Mengungkap Rahasia 5 Manfaat Google Bisnisku untuk memenangkan persaingan bisnis lokal. Dari mulai integrasi Google Maps sampai engagements pelanggan gratis!

Terkait dengan beberapa pertanyaan yang masuk, sepert1: Apa saja sih manfaat Google Bisnisku? Bagaimana mengoptimasi Google My Business dan trik cara masuk ke halaman 1 Google? dll. Dalam artikel ini kami akan mengungkap, setidaknya ada 5 Rahasia Google Bisnisku yang masih belum disadari manfaatnya oleh kebanyakan para pemilik usaha.

manfaat google bisnisku untuk anda

Jika Anda tahu kekuatan Google Bisnis, sebenarnya Google My Business ini sangat besar potensinya apalagi bagi pemilik bisnis rumahan, bisnis kuliner atau bisnis kreatif, berperan penting untuk bisa memenangkan persaingan di market lokal dengan bisnis tradisional yang sejenis. Namun sayangnya potensinya yang luar biasa ini masih sangat jarang sekali disadari oleh para pemilik. Pada umumnya mereka hanya sekedar membuat Google Maps, ya sudah selesai begitu saja tanpa optimasi sama sekali.

 

Apa Manfaat Google Bisnisku Dalam Bisnis Tradisional

Menggunakan Google Bisnis jelas jauh lebih banyak memberikan keuntungan jika dibandingkan dengan pola bisnis tradisional yang tanpa sentuhan teknologi sama sekali. Google Bisnis bukan cuma gratis, tapi ini adalah solusi untuk semua pengusaha. Mereka bisa dengan mudah memenangkan persaingan dengan para pelaku bisnis tradisional lainnya di market lokal dengan strategi bisnis yang paling mudah.

Problemnya, sebagian besar orang justeru tidak tahu bagaimana caranya mengembangkan usaha dengan mudah melalui Google Bisnis! Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

manfaat google bisnisku untuk bisnis anda

Manfaat Google Bisnisku: Maps Integration

Manfaat Google Bisnisku yang pertama dan terpenting adalah bahwa apapun bisnis atau usaha yang Anda jalankan akan langsung terintegrasi dengan Google Maps dan memberikan petunjuk arah yang akurat. Calon pelanggan bisa langsung melihat lokasi bisnis Anda secara real di peta. Mereka bisa langsung melihat petunjuk arah dan perkiraan waktunya jika ingin mengunjungi toko atau lokasi Anda.

Coba bandingkan dengan persaingan bisnis tradisional sebelum adanya Google Maps. Agar produk mereka bisa terkenal di market lokal mereka hanya bisa mengandalkan kekuatan Word of Mouth Marketing (WOM) atau sederhananya adalah proses marketing berdasarkan referensi dari mulut ke mulut. Promosi model bisnis tradisional seperti ini membutuhkan kerja keras dan effort selama bertahun-tahun.

Sementara dengan Google Bisnisku cuma butuh waktu dalam hitungan menit. Lakukan optimasi dengan SEO yang benar yang benar, efeknya pasti akan sangat luar biasa.

Sejak pertama kali dirilis pada Juni 2014 silam, layanan gratis Google My Business yang disediakan oleh raksasa Google ini bukan cuma membantu jutaan pemilik usaha. Namun juga mungkin telah membantu puluhan juta bisnis dari mulai bisnis sekelas UKM sampai ke perusahaan global berskala internasional.

Nggak tahu bagaimana cara melipat-gandakan penjualan dari Google Maps? Serahkan saja kepada ahlinya, hubungi kami klik disini >> https://wa.me/6289650502295 Jangan khawatir kamilah yang akan mengutak-atik semua algorithma Google Maps untuk mengoptimalkan serta melipat-gandakan penjualan Anda dari Google Bisnis.

 

Kedua: Visibility

Manfaat Google Bisnisku yang kedua; Listing bisnis Anda akan terintegrasi langsung dengan Google Maps. Dengan kata lain, apapun jenis usaha dan bisnis Anda akan sangat mudah ditemukan oleh calon pelanggan saat mereka melakukan pencarian lokasi atau mencari bisnis serupa melalui Google Maps. Disamping itu, visibilitas usaha juga akan semakin luas, karena bisa juga terlihat pada saat orang melakukan pencarian di laman Google dengan mengetikan keyword tertentu yang lebih spesifik.

Jangan Anda lupa, ini adalah visibilitas yang 100% berasal dari hasil pencarian organik di maps, tinggal di optimasi lagi agar maksimal hasilnya. Lakukan riset keyword yang tepat, buatkan strategi SILO SEO, maka mungkin hanya dalam waktu 3-6 bulan saja hasilnya bisa sangat luar biasa – Jika dimaksimalkan, manfaat Google Bisnisku sama persis seperti manfaat SEO. Meningkatkan visibilitas organik dari mesin pencari!

