Bagaimana cara muncul di Google Search halaman pertama? Pertama riset keyword, praktekan Google E-E-A-T, user experience, kualitas konten dll. Ini poin-poinnya.

Sebenarnya tidaklah terlalu sulit ataupun terlalu mudah untuk menaikan peringkat keyword pada setiap konten blog post agar mudah muncul di halaman pertama hasil pencarian mereka (Google SERP), jika tidak mengetahui bagaimana cara belajar seo yang benar. Bagaimana triknya? Memahami apa itu Google EEAT dan efeknya pada seo, algoritma Google dll.

Bila dikerjakan secara konsisten, ke 12 faktor di bawah ini berperan penting untuk menaikan peringkat keyword dan bagaimana cara muncul di Google search halaman pertama bisa sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan.

12 Cara Muncul di Google Search Halaman Pertama. Cobain Aja!

12 Cara Muncul di Google Search Halaman Pertama

Merujuk pada google update July 2023, setidaknya ada 12 teknik seo terbaru yang bisa Anda jadikan sebagai panduan bagaimana cara muncul di Google search halaman pertama untuk konten-konten yang Anda buat.

Riset Keyword

  1. Tentukan target keyword. Target kata kunci yang tepat adalah keyword yang punya volume pencarian tinggi, spesifik dan kompetisinya lebih rendah. Dengan keyword yang tepat, konten Anda akan lebih berpeluang untuk ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari informasi terkait topik tersebut.
  2. Buatlah konten yang berkualitas serta relevan dengan keyword target. Tujuannya agar Google dapat memahami bahwa konten Anda adalah konten yang tepat dan layak untuk muncul di Google search halaman pertama hasil pencarian mereka (Google SERP) sesuai keywordnya.
  3. Keyword yang tepat dan relevan akan membantu Google untuk memahami apa isi dan kualitas konten Anda agar dianggap oleh mesin pencari tsb sebagai konten yang layak untuk ditampilkan di halaman pertama Google.

1. Fokus pada Kualitas dan Isi Konten

Fokuslah membuat konten yang berkualitas, mengupas topik secara mendalam dan informatif sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan Anda. Jika konten sudah memenuhi kedua kriteria dasar tersebut. Itu artinya kedua elemen terpenting dalam Google E-E-A-T sudah terpenuhi, yaitu Experience dan Expertise.

Maka secara default itu memudahkan Google untuk menilai apakah konten tersebut memang sudah memenuhi kriteria dan keahlian yang sesuai dengan topiknya.

Riset keyword yang tepat dan membuat konten yang berkualitas adalah langkah pertama bagaimana cara muncul di Google Search yang perlu dipahami betul. Jika keywordnya tidak pas, di jamin konten Anda akan sulit di cari, menghilang entah kemana. Sementara jika kualitas konten rendah, pengunjung hanya datang, membaca sebentar lalu pergi. Efeknya, score bounce rate tinggi dan search engine akan menganggap website tersebut tidak berkualitas – Otomatis keywordnya pasti akan sulit untuk bisa naik.

 

2. Utamakan User Experience

Selain konten berkualitas sesuai dengan Google E-E-A-T, faktor terpenting ketiga bagaimana cara muncul di Google search adalah dengan mengutamakan kepuasan User Experience atau pengalaman pengguna saat membaca website Anda. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengalaman pengguna bisa dianalisa melalui Google Analytics pada bagian Session Duration. Disitu terlihat berapa lama pengunjung membaca artikel. Yah minimal sekitar 3-5 menit an deh.

Hal ini tergantung dari panjang atau pendeknya artikel. Menurut survei, kecepatan membaca rata-rata setiap orang adalah sekitar 180 an kata per menit – Ini juga salah satu parameter cara muncul di Google Search. Semakin lama pengunjung membaca konten akan memberikan sinyal positif di mata Google bahwa konten website Anda memang berkualitas. Maka secara default di system, konten Anda sudah dianggap bagus oleh Google

