Pernah putus asa punya website tapi belum juga bisa menghasilkan penjualan? Yuk Bongkar Rahasia 12 Cara Mendapatkan Leads Premium dengan benar. Begini caranya!

Pernahkah Anda merasa putus asa? Menatap layar komputer dengan mata nanar, kelelahan? Berharap ada peningkatan penjualan dari website yang telah Anda kelola dengan penuh dedikasi. Sudah capek bikin website, beli hosting, setting website dll. Menghabiskan waktu, menguras tenaga, dan uang, tapi hasilnya tetap masih tetap jauh dari harapan!

12 Rahasia Cara Mendapatkan Leads Premium Ubah Putus Asa Jadi Sukses

Ya, kami paham betul kesulitan itu, tidak mudah memang untuk mendapatkan leads. Kami pernah mengalaminya 11 tahun an silam. Namun yang ingin saya tekankan; sesungguhnya “TIDAK ADA YANG SALAH DENGAN ANDA!” Persoalannya bukanlah pada Anda!

Problemnya; Anda menggunakan strategi pemasaran digital marketing yang yang salah. Anda mungkin tidak memahami bagaimana cara mendapatkan leads yang benar. Bisa jadi itu karena Anda berguru pada orang yang salah atau mungkin juga disesatkan oleh panduan yang salah dari internet. Dan akhirnya malah membuat Anda kebingungan sendiri dan merasa gagal!

 

Apa itu Marketing Leads?

Leads adalah individu, calon pelanggan atau entitas yang menunjukkan minat dan ketertarikan terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan. Mereka adalah target market yang sangat berharga bagi bisnis dan berpotensi besar menjadi pelanggan yang setia. Mengapa demikian?

Mengapa marketing leads sangat penting? Marketing leads menjadi penting karena informasi yang mereka berikan sudah lengkap. Mereka sebelumnya telah memberikan informasi kontak atau data yang bisa langsung dihubungi untuk melakukan interaksi, misalnya dengan mengirimkan email marketing. Disebut sebagai leads karena memang mereka menunjukkan minat yang dalam terhadap produk atau layanan dan solusi yang Anda tawarkan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Leads?

Bicara soal leads, ini bukan sekedar teknik promosi online yang umum dan biasa. Ini adalah tentang memahami apa yang membuat calon pelanggan potensial tertarik melalui konten yang membangkitkan minat, emosi, hati serta pikiran mereka untuk mengambil tindakan.

Lantas apa yang perlu Anda lakukan dan bagaimana cara mendapatkan leads premium tersebut? Langkah pertama dan terpenting adalah pahami terlebih dahulu audiens Anda. Apa keinginan, kebutuhan memahami kebutuhan, keinginan, dan masalah yang mereka hadapi. Jika hati kita terbuka untuk mendengarkan, kita dapat merasakan apa yang mereka rasakan dan merancang kampanye pemasaran yang menggugah emosi.

1. Landing Page

Cara mendapatkan leads yang pertama kali Anda harus lakukan adalah membuat landing page khusus untuk produk, layanan servis atau produk affiliate yang ingin Anda jual. Mengapa harus menggunakan landing page? Ini alasannya:

  • Menurut studi yang di rilis HubSpot, landing page lebih efektif daripada halaman posting biasa untuk mendapatkan leads. Penelitian tersebut menemukan bahwa landing page memiliki tingkat konversi rata-rata 2,38%, sementara  halaman posting biasa hanya memiliki tingkat konversi rata-rata 0,63%.
  • Landing page memang dirancang khusus dengan informasi singkat yang bisa membuat audiens penasaran dan fokus untuk mengkonversi pengunjung menjadi leads atau pelanggan melalui Call to Action (CTA).
  • Meski demikian, cara mendapatkan leads melalui halaman posting biasa juga bisa saja sukses. Tergantung dari kualitas konten serta tujuan dari konten tersebut di buat untuk apa? Apapun strategi pemasaran digital marketing tak pernah bisa lepas dari konten yang berkualitas.

chat konsultan digital marketing admin

2. Video Marketing, Webinar & Podcast

Podcast yang Inspiratif:

Ketika berbicara tentang podcast, sebaiknya bukan hanya sekedar menawarkan konten yang hebat. Namun yang lebih penting adalah menciptakan atmosfir dialog yang engagement dengan audiens. Mengajak audiens bukan cuma untuk mendengar, tapi mampu menginspirasi mereka untuk ikut merasakan bahwa podcast tersebut bisa menjadi solusi bagi problem mereka.