Bagi UMKM yang masih belum paham apa sih manfaat Google Bisnisku dalam persaingan bisnis di market lokal. Sebaiknya ubah sekarang juga, maksimalkan potensi Google Bisnis Anda, sebelum para pelanggan Anda direbut oleh kompetitor!

 

Ketiga: Clear Information

Benefit Google Bisnis yang ketiga; Anda bisa mencantumkan informasi yang akurat dan lengkap tentang bisnis atau produk yang ditawarkan. Berikanlah informasi yang jelas dan selengkap mungkin, seperti; nama website, alamat, nomor telepon/hp, kontak person serta jam operasional. Semua fitur ini disediakan Gratis oleh Google, kurang apalagi coba?

 

Keempat: Customer Reviews 

Manfaat Google Bisnisku yang paling dahsyat berikutnya; terintegrasi Google Bisnis dengan Google Maps, memudahkan pelanggan bisa langsung memberikan review dan menceritakan pengalaman mereka ketika melakukan transaksi bisnis dengan Anda. Real time, detik itu juga semua orang bisa membaca review pelanggan Anda. Semakin banyak pelanggan yang memberikan review positif, ini sama saja Anda di endorse Gratis oleh banyak orang.

Feedbacknya tentu saja kepercayaan serta kredibilitas bisnis Anda akan meningkat dengan pesat di mata publik. Bandingkan dengan proses marketing tradisional! Sebagus apapun produk Anda, tanpa promosi menggunakan iklan berbayar, siapa yang akan mengenal produk Anda? Kecuali mereka yang pernah membeli dari Anda.

Kekuatan review positif dari pembeli, sejak dahulu telah menjadi kekuatan luar biasa yang diandalkan oleh semua seller di berbagai ecommerce. Review positif menjadi salah satu trik ampuh cara berjualan di marketplace besar seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee dll.

 

Kelima: Engagements

Dengan Google Bisnis memungkinkan interaksi langsung dengan pelanggan melalui fitur pesan yang terintegrasi. Mereka bisa langsung menanyakan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Atau bisa juga memberikan komentar – Dengan demikian proses engagements dengan pelanggan akan terbentuk dengan sendirinya secara natural.

Semakin sering Anda berinteraksi kredibilitas usaha Anda akan semakin bertumbuh pesat. Publik bisa melihat sendiri misalnya; bagaimana kecepatan Anda saat merespon pertanyaan, komplain pelanggan dll.  

Contoh manfaat Google Bisnisku dalam persaingan bisnis

Ini cuma sekedar ilustrasi bagaimana manfaat Google Bisnisku secara nyata. Misalkan saja Anda mempunyai restoran masakan sunda di kota Tangerang Selatan. Kemudian saat warga kota Tangerang atau Kabupaten Tangerang di lokasi yang berdekatan, ingin kuliner masakan sunda misalnya.

Mereka lalu mengetik di Google Maps: “restoran sunda di Tangerang”. Maka website dan semua informasi bisnis Anda akan muncul seketika di hasil pencarian. Inilah potensi besar yang bisa Anda raih!

Kemudian saat mereka membaca informasi bisnis Anda, mereka bisa langsung mendapatkan nama website serta no kontak person yang bisa mereka hubungi langsung. Ini akan sangat memudahkan pelanggan untuk booking tempat dsb.

Apalagi jika di Google Bisnis Anda sudah mendapatkan banyak sekali review positif bintang 4 atau bintang 5 tentang kelezatan hidangan, pelayanan yang memuaskan dll. Testimoni pelanggan tsb secara psikologis akan menjadi daya tarik dan magnet tersendiri bagi publik.

Manfaat Google Bisnisku selanjutnya, melalui Maps pelanggan tinggal mengikuti saja fitur petunjuk arahnya untuk mencari rute tercepat dan efisien menuju restoran Anda.

Tim Google bisnisku

So, tunggu apalagi? Punya ide bisnis rumahan yang bagus? Kerjakanlah segera, ada segudang manfaat Google Bisnisku yang bisa di eksplorasi secara mendalam. Sekarang persoalannya tinggal apakah Anda mampu mengoptimasikannya dengan maksimal atau tidak? 

 

Jika artikel dengan topik: “Manfaat Google Bisnisku Untuk Persaingan Bisnis Lokal” ini bermanfaat dan bisa langsung diaplikasikan untuk bisnis online Anda, silahkan share artikel ini ke sosial media. Semoga bisa menginspirasi banyak orang, khususnya pemula yang baru memulai bisnis online namun terkendala dengan masalah budget yang minim.

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?