Ini 7 Cara mencari prospek mobil baru di Google. Riset keyword, identifikasi minat pembaca, cari tren keyword dll. Sales mobil wajib tahu sebelum kena pecat lho

Profesi sales mobil baru memang penuh tantangan, penghasilan besar tapi tekanannya tinggi dari atasan. Pendapatan komisi refund asuransi, sampingan jualan aksesoris mobil dll jauh lebih besar dibandingkan dengan komisi penjualan dan gaji. Namun hidup selalu di kejar-kejar target penjualan yang terus di evaluasi setiap bulan. Bikin stress.

Problem Umum Sales Mobil Baru

Sudah menjadi rahasia umum bagi semua sales mobil baru, kalau setiap akhir bulan jantung selalu deg-deg an. Di dalam benak mereka selalu dihujani dengan pertanyan yang selalu berulang-ulang. Apakah akhir bulan ini saya masih bisa bekerja di dealer A, Honda? Atau mulai siap-siap melamar ke dealer Suzuki, Toyota dll. Atau pindah saja menjadi sales mobil China? Target penjualan lebih sedikit, aturan juga nggak terlalu ketat. Jangan heran, karena 6 bulan terakhir saja sudah 2 kali terpaksa pindah kerja di 2 dealer Honda gara-gara nggak nggak mencapai target penjualan!

Bagi salesman yang nggak paham bagaimana cara mencari prospek mobil dari Google. Lingkaran setan seperti ini akan terus berulang-kali menjadi momok yang menghantui pikiran, khususnya bagi sales pemula yang belum memiliki network luas – Sulit untuk mendapatkan repeat order maupun referensi. Namun sayangnya untuk membangun network membutuhkan waktu bertahun-tahun, padahal bulan depan atau bulan ini saja sudah terancam nggak bisa memenuhi target penjualan.

Jujur saja, cara menjual mobil baru di internet memang nggak gampang bro! Mungkin bisa ribuan kali lebih sulit kalau dibandingkan dengan jualan kaos murah dari China di Tiktok Shop atau jadi affiliate Tiktok yang sekarang sudah bubar. Pasalnya, yang di jual adalah mobil dengan harga ratusan juta. Boro-boro bisa jualan sesuai target, bahkan bagaimana cara mencari prospek mobil baru saja nggak tahu caranya. Apa iya harus gonta-ganti kerja pindah dealer setiap 3 bulan sesuai masa percobaan?

Tapi tenang saja, sebagai sales mobil baru Anda nggak usah khawatir. Di jaman serba digital sekarang, cara mencari prospek mobil itu sebenarnya mudah. Semua data sebenarnya sudah ada di di Google Search, Google Trends dll, tinggal di eksplor dan di gali saja. Yuk pahami 7 langkah berikut ini:

7 Cara Mencari Prospek Mobil di Google

7 Cara Mencari Prospek Mobil dari Google

1. Identifikasi Minat Pembaca

Kemampuan mengidentifikasi minat pembaca akan sangat membantu Anda sebagai sales mobil baru untuk mengetahui tren apa saja yang sedang berkembang saat ini. Informasi dan topik tentang apa yang sedang dicari oleh target market Anda? Misalkan Anda bekerja sebagai sales atau sales manager dealer mobil merek DFSK dari China yang ingin mengetahui mengapa penjualan Wuling lebih bagus dibandingkan DFSK.

Ribuan data trending topik tersebut akan sangat membantu Anda sebagai sales mobil China untuk mengidentifikasi minat pembaca sampai sejauh mana minat tersebut mempengaruhi keputusan masyarakat untuk membeli Wuling dibandingkan dengan DFSK misalnya. Lalu pelajari pula demografi lokasi kota mereka, cocokan dengan data penjualan Wuling. Semua topik ini tinggal Anda cari saja di Google Trends.

