Mau tahu bagaimana cara marketing online kreatif dan cara promosi yang efektif, efisien dan terukur ? Yuk pelajari metode dan cara marketing online yang efektif itu seperti apa ?

 

Apa maksudnya Marketing Online Kreatif?

Tidak ada definisi pasti apa itu marketing online kreatif? Namun yang pasti proses marketing online kreatif melibatkan tim yang kreatif, dengan menggunakan pendekatan, teknik serta strategi marketing yang kreatif agar menjadi pusat perhatian orang.

 

Contoh Marketing Online Kreatif

Contoh marketing online kreatif, misalnya dengan membuat konten yang menarik, unik, berani tampil beda dengan yang lain. Kampanye tersebut bisa saja berupa video animasi, infografis, atau dengan trik kampanye yang tidak lazim melalui sosial media dengan tujuan untuk promosi maupun penjualan langsung (direct selling).

Membuat kampanye dengan teknik tertentu agar bisa menyebar dengan cepat melalui media sosial dan internet. Kampanye viral seperti ini akan meningkatkan branding serta membuat orang menjadi penasaran.

 

Dan yang pasti, cuma bagi mereka yang kreatif saja yang memiliki imajinasi tinggi, serta memiliki nalar dan cara berpikir yang Out of the Box. Orang-orang kreatif seperti ini akan selalu berusaha untuk mencari cara dan strategi marketing yang tidak lazim, untuk membedakan diri dari pesaing. Mereka mampu melakukan kampanye marketing online kreatif atau yang nyeleneh sekalipun, karena mereka tahu persis manfaat digital marketing bagi bisnis ketika kampanye tersebut sudah menjadi viral di sosial media atau internet.

 

Mengenal 3 Cara Marketing Online Kreatif

3 cara marketing online yang terukur ini bisa menjadi acuan sebagai prinsip dasar semua marketer online, antara lain:

Yang pertama adalah promosi sekaligus direct selling, dengan target melakukan penjualan langsung kepada konsumen. Tipikal penjual direct selling seperti ini, bisa dibagi dalam 2 kategori, yaitu pelaku usaha pemula dan mereka yang sudah terbiasa memasarkan secara online.

Ini bisa ditengarai dari aktivitas marketing online yang dilakukan oleh mereka – Misalnya pada pemasar online pemula, biasanya hanya melakukan aktivitas penjualan di marketplace besar seperti OLX, BukaLapak, Tokopedia dsb, atau menggunakan gadget seperti broadcast BBM, Whatsapp, atau terkadang juga jualan di Facebook, dan sebagainya secara gratisan.

 

3 Metode Cara Marketing Online Kreatif - Cara Promosi Yang Efektif

 

Sementara bagi pemasar yang sudah terbiasa berjualan online lebih variatif, antara lain dengan beriklan ppc di Google Ads, iklan Facebook Ads, dsb – Dimana kini sebagian besar mulai beralih menggunakan metode video marketing yang lebih ampuh dan tertarget. Promosi direct selling sebagian besar dilakukan oleh usaha kecil dan menengah, yang hanya fokus pada hasil akhir penjualan tanpa memikirkan proses branding yang berkelanjutan.

 

Sementara itu, cara marketing online kreatif yang kedua, fokus pada strategi pemasaran digital marketing untuk membangun branding produk yang kuat kepada dengan menanamkan citra tertaentu secara rutin kepada khalayak luas – Dimana dalam aktivitas promosi mereka tidak selalu disertai dengan aktivitas penjualan produk secara langsung, terkecuali pada event-event tertentu saja.

Strategi pemasaran seperti ini biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, dengan dana promosi yang tak terbatas dan dengan berbagai cara, seperti promosi jor-joran di sosial media, iklan ppc di Google Adwords, sampai ke iklan radio dan tv.

 

Proses marketing online kreatif berikutnya adalah dengan merangkum kedua cara marketing online diatas, yaitu dengan promosi sekaligus direct selling. Atau dengan kata lain menyasar target penjualan langsung, target penjualan jangka pendek, menengah, jangka panjang dan sekaligus membangun personal branding atau branding produk yang kuat.

Cara marketing online kreatif seperti ini, sekarang sudah mulai dilakukan oleh pelaku bisnis online dan marketer yang telah berpengalaman dalam pemasaran online. Beragam usaha, dari mulai blogger sampai UKM – Mereka sudah sadar betul, bagaimana semakin ketat dan semakin sulitnya persaingan usaha, tanpa didukung oleh personal branding yang kuat.

 

Maka mau tak mau, mereka harus bekerja keras untuk membangun personal branding yang kuat melalui search engine marketing, dengan berbagai cara, dari mulai iklan berbayar hingga melakukan berbagai teknik SEO agar produk atau jasa yang mereka tawarkan, keywordnya terindeks bagus di search engine – sehingga produk mereka mudah dicari di Google dan tetap diingat oleh masyarakat luas.

 

Nah, dari ketiga cara marketing online keatif ini, mana yang sudah pernah Anda lakukan ?

 

Artikel terkait lainnya:

Ini 8 Strategi Pemasaran Digital Marketing

 

3 Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

 

( Putra Dedy )

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?