Ini 5 Tips Bisnis penting bagi Anda yang pernah merasa hancur, nyaris putus asa karena bisnis yang telah di bangun dengan susah payah akhirnya gagal berantakan.

Apakah Anda pernah merasa tidak berdaya, hancur dan bingung tak tahu harus berbuat apa setelah mengalami kegagalan tersebut? Jangan khawatir, kegagalan adalah hal yang wajar bagi semua orang. Satu hal yang perlu diingat bahwa belajar dari kegagalan adalah guru terbaik untuk sukses.

Berikut ini adalah 5 tips bisnis agar bisa lebih cepat sukses, belajar dari kegagalan di masa lalu.

5 Tips Bisnis Buat Anda yang Pernah Gagal Dalam Bisnis

5 Tips Bisnis Lebih Cepat Sukses

Tidak ada yang abadi dalam dunia bisnis dan marketing, namun di dalam setiap perubahan sebenarnya tersembunyi kesempatan emas, bagi mereka yang mau beradaptasi dengan perubahan untuk menggapai kesuksesan.

Customer is Always Right

Pepatah lama konsumen selalu benar, masih tetap dan akan terus berlaku sampai kapanpun, karena apapun yang Anda jual adalah untuk memenuhi apa saja yang diharapkan konsumen saat mereka memutuskan untuk membelinya dari Anda.

Mengutamakan kepuasan konsumen adalah kunci utama dalam menjalankan bisnis. Konsumen loyal adalah ujung tombak keberhasilan semua bisnis. Dari mulai bisnis rumahan modal kecil sampai ke skala bisnis raksasa. Dari mulai persaingan bisnis lokal hingga internasional, semuanya membutuhkan konsumen yang loyal. Maka pastikan dahulu, apapun produk atau layanan yang Anda tawarkan tersebut bisa menjadi solusi atas kebutuhan mereka.

Contoh sederhana; jika Anda membuka usaha restoran, pastikan bahwa makanan yang Anda jual enak dan berkualitas. Berikanlah pelayanan yang prima, ramah, cepat, dengan atmosfer suasana yang nyaman, dsb.

Apa yang dibutuhkan oleh Market?

Melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen adalah langkah paling penting sebelum memulai bisnis. Dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pasar, Anda dapat menyediakan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar di sekitar Anda.

Contoh: Jika Anda mengetahui bahwa kompleks perumahan di sekitar rumah Anda mayoritas penghuninya adalah pasangan muda kelas menengah yang baru memiliki anak balita. Dimana pasangan suami-isteri tersebut bekerja di luar rumah sampai malam. Mungkin lebih baik dijadikan pertimbangan untuk membuka bisnis penitipan anak, dibandingkan dengan membuka restoran.

Gagal Lebih Cepat – Lebih Baik

Kegagalan adalah hal biasa dalam proses belajar. Jika Anda gagal lebih cepat, jangan putus asa dan langsung mengambil kesimpulan. Dengan mengalami kegagalan di awal usaha sebenarnya akan membuka wawasan bisnis Anda menjadi lebih luas dan lebih tajam.

Dari kegagalan tersebut Anda bisa belajar banyak hal, bisa mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kegagalan sebelum terlanjur menanamkan investasi lebih besar jika proses atau penanganannya yang salah.

Jangan langsung putar haluan, lebih baik lakukan evaluasi total. Lakukan perbaikan dan perubahan sesegera mungkin.

Contoh: Jika selama ini pemasaran Anda masih secara konvensional dan mencoba strategi pemasaran baru, namun ternyata tidak juga mengalami peningkatan. Segera evaluasi total dan ubah ke strategi pemasaran digital marketing. Itu akan membuka ruang lingkup bisnis lokal Anda menjadi jauh lebih luas tanpa batas.

Jadikan Kesalahan sebagai Batu Loncatan

Kesalahan adalah pelajaran yang paling berharga dalam sebuah bisnis. Jangan takut untuk membuat kesalahan, namun yang penting Anda harus mau belajar dari kesalahan untuk meningkatkan skill Anda.

Sebab pada umumnya, kesalahan bisnis bisa terjadi karena ditangani oleh orang yang tidak tepat dan dengan cara yang salah. Bukan bisnisnya yang salah!

Contoh: Jika Anda merilis produk baru dan ternyata mendapatkan banyak feedback negatif dari konsumen, jangan berputus asa. Analisis feedback tersebut, perbaiki produk Anda, dan gunakan pengalaman tersebut untuk membuat produk yang lebih baik di masa depan.

tips bisnis belajar dari kegagalan

Pelajari Faktor Ketidak-puasan konsumen

Ini adalah tips bisnis yang paling penting untuk di respon dengan baik. Jangan langsung marah atau melemparkan kesalahan kepada pihak lain jika konsumen memberikan feedback negatif terhadap produk atau layanan Anda.

Pendiri Microsoft, Bill Gates pernah mengatakan; “Your most unhappy customers are your greatest source of learning”. Menanggapi ketidakpuasan konsumen dengan kemarahan atau melemparkan kesalahan dan tanggung-jawab dan kesalahan kepada bawahan atau pihak lain, tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah! Ambilah pelajaran dari situ.

Jadikan faktor ketidakpuasan konsumen sebagai sumber pelajaran yang paling berharga. Jika konsumen tidak puas dengan produk atau layanan Anda, itu adalah sinyal utama bahwa ada sesuatu yang salah dan perlu segera diperbaiki.