2. Riset Keyword

Sebelum posting konten di website atau sosial media, coba lakukan riset keyword terlebih dahulu, topik apa saja yang sedang tren sekarang, misalnya keyword informasional seperti “harga wuling air ev atau keyword perbandingan, misalnya; “Wuling vs DFSK” atau jika ingin lebih spesifik lagi bisa juga dengan riset keyword per tipe, misalnya dengan keyword “Spesifikasi Wuling Air ev” dsb.

Setelah Anda mengetahui dan mengidentifikasi apa saja minat pembaca yang mencari informasi tersebut, langkah selanjutnya tinggal Anda cari apa saja keyword yang paling tepat untuk konten promosi Anda.

Keyword untuk konten promosi tersebut adalah kata atau frasa yang banyak digunakan orang untuk mencari informasi di Google. Dengan mentargetkan keyword yang tepat, visibilitas konten Anda akan memiliki peluang besar untuk muncul di Google Search halaman pertama (Google SERP).Β Inilah kunci untuk mendatangkan banyak prospek tertarget setiap hari dari Google.

Dengan mengidentifikasi minta pembaca dan melakukan riset keyword yang tepat, Anda dapat mengumpulkan informasi yang lebih lengkap dan akurat. Informasi yang lengkap dan akurat inilah yang akan membuat konten Anda lebih berkualitas dan membuat Anda terlihat expert di mata para pembaca potensial yang bakal menjadi calon leads Anda.

Nah dengan kedua kunci diatas saja, sekarang sudah mulai paham khan bagaimana cara mencari prospek mobil di Google? Nggak sulit kok. Action sekarang juga sebelum pekerjaan Anda terancam! Ikuti disini >>> Kelas Kursus Privat SE dan Digital Marketing <<< kami.

Ada 20 materi Private SEO dari A sampai Z. Bukan itu saja, Anda juga akan dibimbing dari awam sampai menjadi ahli, tanpa batasan waktu belajar. Terserah, kapan saja Anda mau belajar, Anda sendiri yang tentukan waktunya. Klik, chat Whatsapp di bawah ini

Chat Whatsapp Admin

3. Relevansi Konten

Cara mencari prospek mobil dengan membuat konten-konten yang relevan juga akan lebih efektif untuk mendapatkan leads premium jika disertai dengan call to action (CTA). Mengapa demikian? Misalnya dengan membuat konten-konten yang relevan, bisa saja pembahasan secara teknis tentang apa saja fitur-fitur unggulannya, review mobil dsb. Konten-konten semacam ini ecara psikologis akan memunculkan perasaan trustworthy yang tinggi bagi pembaca kepada Anda sebagai salesman yang dianggapnya menguasai product knowledge.

Ingat, pada dasarnya setiap calon pembeli mobil adalah orang yang akan mengeluarkan uang ratusan juta rupiah. Mereka mungkin akan bertanya lebih dahulu puluhan kali sebelum memutuskan untuk membeli dari Anda. Jika Anda dianggapnya tidak memahami product knowledge, jangan harap mereka mau membeli dari Anda.

4. Hindari Persaingan Tinggi

Bagaimana cara menghindari persaingan yang tinggi? Setelah mengetahui topik minat pembaca dan riset keyword yang relevan dengan produk Anda. Gunakan strategi Long Tail Keyword. Dengan mengetahui kata kunci yang memiliki persaingan rendah, Anda bisa menargetkan niche atau segmen tertentu yang mungkin kurang dilirik oleh pesaing, sehingga artikel Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mendominasi di halaman pertama hasil pencarian Google (Google SERP). Ini salah satu trik cara masuk halaman 1 Google tanpa terlalu banyak pesaing.

5. Update Konten yang Efektif

Dengan terbiasa melatih kemampuan untuk riset keyword, akan memberikan insight, wawasan yang mendalam bagaimana menyajikan jenis konten yang paling diminati dan lebih spesifik. Misalnya saja, mungkin saja para pembaca lebih suka format “infografik perbandingan fitur” dibandingkan “artikel panjang”. Cara mencari prospek mobil dari Google dengan update konten-konten yang spesifik akan lebih efektif daripada konten yang terlalu umum.