Berikut tips cara mendapatkan leads melalui podcast yang inspiratif,:

  • Podcast yang menawarkan nilai tambah: Setiap episode podcast yang Anda buat harus memberikan jawaban, menawarkan solusi, dan menginspirasi mereka untuk mengambil tindakan. Jika Anda menawarkan sesuatu yang bisa mereka terapkan dalam hidup dan bisnis mereka. Secara psikologis pasti mendorong emosi mereka ingin tahu lebih banyak lagi.
  • Mengundang Tamu Hebat: Sebaiknya undanglah mereka yang ahli dalam bidangnya untuk berbicara dalam podcast tsb. Ini tidak hanya membantu memperluas jangkauan audiens, namun juga bisa menambah rasa penasaran audiens.
  • Tinggalkan Kesan Dalam Cerita: Ini salah trik cara mendapatkan leads yang ampuh, dimana dalam setiap episode podcast tinggalkanlah petunjuk untuk audiens yang menginspirasi serta memberikan tantangan. Ini akan mendorong audiens untuk mengunjungi website serta mendorong mereka untuk mencari informasi lebih dalam.
  • Berkolaborasi dengan Influencer: Bekerjasama dengan influencer yang tepat akan mampu menjangkau audiens yang lebih luas. Kolaborasi ini akan membangkitkan minat lebih banyak orang untuk mengikuti perjalanan Anda.

Cara mendapatkan leads dengan podcast marketing

Video Marketing yang Mendobrak Batas.

  • Jangan lupa, setiap video memiliki kekuatan untuk menyampaikan emosi dan pesan dengan cara yang unik. Berikut tips membuat video marketing yang memukau:
  • Ciptakan Konten Bermakna: Kata kunci cara mendapatkan leads dari video harus bisa menciptakan ikatan emosional dengan penonton. Bisa dengan model story telling kisah sukses seseorang misalnya. Berikan tips berharga, dan juga posisikan diri Anda sebagai audiens yang tengah mencari solusi atas problem mereka
  • Ajak Mereka Bertindak: Setiap video harus diakhiri dengan panggilan tindakan yang jelas. Berikan link dan ajak penonton untuk segera mengunjungi web Anda. Entah mengajak mereka untuk mendaftar sebagai newsletter, atau mengajak mereka untuk mengikuti webinar yang akan datang dll.

Webinar yang Transformatif:

Webinar bukan hanya tentang berbicara, tetapi juga tentang memimpin perubahan dalam hidup mereka. Berikut cara mengumpulkan leads melalui webinar yang penuh inspirasi:

  • Tawarkan Materi Mendalam: Webinar harus memberikan pemahaman mendalam tentang topik yang relevan dan bermanfaat. Hal ini akan membuat peserta ingin tahu lebih banyak tentang penawaran Anda.
  • Interaksi Langsung: Selama webinar berlangsung bukalah kesempatan untuk berinteraksi dengan peserta. Ajukan pertanyaan, tanggapi komentar, dan buatlah ikatan emosi yang kuat dengan mereka.
  • Penawaran Eksklusif: Pada puncak acara, tawarkanlah penawaran eksklusif yang hanya tersedia bagi peserta saat ini saja. Secara psikologis ini akan mendorong emosi mereka untuk melakukan tindakan dan mendaftar sebagai leads.

Ingatlah, ini bukan hanya tentang mengumpulkan leads, tetapi juga tentang membangun apa itu branding ? Memberikan value, nilai tambah yang nyata bagi audiens. Jika webinar fokus pada solusi, inspirasi, dan transformasi, maka leads yang Anda dapatkan akan jauh lebih bermakna dan berpotensi menjadi pelanggan setia yang menghargai apa yang Anda tawarkan.

Jadi, bersiaplah untuk meraih hati dan pikiran mereka bisa melalui podcast, video marketing, dan juga webinar yang memukau audiens.

