Mau cuan besar tahun ini? Pahami 30 Tren Bisnis 2024 ini. Ingat peluang bisnis digital marketing berubah dengan sangat cepat, menggilas mereka yang tidak siap!

30 Tren Bisnis 2024

Menurut Zippia Research, tren bisnis 2024 bakal mengalami perubahan yang cukup signifikan. Bukan hanya menyangkut peluang dalam bisnis digital marketing, namun juga terkait erat dengan perubahan teknologi, prospek karier, pasar kerja serta peluang pasar apa saja yang diprediksikan  bakal melesat atau sebaliknya, menurun drastis. Tren bisnis tersebut adalah arah atau pola yang menunjukkan perubahan atau perkembangan dalam dunia bisnis, baik dari sisi pasar, konsumen, teknologi, kompetisi serta lingkungan.

Zippia adalah sebuah platform penelitian yang menyediakan data dan analisis tentang dunia kerja, tren bisnis, prospek karier, serta kondisi pasar kerja yang tersedia. Platform ini didirikan oleh duet Henry Shao dan Chris Kolmar pada tahun 2015.

30 Tren Bisnis 2024 dan Peluang Bisnis Digital Marketing

Keuntungan memahami tren bisnis 2024

Bukan hanya bagi para pelaku bisnis digital marketing, namun para pelaku usaha lain, rasanya juga wajib hukumnya untuk mengetahui dan memahami apa saja tren bisnis 2024 ke depan yang setidaknya akan membuka wawasan Anda, antara lain:

Membantu mengidentifikasi apa saja peluang bisnis terbaru yang menjanjikan dan tantangan yang bakal dihadapi.
Membantu menyesuaikan strategi pemasaran digital marketing yang tepat, serta produk apa saja sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.
Membantu meningkatkan daya saing dan diferensiasi usaha dalam persaingan bisnis
Meningkatkan inovasi dan kreativitas pelaku bisnis dalam menciptakan nilai tambah bagi konsumen.
Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan memanfaatkan teknologi terbaru.

 

Kerugian tidak memahami tren bisnis 2024

Di Indonesia sendiri tahun 2023 ini termasuk tahun yang cukup sulit, butuh banyak inovasi dan terobosan baru agar bisa survive di tahun 2024. Terlebih lagi di tahun 2024 kita mulai memasuki tahun politik. Gonjang-ganjing politik tentunya akan sangat mempengaruhi iklim ekonomi, Maka jika Anda tidak mengetahui tren bisnis yang tengah berkembang saat ini, mungkin Anda akan mengalami banyak tekanan dan kerugian, antara lain:

Anda akan tertinggal dan ketinggalan zaman dengan perkembangan bisnis yang terjadi.
Anda akan kehilangan pelanggan dan pangsa pasar Anda karena tidak dapat memenuhi harapan dan kepuasan mereka.
Anda akan kalah bersaing dan tergerus oleh kompetitor yang lebih adaptif dan responsif.
Anda akan kehilangan inovasi dan kreativitas Anda karena terjebak dalam rutinitas dan zona nyaman.
Anda akan mengalami penurunan efisiensi dan produktivitas Anda karena tidak memanfaatkan teknologi terbaru.

Apa saja ya tren bisnis 2024 yang bakal booming? Bagaimana cara memanfaatkan tren bisnis yang lagi booming untuk meningkatkan daya saing? Ini juga salah satu alasan kuat yang mendukung artikel kami sebelumnya tentang; fakta kenapa orang kaya semakin kaya. Ini semata-mata karena mereka mampu membaca, menangkap peluang dan mengembangkannya pada momentum yang tepat.

So, berikut ini tren bisnis 2024 yang perlu Anda pahami:

1. Social Media Trends 2024

  • Social Media Trends 2024 menunjukan tren kenaikan biaya iklan Sosial Media meningkat 5,2% di tahun 2023 yang mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada 2022 yang meningkat hingga 11,5%.
  • Statistik tren metode periklanan menggunakan Influencer melambung tinggi mencapai 191% dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Inilah yang membuat profesi influencer dan digital marketing agency melambung tinggi, termasuk di dalamnya peluang usaha baru sebagai Youtuber yang konon bisa meraup penghasilan hingga ratusan juta rupiah per bulan.
  • Penjualan di Sosial Commerce diperkirakan akan meningkat sebesar US $67,32 milliar pada tahun 2024 dan akan terus meningkat hingga mencapai US $79,64 miliar pada tahun 2025.
  • Instagram menduduki peringkat pertama social media trends 2024 yang paling diminati untuk beriklan, dimana 29% pemasar digital mengaku akan menginvestasikan iklan mereka di instagram. Urutan kedua diduduki oleh Facebook sebanyak 23%, Youtube 14%, Tiktok 14%, Linkedin 7%, dan Twitter sebanyak 5%

 

So, jika Anda adalah pemasar digital, data dari tren bisnis 2024 ini bisa menjadi sumber acuan untuk dijadikan strategi pemasaran digital marketing yang efektif di platform sosial media.

