, bikin video marketing di Youtube, biaya murah, promosi jalan terus Non Stop selamanya

Terima kasih infonya Min

Rated 5 out of 5
September 6, 2023

Cara mendapatkan leads memang gampang-gampang susah, kadang-kadang walaupun dikasih gratis tetap susah

Adi Kurniawan
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

Dari pengalaman kami, sebenarnya kalau audiens tsb memang membutuhkan produk atau jasa kita, suatu saat bakal jadi konversi kok. Poinnya pahami dahulu apa yang mereka butuhkan

Summary
Ini 9 Jenis Video Marketing untuk Menceritakan Bisnis Anda!
Description
Mau promosi yang efektif? Tuangkan cerita tentang bisnis Anda ke dalam 9 Jenis video marketing, seperti: video branding, produk, demo, event dll kepada publik.
Author
Publisher Name
PT Digital Solution Market
Publisher Logo
×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?