Fenomena bahwa kenapa orang kaya semakin kaya dan orang miskin makin miskin merupakan fenomena yang sudah lama terjadi di dunia. Ini fakta dan alasannya:

Menurut laporan lembaga nirlaba Oxfam yang dilaporkan dalam World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland pada tahun 2020 silam. Fakta dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kekayaan dari 2.153 deretan orang tajir di seluruh dunia, memiliki angka nominal yang jauh lebih besar dibandingkan total kekayaan 4,6 miliar orang di seluruh dunia.

Alasan kenapa orang kaya semakin kaya

Suka atau tidak suka ada banyak alasan rasional yang menyebabkan fenomena ketimpangan sosial ini terjadi di seluruh dunia. Sebaliknya ini juga salah satu alasan mengapa orang miskin susah kaya. 5 alasan rasional dibawah ini menjelaskan dengan gamblang alur kenapa orang kaya semakin kaya – Sementara yang miskin justeru cenderung semakin miskin.

Fakta Kenapa Orang Kaya Semakin Kaya

Ketimpangan Struktural

Alasan yang paling dominan adalah ketimpangan struktural atau ketidak-setaraan yang terjadi dalam sistem ekonomi dan sosial di masyarakat. Ketimpangan ini biasa terjadi dalam berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat, seperti akses terhadap pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, sumber daya alam dll.

Ketimpangan struktural inilah yang mendorong kenapa orang kaya semakin kaya. Mereka yang berasal dari keluarga kaya memiliki akses, sumber daya dan peluang yang tak terbatas dari lingkungannya. Sementara sebaliknya, orang miskin akan cenderung menjadi semakin miskin karena mereka tidak memiliki akses tersebut. Sulit untuk bisa mengembangkan diri karena sangat terbatasnya peluang dan kesempatan

Maka untuk memutar-balikan persoalan yang kompleks kenapa orang kaya semakin kaya dan orang miskin cenderung menjadi semakin sulit bisa keluar dari kemiskinan. Diperlukan upaya keras untuk mengurangi ketimpangan struktural yang bukan hanya melibatkan pemerintah, swasta dan masyarakat – Namun yang terpenting adalah kemauan kuat dari setiap individu untuk berusaha keras keluar dari kemiskinan, Ini bisa dilakukan melalui berbagai cara, antara lain:

  • Peningkatan akses terhadap pendidikan dan kesehatan. Pendidikan dan kesehatan merupakan kunci untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing masyarakat. Mereka yang berpendidikan dan sehat akan memiliki kesempatan dan peluang kerja yang lebih baik lagi untuk membuat mereka mampu menghasilkan pendapatan yang tinggi.
  • Penciptaan lapangan kerja yang layak dan tersebar merata. Lapangan kerja yang layak dan tersebar merata akan mampu memberikan pendapatan yang baik bagi masyarakat. Bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun bisa memperbaiki kualitas hidup keluarganya.
  • Redistribusi kekayaan dan sumber daya. Redistribusi kekayaan dan sumber daya dapat dilakukan melalui berbagai instrumen, seperti pajak, subsidi, dan program bantuan sosial yang tepat.
  • Menciptakan iklim investasi yang kondusif dan bermanfaat bagi masyarakat lokal.
  • Mendorong pengembangan bisnis ukm untuk mampu memasuki persaingan global di era digital seperti sekarang.

 

Redistribusi kekayaan dan sumber daya

Bagi masyarakat yang berasal dari keluarga kaya, persoalan redistribusi kekayaan dan sumber daya tidak menjadi masalah, karena bisa di dapatkan dari warisan, dukungan moral dan materil dari keluarga serta network mereka. Ini salah satu alasan yang cukup signifikan kenapa orang kaya semakin kaya, berbanding terbalik dengan masyarakat yang berasal dari golongan miskin yang tidak memiliki semua hal tersebut.

Itu sebabnya pemerintah perlu melakukan upaya redistribusi kekayaan dan sumber daya kepada masyarakat miskin. Ini bisa dilakukan melalui berbagai instrumen dan kebijakan, seperti pajak, subsidi, atau melalui program sosial yang tepat untuk memberdayakan masyarakat.