 

3. Content Marketing

Cara mendapatkan leads yang paling bagus tentunya dengan menciptakan konten marketing yang berkualitas di website Anda. Kemaslah dengan copywriting yang menggugah emosi, inspiratif serta memberikan nilai tambah bagi audiens. Prinsipnya Content is the King adalah kunci utama cara mendapatkan leads.

Target selanjutnya adalah merubah subscriber menjadi leads premium yang potensial melalui serangkaian proses yang dikenal sebagai Leads Nurturing, yaitu merubah leads potensial menjadi konversi penjualan.

Dengan kata lain leads nurturing adalah proses membangun komunikasi yang intens dengan pelanggan melalui email marketing, web notifikasi, video dll. Tujuannya adalah untuk menjaga dan membesarkan minat mereka dengan konten-konten yang menggugah emosi. Konten yang bagus dan di balut dengan copywriting yang menggugah bisa membuat subscriber menjadi semakin penasaran. Mendorong minat mereka untuk Ingin tahu lebih banyak tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan.  

4. SEO

Cara mendapatkan leads berikutnya adalah dengan SEO, sebab leads, tidak bisa bisa lepas dari SEO. Search Engine Optimization berperan penting untuk menarik pengunjung yang memiliki minat yang sama atau relevan yang berasal dari hasil pencarian organik di Google. SEO 100% Anda yang kontrol dari A sampai Z. Misal, struktur websitenya seperti apa? SEO nya mau bagaimana? Apakah menggunakan teknik silo seo, content marketing & link building strategy dsb.  

5. SEM

Sebenarnya menggunakan SEM atau iklan di mesin pencari adalah cara mendapatkan leads yang paling cepat. Prinsip Search Engine Marketing dengan SEO sebenarnya hampir mirip. Tujuannya agar target keyword tampil di halaman depan hasil pencarian organik di Google, namun strategi dan teknisnya berbeda.

SEO adalah strategi jangka menengah dan panjang. Fokus pada peningkatan kualitas konten. Sementara SEM adalah strategi jangka pendek. Hasilnya instan melalui iklan di Google Ads, Bing Ads, atau Yahoo. Tujuannya meningkatkan visibilitas website agar terlihat di Google pada demografi wilayah, kota atau negara tertentu dan dengan target keyword tertentu pula.

Chat WA

6. Sosial Media Ads

7. Contact Form

8. Email Marketing Integration

9. Web Push Notification

10. Program Referral

11. Event Marketing

12. CRM Automation (Customer Relationship Management)

 

Sementara cukup sekian dahulu artikel bagaimana cara mendapatkan leads premium, untuk poin 6 sampai ke 12 nantikan lanjutannya di part 2

 

 

 

5.0
Rated 5.0 out of 5
5.0 out of 5 stars (based on 5 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

Video marketing Youtube

Rated 5.0 out of 5
September 7, 2023

Video marketing di Youtube paling efektif untuk jualan, kita bisa dapatkan pembeli dari mana saja. Saya beberapa kali mendapatkan pembeli dari luar negeri dari Youtube

Iis Sudaryanti
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

betul sekali kak, bikin video marketing di Youtube, biaya murah, promosi jalan terus Non Stop selamanya

Terima kasih infonya Min

Rated 5.0 out of 5
September 6, 2023

Cara mendapatkan leads memang gampang-gampang susah, kadang-kadang walaupun dikasih gratis tetap susah

Adi Kurniawan
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

Dari pengalaman kami, sebenarnya kalau audiens tsb memang membutuhkan produk atau jasa kita, suatu saat bakal jadi konversi kok. Poinnya pahami dahulu apa yang mereka butuhkan

Mana lanjutan artikel tren bisnis 2024

Rated 5.0 out of 5
January 25, 2024

Lanjutan artikelnya mana bro, masak dari 30 tren bisnis 2024, baru 6 yang di bahas, sisanya mana?

Dony Kurniawan

Sambungannya mana?

Rated 5.0 out of 5
January 4, 2024

Bagus sih, sayang infonya belum tuntas, di tunggu kelanjutannya mas bro 👍

Jaya

Ijin share ya ke teman-teman ya pak

Rated 5.0 out of 5
October 9, 2023

Informasi seperti ini yang dibutuhkan banyak orang pak. Sudah hampir 1 tahun update konten, boro-boro ada yang beli, yang tanya saja nggak ada sampai strees jadinya

Suprianto
×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?