Mau cari uang dari TikTok? Gampang, pahami saja 7 Perbedaan Tiktok Shop dan TikTok Affiliate ini! Tentukan mau jadi affiliate TikTok atau mau buka TikTok Shop?

Sebenarnya mau buka TikTok Shop atau ikutan menjadi affiliate TikTok, sama bagusnya untuk bisa menghasilkan uang rutin tanpa batas. Melakukan bisnis di TikTok tergantung dari kreativitas Anda masing-masing.

 

Apa perbedaan Tiktok Shop dan Tiktok Affiliate

Sebelum Anda belajar bagaimana cara menjadi affiliate TikTok sukses, sebaiknya pahami dahulu dengan jelas apa saja perbedaan Tiktok Shop dan Tiktok Affiliate? Dengan memahami ini, Anda bisa menentukan bagaimana strategi pemasaran digital marketing yang tepat di TikTok itu sepe kerja maupun prakteknyarti apa? dll. Keduanya serupa tapi tak sama. Persamaannya, sama-sama bisa menghasilkan uang, tapi tidak sama dalam sistem.

Pengertiannya; seller di TikTok Shop adalah jika Anda yang menjual langsung produk di e-commerce TikTok tersebut sebagai seller atau merchant – Sementara affilator TikTok adalah jika Anda sebagai konten kreator ikut bergabung dalam program affiliasi TikTok untuk mempromosikan produk/layanan seller disana dengan link tautan affiliasi – Yang akan mendapatkan komisi bilamana terjadi transaksi penjualan melalui link tautan affiliasi yang Anda promosikan.

 

3 Perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate

 

3 Perbedaan TikTok Shop dan Tiktok Affiliate

Masih belum paham? Ini 3 perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate:

Pertama, TikTok Shop adalah fitur e-commerce yang disediakan oleh TikTok khusus hanya untuk pengguna yang mau berjualan disana. Baik penjualan direct selling maupun penjualan dengan sistim affiliasi. Namun sayangnya untuk bisa jualan membuka TikTok Shop, Anda harus memiliki stok barang sendiri dan tidak bisa mengunakan cara droshipping dengan mengambil barang dari penjual lainnya.

Kedua, perbedaan TikTok Shop dan Tiktok Affiliate; TikTok Shop memiliki banyak sekali fasilitas dan fitur yang memudahkan seller untuk berjualan serta mempromosikan produknya. Fiturnya terkoneksi langsung dengan TikTok for Business dan juga TikTok Ads yang dibuat untuk mempromosikan video marketing produk yang mereka jual ditayangkan di dalam TikTok.

Ketiga; Cara kerja TikTok Shop dengan TikTok Affiliate juga sangat berbeda, karena TikTok Affiliate adalah program yang memang dibuat khusus oleh TikTok untuk mendukung promosi seller mereka. Baik melalui tayangan video marketing di channel seller atau bisa juga melalui pengguna TikTok lainnya yang aktif sebagai konten kreator untuk membantu promosi produk para seller dengan imbalan komisi penjualan dalam sistem affiliasi.

Jadi tugas affiliator Tiktok bukan untuk berjualan langsung, tapi semata-mata hanya membantu promosi produk milik para seller/merchants di TikTok melalui sistem tautan link affiliasi yang harus mereka promosikan. Dan jika terjadi transaksi mereka mendapatkan komisi yang akumulasi nilainya cukup lumayan. 

 

Apa itu TikTok Shop

TikTok Shop adalah fitur e-commerce yang memang disediakan oleh TikTok bagi para Seller untuk menjajakan dagangan di Tiktok, dimana dalam fitur e-commerce mereka menyediakan fitur affiliasi untuk para konten kreator yang kreatif agar bisa ikut mempromosikan produk yang di jual oleh para seller di Tiktok melalui link tautan affiliasi.

Sistem TikTok akan mencatat semua transaksi yang terjadi bilamana terjadi penjualan melalui link affiliator. Selanjutnya para konten kreator tersebut akan mendapatkan komisi penjualan, tanpa harus berjualan langsung dengan membuka TikTok Shop.

Prinsipnya bisnis di Tiktok Shop betrbeda dengan Google Ads, Tiktok Shop memang diperuntukan untuk pedagang yang langsung jualan – Sementara TikTok affiliate untuk para konten kreator yang mau ikut mempromosikan produk para merchants atau seller disana untuk mendapatkan komisi.

Selain itu para konten kreator yang sudah sangat terkenal di TikTok biasanya sudah mematok tarif tertentu. Ini karena mereka sudah sering mendapatkan banyak job untuk endorse produk dari para merchant menengah atau bahkan dari brand-brand lokal yang sudah cukup besar. Sementara untuk seller yang masih UKM biasanya mereka lebih suka untuk berkolaborasi para konten kreator untuk membuat konten video marketing yang menarik.

 

Demikian, semoga bermanfaat. Silahkan bagikan artikel perbedaan TikTok Shop dan TikTok affiliate ini melalui sosmed, agar mereka yang mendaftar sebagai affiliator TikTok bisa mempelajari dan mempromosikannya dengan baik.

 

Baca disini Cara Menjadi Affiliate TikTok Sukses

7 Trik Cara Menjadi Affiliate TikTok Sukses

 

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?