Cara Meningkatkan User Experience

  • Kecepatan Loading Website. Idealnya kecepatan loading time website antara 1-2,5 detik. Ini sangat tergantung kualitas provider hosting. Itu sebabnya, gunakan hosting yang bagus dengan loading time yang cepat, uptime non stop 24 jam dll. Lihat disini kriteria salah satu >> web hosting terbaik Indonesia. Selain faktor kecepatan juga dipengaruhi oleh desain template yang responsif, penggunaan java script atau plugin yang tidak berlebihan dll. Pengunjung biasanya akan langsung meninggalkan website jika loading timenya lambat.
  • Turunkan piksel gambar serendah mungkin tanpa mengurangi kualitasnya. Usahakan dalam 1 halaman page atau post, total piksel gambar tidak lebih dari 500 kb.
  • Desain Responsif atau Accelerated Mobile Pages (AMP). Website AMP akan mereduce atau menyesuaikan tampilan secara otomatis pada berbagai perangkat, seperti tablet atau ponsel menjadi lebih cepat. Loading time website AMP yang bagus rata-rata di bawah 1 detik saat di klik dari halaman penelusuran Google.
  • Penggunaan Paragraf dan Format Tulisan yang Bagus. Hampir semua pembaca menyukai kalimat yang pendek, singkat dan to the point, jangan dengan gaya penulisan bertele-tele. Tulislah dengan format penulisan yang jelas, pemilihan dan ukuran font, penggunaan judul, sub judul. Gunakan tanda bold atau italic untuk menyoroti poin-poin yang penting dll.
  • Navigasi halaman yang menarik, intuitif dan mudah dipahami, agar pengunjung mudah menemukan informasi yang mereka cari.
  • Hindari Pop-up yang berlebihan dan menghalangi mata pembaca
  • Pastikan konten Anda informatif, menarik, mudah dipahami, relevan serta memberikan nilai tambah bagi pembaca.
  • Gunakan desain visual yang menarik, background serta warna teks yang nyaman di mata
  • Tautan link internal yang relevan. Sisipkan internal link yang relevan untuk membantu pengguna menemukan informasi terkait dengan mudah, dll

Jika pengunjung betah membaca, itu bukan hanya meningkatkan retensi visitor saja namun juga bisa meningkatkan engagement, berupa interaksi. Entah itu mereka memberikan komentar atau bahkan melakukan call to action untuk bertanya.

Ingin belajar bagaimana cara muncul di Google Search dengan mudah? Ikuti kelas bimbingan private seo kami, klik gambar whatsapp chat dibawah ini

chat konsultan digital marketing admin

3. Silo SEO

Sebenarnya cara muncul di Google Search yang paling mudah adalah dengan menggunakan metode Silo SEO sebagai satu kesatuan pembahasan topik yang memiliki relevansi antar konten. Topik konten menjadi lebih dalam, komprehensif dan terstruktur.

Tips Membangun SILO SEO:

  • Kelompokan konten ke dalam kategori yang relevan. Dengan mengelompokan konten dalam berbagi kategori akan membuat konten Anda lebih mudah ditemukan oleh Google maupun pengguna yang sedang mencari informasi yang terkait dengan topik yang dicarinya.
  • Meningkatkan struktur situs web. Metode silo SEO membantu membuat website terstruktur dan rapi. Hal ini akan membuat Google lebih mudah untuk memahami isi konten Anda untuk ditampilkan pada hasil pencarian yang relevan.
  • Internal backlink menjadi maksimal. Metode silo SEO mendorong penggunaan internal linking yang efektif. Hal ini akan sangat membantu meningkatkan visibilitas konten dan score SEO secara keseluruhan.

 

4. Jangan Praktekan Black Hat SEO

Salah satu poin penting bagaimana cara muncul di Google Search yaitu: Jangan pernah melakukan Black Hat SEO. Itu adalah praktek SEO yang paling di benci oleh Google, dan salah satu praktek yang umum digunakan adalah Hidden Content atau memanipulasi mata manusia dan search engine Google. Secara teknik praktek ini adalah menyembunyikan konten dari mata manusia, misalnya dengan melakukan keyword stuffing dan backlink sebanyak mungkin yang tak terlihat oleh mata manusia, misalnya dengan PBN dsb.

Contoh Black Hat SEO

  • Menggunakan teks yang sewarna dengan background, misalnya keyword stuffing dengan teks putih pada background website yang berwarna putih. Tujuannya untuk memanipulasi mata search engine dan mata manusia, karena tidak terlihat oleh mata manusia namun tetap terbaca oleh mata Google.
  • Menggunakan font teks yang sangat kecil, tidak terbaca oleh pengguna, ini juga tetap terbaca oleh mata mesin pencari
  • CSS dan Posisi Off-Screen: Menyembunyikan teks dengan menggunakan CSS untuk menggesernya di luar layar pandangan pengguna, sehingga tidak terlihat namun tetap terbaca oleh Google
  • Menyembunyikan teks dalam gambar, secara teknis menyembunyikan teks penting dalam gambar dan dikunci dengan pasword, sehingga tak terlihat oleh mata manusia tetapi tetap terbaca oleh mesin pencari.
  • Penggunaan CSS Display Property: Mengubah properti tampilan elemen HTML, seperti “display: none” untuk menyembunyikan teks dari tampilan pengguna, tetapi tetap terlihat oleh mesin pencari.

Tujuan Black Hat SEO adalah memanipulasi mata search engine. Praktek semacam ini jelas melanggar aturan Google. Maka jangan heran, begitu terdeteksi, pasti akan di banned permanen. Algoritma Google sekarang sudah sangat canggih, di bangun oleh ribuan engineer terbaik mereka lantas bagaimana mungkin anda bisa membodohi Google?