Atau Jika sekarang Anda ingin terjun atau mengembangkan bisnis kreatif melalui sosial media, prediksi tren bisnis 2024 ini menunjukan momentum yang tepat untuk langsung bergerak. Pelajari, analisa dan persiapkanlah dana, sumber daya dan segala sesuatu yang bakal diperlukan untuk mengembangkan sayap. 1 hal yang perlu Anda ingat; Bisnis kreatif memang nggak bakalan ada matinya karena selalu bisa menciptakan demand dan supply baru yang akan terus berkembang seiring dengan perubahan jaman.

Jika Anda tertarik namun masih belum tahu bidang industri kreatif apa saja yang memiliki masa depan cerah, silahkan, Anda bisa menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.   

Atau ingin pasang iklan yang efektif di Sosial Media? Hubungi Whatsapp 089650502295, serahkan semuanya kepada kami, dari mulai materi iklan, bagaimana strategi iklannya sampai ke narasi-narasi hook seperti apa yang berpeluang besar untuk menjadi viral di sosial media akan kami siapkan semuanya. Segera klik ikon Whatsapp Chat di bawah ini

chat konsultan digital marketing admin

 

2. Tren E-commerce 2024

  • Penjualan melalui tren E-commerce 2023 diperkirakan akan terus meningkat. Di tahun 2022 tercatat mencapai US $907,9 miliar – Sementara di tahun 2023 sendiri tren E-commerce diperkirakan membukukan angka mencapai 22,35 dari total penjualan ritel global. Tren ini diproyeksikan akan terus meningkat mencapai US $1,4 Trilun hingga sepanjang tahun 2025.
  • Tren E-commerce mulai berkembang sejak Covid merebak di awal tahun 2020 silam, disusul dengan tren Work From Home (WFH) atau kerja remote jarak jauh.

 

3. Tren Kerja Remote 2024

  • Tren kerja remote sendiri mulai menjadi pilihan kerja alternatif sejak awal Covid meledak di tahun 2020 dan diperkirakan masih akan terus berlanjut.
  • Data statistik menunjukan bahwa pencarian lowongan kerja remote meroket sejak thn 2019-2021 hingga mencapai 460%. Thn 2021 tren kerja remote naik mencapai 42% dan diperkirakan masih akan bertumbuh hingga 81% di thn 2024.
  • Survei menunjukan sebanyak 57% karyawan mengaku akan meninggalkan pekerjaan mereka saat ini jika perusahaan tidak menawarkan opsi kerja remote tersebut kepada mereka.
  • Sebanyak 72% diantara mereka yang selama ini mengerjakan kerja remote dari rumah masih tetap menginginkan pekerjaan tersebut setidaknya 2 kali dalam seminggu dan sebanyak 82% mengaku ingin tetap mempertahankan WFH setidaknya 1 kali dalam seminggu – Sementara di Amerika Serikat tercatat sebanyak 71% karyawan justeru berniat berhenti dari pekerjaan tetap mereka dan menjadi pekerja freelance di tahun 2023.

 

4. Tren Pekerja 2024

Efek Covid masih sangat terasa hingga saat ini di tengah gelombang PHK di Amerika, namun saat ini tampaknya kebanyakan diantara karyawan sudah tidak ragu-ragu lagi untuk mencari pekerjaan alternatif. Data statistik menunjukan:

  • Sepanjang tahun 2023, sekitar 61% karyawan sudah mempertimbangkan untuk meninggalkan pekerjaan lamanya.
  • Sekitar 46% karyawan sudah berniat untuk banting setir mengubah bidang dan karir mereka pada 6 bulan pertama tahun 2023.
  • Tren umum yang terjadi, kaum muda cenderung berani untuk mengubah pekerjaan dan karir mereka.
  • 21% karyawan yang berusia diantara 40-49 thn sudah mempertimbangkan untuk banting setir mengubah pekerjaan mereka – Sementara bagi karyawan yang lebih tua menunjukan hanya sekitar 12% diantara mereka yang berusia 50 thn keatas belum cukup berani dan masih mempertimbangkan untuk mengubah karir mereka.