Contohnya; Misalkan Anda ingin menulis tentang keamanan mobil Wuling dibandingkan dengan DFSK atau BYD. Anda bisa riset kata kunci seperti “fitur keamanan Wuling”, “Fitur Keamanan Wuling vs DFSK”, atau “review keamanan mobil China”. Namun jika Anda menemukan bahwa kata kunci “fitur keamanan Wuling” memiliki volume pencarian tinggi dan persaingan rendah, maka Anda bisa fokus menulis artikel yang mendalam tentang fitur keamanan Wuling tsb, sambil menyelipkan perbandingannya dengan merek mobil yang Anda pasarkan.

Riset keyword yang teliti sebelum menulis artikel akan memastikan konten Anda selalu relevan, efektif, dan memiliki potensi tinggi untuk menarik calon pembeli.

7 Cara Mencari Prospek Mobil di Google pelajari dan praktekan

6. Memahami Trend Keyword

Cara mencari prospek mobil selanjutnya adalah pahami topik yang sedang tren. Terbiasa melakukan riset keyword juga akan membantu Anda untuk bisa mengetahui trend atau isu yang sedang hangat dibicarakan. Misalnya, jika saat ini konsumen sedang ramai membicarakan tentang “teknologi ramah lingkungan pada mobil”, Anda bisa menyoroti fitur ramah lingkungan dari mobil yang Anda pasarkan dengan story telling yang menarik.

7. Fokus Konten

Setelah menguasai keenam faktor diatas, maka konten Anda otomatis akan menjadi jauh lebih fokus dasn memahami bahasa target audiens Anda. Meski terkadang, seringkali kita mungkin ingin menulis tentang banyak aspek, tetapi setelah lihai dalam mencari keyword yang tepat. Anda bisa menentukan topik utama apa yang paling strategis untuk dibahas lebih dalam. Ini salah satu trik bagaimana cara mendapatkan leads premium lebih banyak lagi, dimana audien sudah tertarget sejak awal.

Mau tahu lebih banyak lagi trik cara mencari prospek mobil di internet? Klik chat Whatsapp dibawah ini

Chat Whatsapp Admin

Dengan memahami ketujuh hal di atas, sebetulnya nggak terlalu sulit khan bagaimana cara mencari prospek mobil di google? So, jika artikel ini dirasa bermanfaat, πŸ™ πŸ™ πŸ™ silahkan share konten ini ke sosial media, barangkali saja bisa menginspirasi lebih banyak sales. Semoga Sukses Selalu.

 

 

 

5.0
5.0 out of 5 stars (based on 6 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

Video marketing Youtube

September 8, 2023

Video marketing di Youtube paling efektif untuk jualan, kita bisa dapatkan pembeli dari mana saja. Saya beberapa kali mendapatkan pembeli dari luar negeri dari Youtube

Iis Sudaryanti
Verified

Response from Internet Marketing No 1

betul sekali kak, bikin video marketing di Youtube, biaya murah, promosi jalan terus Non Stop selamanya

Terima kasih infonya Min

September 6, 2023

Cara mendapatkan leads memang gampang-gampang susah, kadang-kadang walaupun dikasih gratis tetap susah

Adi Kurniawan
Verified

Response from Internet Marketing No 1

Dari pengalaman kami, sebenarnya kalau audiens tsb memang membutuhkan produk atau jasa kita, suatu saat bakal jadi konversi kok. Poinnya pahami dahulu apa yang mereka butuhkan

Kalau gampang emosi?

March 13, 2024

Saya orangnya gampang emosi itu termasuk yang mana min?

Julius

Mana lanjutan artikel tren bisnis 2024

January 25, 2024

Lanjutan artikelnya mana bro, masak dari 30 tren bisnis 2024, baru 6 yang di bahas, sisanya mana?

Dony Kurniawan

Sambungannya mana?

January 4, 2024

Bagus sih, sayang infonya belum tuntas, di tunggu kelanjutannya mas bro πŸ‘

Jaya

 

 

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?