3 Metode Cara Marketing Online Kreatif – Cara Promosi Yang Efektif | | Internet Marketing NO 1

3 Metode Cara Marketing Online Kreatif – Cara Promosi Yang Efektif

3 Metode Cara Marketing Online Kreatif – Cara Promosi Yang Efektif

Mau tahu bagaimana cara marketing online kreatif dan cara promosi yang efektif, efisien dan terukur ? Yuk pelajari metode dan cara marketing online yang efektif itu seperti apa ?

3 Metode Cara Marketing Online Kreatif - Cara Promosi Yang Efektif

Mengenal 3 Cara Marketing Online Kreatif

3 cara marketing online yang terukur ini bisa menjadi acuan sebagai prinsip dasar semua marketer online, antara lain:

Yang pertama adalah promosi sekaligus direct selling, dengan target melakukan penjualan langsung kepada konsumen. Tipikal penjual direct selling seperti ini, bisa dibagi dalam 2 kategori, yaitu pelaku usaha pemula dan mereka yang sudah terbiasa memasarkan secara online.

Ini bisa ditengarai dari aktivitas marketing online yang dilakukan oleh mereka – Misalnya pada pemasar online pemula, biasanya hanya melakukan aktivitas penjualan di marketplace besar seperti OLX, BukaLapak, Tokopedia dsb, atau menggunakan gadget seperti broadcast BBM, Whatsapp, atau terkadang juga jualan di Facebook, dan sebagainya secara gratisan.

Sementara bagi pemasar yang sudah terbiasa berjualan online lebih variatif, antara lain dengan beriklan ppc di Google Adwords, iklan Facebook Ads, dsb – Dimana kini sebagian besar mulai beralih menggunakan metode video marketing yang lebih ampuh dan tertarget. Promosi direct selling sebagian besar dilakukan oleh usaha kecil dan menengah, yang hanya fokus pada hasil akhir penjualan tanpa memikirkan proses branding yang berkelanjutan.

Sementara itu, cara marketing online yang kedua, berfokus pada membangun branding produk yang kuat kepada dengan menanamkan citra tertaentu secara rutin kepada khalayak luas – Dimana dalam aktivitas promosi mereka, tidak atau bahkan jarang sekali melakukan aktivitas penjualan secara langsung, kecuali pada event-event tertentu saja.

Proses marketing online Ini biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, dengan dana promosi yang tak terbatas dan dengan berbagai cara, seperti promosi jor-joran di sosial media, iklan ppc di Google Adwords, sampai ke iklan radio dan tv.

Proses marketing online berikutnya dengan merangkum kedua cara marketing online diatas, yaitu dengan promosi sekaligus direct selling. Atau dengan kata lain menyasar target penjualan langsung, target penjualan jangka pendek, menengah, jangka panjang dan sekaligus membangun personal branding atau branding produk yang kuat.

Cara marketing online kreatif seperti ini, sekarang sudah mulai dilakukan oleh pelaku bisnis online dan marketer yang telah berpengalaman dalam pemasaran online, dari beragam usaha, dari mulai blogger sampai UKM – Mereka sudah sadar betul, bagaimana semakin ketat dan semakin sulitnya persaingan usaha, tanpa didukung oleh personal branding yang kuat.

Maka mau tak mau, mereka harus bekerja keras untuk membangun personal branding yang kuat melalui search engine marketing, dengan berbagai cara, dari mulai iklan berbayar hingga melakukan berbagai teknik SEO agar produk atau jasa yang mereka tawarkan, keywordnya terindeks bagus di search engine – sehingga produk mereka mudah dicari di Google dan tetap diingat oleh masyarakat luas.

Nah, dari ketiga cara marketing online ini, mana yang sudah Anda lakukan ?

( Putra Dedy )

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by