12 Cara Muncul di Google Search Halaman Pertama

5. Jangan Lakukan Keyword Stuffing

Jangan berfokus pada density keyword! Dalam prakteknya, pendekatan “keyword density” biasanya cenderung melakukan stuffing keyword. Model seperti ini telah berkembang dan menjadi praktek SEO yang umum digiunakan selama bertahun-tahun.

Faktanya, sekarang Google memprioritaskan relevansi antara konten yang menunjang kualitas konten. Bermanfaat bagi pembaca, daripada sekadar menghitung berapa kali keyword target muncul dalam suatu artikel. Jadi meskipun penggunaan keyword adalah bagian terpenting dari SEO, namun jika berlebihan menjadi tidak natural dan janggal. Keyword yang kurang relevan dengan topik bisa dianggap sebagai spamming. Efeknya malah merugikan peringkat website Anda sendiri.

6. Gunakan Sinonim dan Variasi Kata

Merujuk pada Google E-E-A-T, penggunaan sinonim dan variasi setidaknya memiliki 3 keuntungan:

  • Meningkatkan Authority bagi si pembuat konten. Penggunaan sinonim dan variasi kata akan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang penulis konten yang terampil dan berpengetahuan luas. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan authority Anda di mata Google.
  • Meningkatkan kualitas konten. Penggunaan sinonim dan variasi kata dapat membantu untuk membuat konten Anda lebih menarik dan informatif. Hal ini akan membuat konten Anda lebih disukai oleh pembaca dan juga Google.
  • Meningkatkan relevansi konten. Dengan menggunakan sinonim dan variasi kata, akan membuat konten enak di baca dan lebih relevan dengan keyword yang menjadi target.

Poinnya menggunakan sinonim dan variasi kata untuk merujuk pada keyowrd yang sama tidak akan membuat mesin pencari bingung. Google memiliki kemampuan untuk memahami konteks dan makna dari konten serta keyword yang ditargetkan. Algorithma Google dapat memahami bahwa variasi kata tersebut merujuk pada topik atau keyword yang sama.

7. Update Konten Rutin

Cara menaikan peringkat website di Google berikutnya yang cukup penting adalah dengan selalu melakukan update konten rutin secara berkala. Bisa saja di selang-seling dengan beragam topik baru, namun tetap masih memiliki relevansi yang kuat dengan keyword utama.

Chat Whatsapp Admin

8. Membangun linkbuilding+content marketing 

9. Ekslor ide-ide konten baru yang segar

10. Bangunlah ekosistem User Generated Content (UGC)

11. Gunakan referensi sumber yang kredibel

12. Hosting yang cepat

Hosting yang bagus pasti memiliki uptime server baik pula, keamanan terjamin. Lantas apa saja kriteria web hosting terbaik? Silahkan klik dan baca artikelnya di bawah ini.

8 Kriteria Web Hosting Terbaik, Awas Salah Pilih!

 

Masih agak bingung bagaimanacara muncul di Google Search ? Tunggu saja pada pembahasan berikutnya yang lebih dalam dan mendetail.

Terima kasih, jika bermanfaat, silahkan bagikan konten ini di sosial media Anda, barangkali saja bisa berguna bagi yang lain.

Dan jika berkenan, mohon berikan revview untuk artikel ini. 🙏 🙏 🙏Semoga Sukses Selalu.

 

 

 

5.0
5.0 out of 5 stars (based on 6 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

Video marketing Youtube

September 8, 2023

Video marketing di Youtube paling efektif untuk jualan, kita bisa dapatkan pembeli dari mana saja. Saya beberapa kali mendapatkan pembeli dari luar negeri dari Youtube

Iis Sudaryanti
Verified

Response from Internet Marketing No 1

betul sekali kak, bikin video marketing di Youtube, biaya murah, promosi jalan terus Non Stop selamanya

Terima kasih infonya Min

September 6, 2023

Cara mendapatkan leads memang gampang-gampang susah, kadang-kadang walaupun dikasih gratis tetap susah

Adi Kurniawan
Verified

Response from Internet Marketing No 1

Dari pengalaman kami, sebenarnya kalau audiens tsb memang membutuhkan produk atau jasa kita, suatu saat bakal jadi konversi kok. Poinnya pahami dahulu apa yang mereka butuhkan

Kalau gampang emosi?

March 13, 2024

Saya orangnya gampang emosi itu termasuk yang mana min?

Julius

Mana lanjutan artikel tren bisnis 2024

January 25, 2024

Lanjutan artikelnya mana bro, masak dari 30 tren bisnis 2024, baru 6 yang di bahas, sisanya mana?

Dony Kurniawan

Sambungannya mana?

January 4, 2024

Bagus sih, sayang infonya belum tuntas, di tunggu kelanjutannya mas bro 👍

Jaya
×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?