  • Pajak yang digunakan untuk membiayai program sosial adalah bentuk redistribusi kekayaan dan sumber daya, seperti subsidi pendidikan, kesehatan perumahan dll.
  • Subsidi diberikan dengan tujuan untuk mengurangi beban pengeluaran bagi masyarakat miskin, sehingga mereka diharapkan bisa menabung, misalnya untuk modal usaha, kredit kepemilikan rumah dsb untuk peningkatan kualitas hidup rakyat.
  • Peningkatan keterampilan dan keahlian akan bisa memacu kreativitas dan memicu pertumbuhan lapangan kerja baru di masyarakat
  • Redistribusi kekayaan dan sumber daya dapat membantu mengurangi ketimpangan struktural, tetapi perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan efek samping yang negatif, seperti menghambat pertumbuhan ekonomi.
  • Mendorong perbankan pemerintah dan badan usaha pemerintah lainnya membuka akses keuangan yang lebih luas kepada masyarakat dan umkm untuk pembiayaan usaha mikro.

 

Mindset

Secara psikologis mereka yang kaya sebelumnya telah berpengalaman mengalami banyak tekanan, sehingga membentuk pola berpikir mereka berbeda dari kebanyakan orang. Belum lagi ruang lingkup pergaulan sosial telah mengasah intuisi dan pola pikir mereka.

Contoh gampang; bagi mereka yang berasal dari kalangan orang kaya/pengusaha dan biasa bergaul dengan kalangan pengusaha lainnya, mereka umumnya punya intuisi bisnis yang tinggi dan memiliki cara pandang “Out of the Box”. Mindset Out of the Box ini juga salah satu faktor yang berpengaruh signifikan kenapa orang kaya semakin kaya. Mindset ini telah melatih mereka setiap kali terjadi masalah; mereka “Fokus pada Solusi, bukan pada Masalahnya”.

Misalnya, fenomena ledakan lanjut usia bisa jadi peluang usaha baru bagi mereka yang sudah terlatih intuisi bisnisnya – Namun bagi orang miskin mereka tidak bisa berpikir sejauh itu akibat keterbatasan informasi, begitu juga dengan waktu, tenaga dan pikirannya yang sudah terkuras habis untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka. Itu pula salah satu fakta dan alasan mengapa orang miskin susah kaya. Bagi mereka yang berasal dari lingkungan miskin, pengalaman hidup mengajarkan mereka; “Saat menghadapi masalah, mereka justeru berkutat pada masalahnya”.

 

Networking

Menurut data, faktor yang paling dominan menyebabkan orang miskin menjadi kaya adalah networking atau modal sosial. Networking adalah kemampuan atau skill seorang individu untuk membangun dan memelihara hubungannya dengan orang lain. Alasan pertama kenapa orang kaya semakin kaya; umumnya mereka yang berasal dari kalangan keluarga kaya biasanya bergaul dengan kelompok sesama orang kaya juga, atau kelompok orang yang punya pengaruh kuat. Disinilah awal mula terjalinnya komunikasi, sharing informasi tentang bisnis, peluang usaha baru dll, hingga akhirnya meningkat menjadi hubungan bisnis

Networking menjawab alasan dibalik fakta kenapa orang kaya semakin kaya! Menjalin networking yang kuat akan sangat membantu mereka yang miskin untuk bisa mendapatkan peluang. Ini tak akan terjadi jika mereka tidak memiliki koneksi dengan orang-orang yang potensial dan menjalin hubungan baik dengan mereka.

Di Indonesia ada banyak sekali contoh yang bisa menjelaskan kenapa orang kaya semakin kaya dari networking mereka. Mereka yang awalnya miskin bisa merubah nasibnya dengan cepat karena mampu memelihara dan menjalin networking dengan baik. Sebut saja Andi Syamsuddin Arsyad atau yang dikenal sebagai Haji Isam, konglomerat baru dari Kalimantan. Mantan buruh serabutan dan sopir truk yang sukses membangun bisnisnya dalam waktu singkat. Bahkan kekayaannya kini sudah mencapai triliunan rupiah.

5 Fakta Kenapa Orang Kaya Semakin Kaya

Contoh lain misalnya Bob Sadino yang lahir dari keluarga sederhana. Pernah menjadi sopir truk dan tukang batu sebelum akhirnya menjadi pengusaha sukses. Bob Sadino berhasil membangun jaringan yang luas dengan berbagai kalangan, dari para pejabat hingga pengusaha. Bantuan dari lingkungan network inilah yang sangat berperan membantunya untuk mendapatkan kepercayaan, pinjaman modal dsb.