 

30 Tren Bisnis 2024 dan Peluangnya

5. Tren Pertumbuhan Pekerjaan di Amerika

Meski kondisi ekonomi masih belum stabil stabil sekarang namun setidaknya ada 8 jenis profesi yang diprediksikan akan terus mengalami pertumbuhan tercepat sejak tahun 2021 hingga tahun 2031 antara lain:

  • Profesi Perawat naik sampai dengan 46%
  • Teknisi perawatan turbin angin naik 44%
  • Data scientist naik 36%
  • Analis keamanan cyber bertumbuh 35%
  • Web Developer bertumbuh 30%
  • Manajer pelayanan medis dan kesehatan 28%
  • Asisten dokter bertumbuh 28%
  • Pemasang fotovoltaik tenaga surya naik 27%

 

6. Sustainability Business Trends 2024

Catatan penting yang perlu digaris-bawahi pada tren bisnis  2024 adalah pada sektor tren bisnis yang berkelanjutan serta permintaan pasar yang berubah akibat dampak perubahan iklim global, perang Rusia-Ukraina, konflik Israel-Palestina di jalur Gaza dll yang menggangu rantai pasokan pangan global.

  • Sebanyak 87% perusahaan besar berencana akan meningkatkan investasi mereka untuk bisnis berkelanjutan terkait. Itu juga dipengaruhi oleh kepedulian konsumen terhadap isu-isu global yang mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli, misalnya terhadap produk atau barang-barang yang ramah lingkungan, eco green, bisa di daur ulang dsb.
  • Industri pertambangan dan layanan kesehatan yang ramah lingkungan menduduki peringkat teratas investasi
  • Sekitar 43% perusahaan memutuskan untuk berinvestasi pada sektor keamanan rantai pasokan di tahun 2023.
  • Sementara 39% lainnya berminat untuk berinvestasi dalam bidang new supply chain technology dan perawatannya.

 

Diprediksikan masih akan banyak terjadi perubahan yang cukup signifikan pada tren bisnis 2024 yang akan segera kita masuki. So, meski research tren bisnis 2024 ini dilakukan di Amerika, namun secara umum perubahan-perubahan tersebut juga akan terjadi secara global.

Thomas Alva Edison pernah mengatakan: “Opportunity is missed by most people because it is dressed in overalls and looks like work”. Tanpa kejelian melihat peluang bisnis ada banyak sekali kesempatan yang terlewatkan begitu saja hanya karena peluang tersebut pada umumnya memang terlihat seperti pekerjaan biasa saja bagi kebanyakan orang.

Maka jika Anda adalah pengusaha yang jeli melihat peluang, tidak ada salahnya amati, lakukan kajian dan analisa sektor mana saja yang terkait dengan bisnis dan usaha Anda saat ini. Tren bisnis 2024 ini juga bisa dijadikan referensi untuk langkah berikutnya. Misalnya jika Anda bergerak dalam bidang ekspor-impor, pelajari dan analisa lebih lanjut produk/jasa sektor apa saja yang bakal bak alan banyak di cari orang atau komoditi unggulan lainnya yang bakal menjadi primadona. 

So, jangan lupa ikuti terus lanjutan 30 tren bisnis 2024 berikutnya disini

 

 

5.0
Rated 5.0 out of 5
5.0 out of 5 stars (based on 5 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

Video marketing Youtube

Rated 5.0 out of 5
September 7, 2023

Video marketing di Youtube paling efektif untuk jualan, kita bisa dapatkan pembeli dari mana saja. Saya beberapa kali mendapatkan pembeli dari luar negeri dari Youtube

Iis Sudaryanti
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

betul sekali kak, bikin video marketing di Youtube, biaya murah, promosi jalan terus Non Stop selamanya

Terima kasih infonya Min

Rated 5.0 out of 5
September 6, 2023

Cara mendapatkan leads memang gampang-gampang susah, kadang-kadang walaupun dikasih gratis tetap susah

Adi Kurniawan
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

Dari pengalaman kami, sebenarnya kalau audiens tsb memang membutuhkan produk atau jasa kita, suatu saat bakal jadi konversi kok. Poinnya pahami dahulu apa yang mereka butuhkan

Mana lanjutan artikel tren bisnis 2024

Rated 5.0 out of 5
January 25, 2024

Lanjutan artikelnya mana bro, masak dari 30 tren bisnis 2024, baru 6 yang di bahas, sisanya mana?

Dony Kurniawan

Sambungannya mana?

Rated 5.0 out of 5
January 4, 2024

Bagus sih, sayang infonya belum tuntas, di tunggu kelanjutannya mas bro 👍

Jaya

Ijin share ya ke teman-teman ya pak

Rated 5.0 out of 5
October 9, 2023

Informasi seperti ini yang dibutuhkan banyak orang pak. Sudah hampir 1 tahun update konten, boro-boro ada yang beli, yang tanya saja nggak ada sampai strees jadinya

Suprianto
×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?