Contoh: Jika konsumen mengeluh bahwa pengiriman produk Anda terlalu lambat. Segera lakukan evaluasi dan perbaiki alur distribusi dan proses pengiriman agar bisa lebih maksimal.

Tips Bisnis untuk Perbaikan

Beradaptasi dengan Perubahan

Di dunia yang selalu berubah, kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat adalah kunci sukses. Baik itu perubahan teknologi, tren pasar, atau kebiasaan konsumen, penting untuk selalu update dan siap mengubah strategi bisnis Anda.

Contoh: Jika selama ini usaha Anda adalah toko ritel fisik, sebaiknya segera transformasikan bisnis Anda ke Platform Digital Marketing. 

Strategi Pemasaran Digital

Di era digital, bisnis apapun bisnisnya strategi pemasaran digital adalah solusinya. Gunakan semua sumber daya, SEO, SEM, Video Marketing, Sosial Media Marketing dengan Multi Channel. Lihat dan rasakan sendiri manfaat digital marketing sebagai solusi penetrasi pasar tanpa batas.

Pahami perbedaan SEO dan SEM. Pelajari apa itu copywriting marketing?  video marketing atau sosial media marketing. Bangun branding, berikan nilai tambah dan brand equity yang kuat di mata konsumen. Tips bisnis berikutnya adalah otomatisasi dengan omni channel atau setidaknya multi channel. Semua proses pemasaran digital tsb akan semakin membuka wawasan Anda, bahwa sebenarnya peluang masih terbuka lebar. Tidak masalah seberat apapun persaingannya, hanya saja mungkin belum Anda sadari dan temukan solusinya.  

Punya problem Digital Marketing? Silahkan hubungi kami, klik gambar chat dibawah ini. 

chat konsultan digital marketing admin

Membangun Tim yang Solid

Sebuah tim yang solid adalah pondasi dari bisnis yang sukses. Tips bisnis yang satu ini jangan dilupakan, karena pada dasarnya tidak ada Superman dalam sebuah bisnis, yang ada adalah Super Team yang solid.

Rekrutlah orang-orang yang memiliki keahlian yang Anda butuhkan dan memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Ciptakan Nilai Tambah (Value Added)

Nilai tambah adalah ekuitas bisnis bagaimana orang bisa mengenang bisnis Anda. Memberikan nilai tambah yang unik atau berbeda dari kompetitor akan dapat membuat bisnis Anda menonjol dan mudah untuk dikenang oleh konsumen.

Tips bisnis bagi Anda yang membuka Coffee Shop misalnya: coba tambahkan layanan gratis pada hari-hari yang biasanya sepi, berikan waktu untuk konsultasi dan demo, misalnya bagaimana cara membuat kopi yang enak di rumah.

Tips Bisnis Mengembangkan Kemitraan

Strategi Kemitraan

Memgembangkan kemitraan strategis dan berkolaborasi dengan pihak lain bisa sangat membantu Anda mencapai audiens yang lebih luas, berbagi resiko dan pengalaman, serta bisa mengakses sumber daya yang selama ini tidak Anda tidak milikki.

Contoh; bisa dengan sistem referral, misalnya; berikan komisi kupon diskon kepada blogger dan influencer. Otomatis mereka akan aktif memberikan review dan mempromosikan bisnis Coffee Shop Anda.

Semoga tips bisnis ini bisa memberikan wawasan yang lebih luas lagi untuk mengembangkan usaha Anda – Dan jika tips bisnis ini bisa bermanfaat juga bagi orang lain, silahkan share dan bagikan link artikel ini untuk kerabat dan teman Anda

So, jangan sampai ketinggalan, nantikan tips bisnis berikutnya di Internet Marketing No 1 – Solusi Digital Marketing Anda.

 

5.0
5.0 out of 5 stars (based on 6 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

Video marketing Youtube

September 8, 2023

Video marketing di Youtube paling efektif untuk jualan, kita bisa dapatkan pembeli dari mana saja. Saya beberapa kali mendapatkan pembeli dari luar negeri dari Youtube

Iis Sudaryanti
Verified

Response from Internet Marketing No 1

betul sekali kak, bikin video marketing di Youtube, biaya murah, promosi jalan terus Non Stop selamanya

Terima kasih infonya Min

September 6, 2023

Cara mendapatkan leads memang gampang-gampang susah, kadang-kadang walaupun dikasih gratis tetap susah

Adi Kurniawan
Verified

Response from Internet Marketing No 1

Dari pengalaman kami, sebenarnya kalau audiens tsb memang membutuhkan produk atau jasa kita, suatu saat bakal jadi konversi kok. Poinnya pahami dahulu apa yang mereka butuhkan

Kalau gampang emosi?

March 13, 2024

Saya orangnya gampang emosi itu termasuk yang mana min?

Julius

Mana lanjutan artikel tren bisnis 2024

January 25, 2024

Lanjutan artikelnya mana bro, masak dari 30 tren bisnis 2024, baru 6 yang di bahas, sisanya mana?

Dony Kurniawan

Sambungannya mana?

January 4, 2024

Bagus sih, sayang infonya belum tuntas, di tunggu kelanjutannya mas bro 👍

Jaya
×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?