Industri Kreatif

Perkembangan teknologi, ai dan industri kreatif telah membuka banyak peluang bisnis baru yang tidak pernah ada sebelumnya. Ini faktanya kenapa orang kaya semakin kaya. Mereka mampu melihat peluang dan mengembangkannya! Meski sebenarnya peluang-peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, termasuk orang miskin, misalnya antara lain:

  • Membuka Industri Kreatif seperti dalam bidang media dan hiburan, desain, fashion, karya seni dsb.
  • Peluang usaha di bidang teknologi. Peluang bisnis di bidang teknologi masih terbuka luas untuk berbagai macam sektor, seperti menjadi pengembang aplikasi, perangkat lunak, cloud computing dll
  • Peluang bisnis digital juga punya peluang tak terbatas, misalnya membuka e-commerce baru, membuka Tiktok Shop dan TikTok Affiliate
  • Terbukanya profesi dan peluang usaha baru menjadi youtuber, influencer, podcaster, vlogger dll

Fakta lain yang membuktikan kenapa orang kaya semakin kaya misalnya pada saat pandemi Covid lalu telah membuka perspektif yang berbeda bagi sebagian orang kaya. Saat bisnis mereka collaps, mereka tidak terjebak fokus pada kesulitannya – Namun justeru fokus pada pencarian solusi peluang bisnis baru, sebab pada prinsipnya semua problem pasti ada solusinya. Fakta menunjukan bahwa selama pandemi ada ribuan orang kaya baru yang jeli memanfaatkan peluang dalam kesulitan.

Misalnya banyak perusahaan baru yang mendadak sukses. Dari mulai pemasok alat kesehatan, perlengkapan medis seperti penyedia tes PCR, pemasok peralatan swab antigen, tes anti body, penyedia jasa online, jasa pelatihan online, sampai ke pengusaha baru cafe dan restoran outdoor dan 1001 peluang bisnis lainnya.

Mau ikutan sukses dalam industri kreatif namun nggak tahu caranya? Silahkan hubungi kami, klik tanda chat WA di bawah ini:

chat konsultan digital marketing admin

So, jangan terpaku pada fakta kenapa orang kaya semakin kaya? Namun fokuslah pada bagaimana caranya Anda mengembangkan usaha yang memberikan solusi bagi banyak orang. Jangan menjual fitur tapi juallah benefit, jeli melihat peluang dan bisa memanfaatkannya untuk menjadi kaya, karena ini akan memperkaya pengalaman dan juga semakin membuka banyak perspektif baru untuk terus menjadi semakin kaya.

Semuanya harus di mulai dari mindset dan langkah awal yang tepat, itulah faktanya kenapa orang kaya semakin kaya. Jika ingin kaya, pelajari fakta kenapa orang kaya semakin kaya! Jangan membenci atau menyalahkan bisnis mereka, tapi cobalah amati, tiru dan modifikasi (ATM) faktor apa saja yang bisa membuat mereka berhasil.

Ini adalah cara termudah untuk menjadi kaya. Belajar mencari solusi atas setiap kesulitan yang di alami oleh banyak orang dengan mengamati, meniru dan memodifikasi apa saja yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain – Dan apa saja yang belum dilakukan oleh mereka, itu kata kuncinya!

 

 

5.0
Rated 5.0 out of 5
5.0 out of 5 stars (based on 5 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

Video marketing Youtube

Rated 5.0 out of 5
September 7, 2023

Video marketing di Youtube paling efektif untuk jualan, kita bisa dapatkan pembeli dari mana saja. Saya beberapa kali mendapatkan pembeli dari luar negeri dari Youtube

Iis Sudaryanti
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

betul sekali kak, bikin video marketing di Youtube, biaya murah, promosi jalan terus Non Stop selamanya

Terima kasih infonya Min

Rated 5.0 out of 5
September 6, 2023

Cara mendapatkan leads memang gampang-gampang susah, kadang-kadang walaupun dikasih gratis tetap susah

Adi Kurniawan
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

Dari pengalaman kami, sebenarnya kalau audiens tsb memang membutuhkan produk atau jasa kita, suatu saat bakal jadi konversi kok. Poinnya pahami dahulu apa yang mereka butuhkan

Mana lanjutan artikel tren bisnis 2024

Rated 5.0 out of 5
January 25, 2024

Lanjutan artikelnya mana bro, masak dari 30 tren bisnis 2024, baru 6 yang di bahas, sisanya mana?

Dony Kurniawan

Sambungannya mana?

Rated 5.0 out of 5
January 4, 2024

Bagus sih, sayang infonya belum tuntas, di tunggu kelanjutannya mas bro 👍

Jaya

Ijin share ya ke teman-teman ya pak

Rated 5.0 out of 5
October 9, 2023

Informasi seperti ini yang dibutuhkan banyak orang pak. Sudah hampir 1 tahun update konten, boro-boro ada yang beli, yang tanya saja nggak ada sampai strees jadinya

Suprianto

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?