Apa Itu Search Engine Marketing Dan Copywriting Marketing ?

Apa Itu Search Engine Marketing Dan Copywriting Marketing ?

Ingin tahu apa itu Search Engine Marketing dan Copywriting Marketing ? Apa perbedaan signifikan metode search engine marketing dengan metode copywriting marketing dalam praktek marketing online ?

Apa Itu Search Engine Marketing ?

Secara sederhana pengertian Search Engine Marketing bisa diartikan adalah proses menyebarkan keyword tertarget sebanyak mungkin di search engine, dengan 2 cara yaitu secara gratis dan melalui iklan search engine berbayar.

Apa Itu Search Engine Marketing Dan Copywriting Marketing ?

2 Metode Search Engine Marketing :

  1. Secara gratis, dengan menjalankan SEO, mengoptimasi semua keyword target sampai terindeks sebagai keyword organik di search engine Google.
  2. Melalui iklan berbayar di search engine, dengan membidik keyword tertentu. Bisa melalui iklan berbayar di Google Adword atau iklan PPC search engine lainnya seperti 7Search, Chitika dsb.

Kedua metode search engine marketing ini tentu berbeda dalam prakteknya. Jika Anda menginginkan hasil yang instan, tentu saja beriklan di Google Adwords atau menggunakan iklan ppc search engine lainnya merupakan solusi yang tepat. Terlebih lagi jika memiliki budget iklan yang cukup, iklan bisa dijalankan secara konsisten selama periode tertentu, agar bisa diukur sampai seberapa jauh efektivitas iklan tersebut berjalan.

Iklan yang terukur efektivitasnya merupakan hal yang sangat penting dalam proses search engine marketing berbayar, agar kita bisa melakukan evealuasi, sampai seberapa besar konversi penjualannya. Apakah kinerja iklan, seperti penggunaan keyword, desain, sales letter dsb yang kita gunakan selama ini sudah efektif atau belum ?

Ingin beriklan murah dan efektif di Google Adwords ? Lihat demo >>> Software Pencari Long tail Keyword di Google Adword <<< Anda bisa dengan mudah menemukan ribuan keyword yang efektif dengan harga yang murah sekali. 

Sementara metode search engine marketing gratis melalui proses SEO membutuhkan sedikit skill dan pengetahuan dasar apa itu SEO yang efektif – Namun yang lebih penting lagi adalah mengetahui bagaimana sistem pengindekskan keyword dalam Algorithma Google, struktur SILO SEO yang efektif dsb. Dimana hal ini tentu saja membutuhkan waktu yang  jauh lebih lama prosesnya.

Ingin menguasai sistem pengindeksan keyword di search engine dan SILO SEO ?

Ikuti >>> Private SEO Video Marketing Sistematis <<< Always Page One Youtube & Google

Perbedaan Metode Search Engine Marketing dan Copywriting Marketing

Secara gampang, perbedaan yang signifikan dan mendasar antara Metode Search Engine Marketing dengan Metode Copywriting Marketing adalah pada sisi ajakan dan keyword. Gampangnya ngomong begini, jika konten dalam metode search engine marketing berfokus untuk membidik keyword tertentu agar tersebar di search engine – Sementara dalam copywriting marketing, orang tidak memperdulikan kaidah-kaidah SEO 🙂  , karena mereka kebanyakan hanya mengandalkan iklan melalui 3 hal saja, yaitu menggunakan iklan berbayar (google adword, facebook ads dsb) secara jor-joran, penjualan melalui sistem afiliasi dan melalui email marketing.

Copywriting Marketing hanya berfokus pada Leads atau Prospek kepada target. Secara umum dalam bahasa Inggris leads artinya adalah Petunjuk atau Menggiring / Menuntun. Memang agak membingungkan, pasalnya, istilah Leads itu sendiri tidak ada di dalam literatur ekonomi atau bisnis di bangku kuliah, kecuali Anda kuliah di jurusan kriminologi – Sebab istilah leads tersebut biasa digunakan oleh para kriminolog, polisi, detektif dan sebagainya untuk mencari petunjuk awal suatu kasus.

Namun entah siapa yang mempopulerkannya, Leads Marketing atau istilahnya Leads Generation justru sangat populer di dalam dunia internet marketing, yang digunakan untuk mempengaruhi pikiran atau menginisiasi konsumen, lewat bahasa yang mampu menghipnotis, mempengaruhi pikiran calon konsumen, untuk langsung membeli produk yang ditawarkan, tanpa berpikir panjang lagi. Nah ini bedanya Metode Search Engine Marketing dengan Metode Copywriting Marketing.

Metode copywriting marketing, tidak mengindahkan atau tak perduli dengan kaidah penulisan yang seo friendly, seperti penggunaan keyword, long tail keyword dan sebagainya – Karena memang metode copywriting marketing, hanya mengandalkan trafik dari 2 sumber utama, yaitu iklan berbayar dan email marketing. Jadi tidak masalah, apakah keyword produk mereka terindeks dengan bagus di search engine atau menghilang entah kemana. Sebab tujuan utamanya memang hanya untuk mengarahkan calon konsumen dengan bahasa yang bombastis dan provokatif, agar mereka langsung membeli – Bukan untuk mencari trafik permanen dari keyword yang terindek bagus di search engine.

Fokus utama dan tujuan Copywriting Marketing adalah untuk mendorong alam bawah sadar manusia untuk langsung membeli, lewat bahasa yang bombastis, menarik dan provokatif.

Dari sisi keyword yang terindeks jelas berbeda jauh, dengan metode SEO yang benar, keyword Anda bisa mudah terindeks di page one Google. Ini artinya akan menghemat biaya iklan dalam jangka panjang dan terus bisa menjaring ribuan trafik setiap hari Gratis, tanpa harus merogoh kocek untuk anggaran iklan – Sementara itu copywriting marketing tidak memperdulikan keyword dan segala tetek bengeknya.

Ok, semoga penjelasan singkat apa itu search engine marketing dan copywriting marketing ini bermanfaat bagi Anda.

( Putra Dedy )

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by