Bosan kerja? Mau punya bisnis yang cepat sukses? Ini 12 jenis usaha yang tidak pernah sepi pembeli. Transformasikan ke pemasaran digital dijamin lebih sukses.

Punya bisnis sudah lama tapi nggak juga maju? Ingin resign tapi masih bingung menentukan apa saja jenis usaha yang tidak pernah sepi pembeli? Setelah membaca artikel peluang usaha ini, di jamin mindset bisnis Anda akan bisa lebih tajam lagi.

12 Jenis Usaha yang Tidak Pernah Sepi

Jangan khawatir, seketat apapun persaingan, peluang usaha masih tetap terbuka lebar. Membuka warung sembako, menjual bahan baku makanan, bahan baku industri, makanan matang, obat, perlengkapan bayi dan anak, kosmetik, perlengkapan rumah tangga, menjual alat transportasi dll.

Transformasikan bisnis tradisional Anda ke pamasaran digital marketing. Manfaatkan digital marketing bagi bisnis semaksimal mungkin untuk menjangkau pelanggan sebanyak mungkin. Mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama bisnis Anda akan lebih cepat berkembang dibandingkan pebisnis tradisional lainnya.

Berikut ini beberapa jenis usaha yang tidak pernah sepi pembeli yang bisa setiap saat Anda transformasikan ke digital marketing.

 

1. Menjual barang kebutuhan hidup setiap hari

Warung sembako adalah usaha yang tidak pernah sepi pembeli, karena menjual barang kebutuhan hidup sehari-hari yang dibutuhkan semua orang. Namun, persaingan bisnis warung sembako kini semakin ketat, ini membutuhkan strategi dan pendekatan yang tepat, antara lain:

  • Lokasi Strategis

Pilihlah lokasi yang strategis dimana disekeliling lokasi sudah banyak kompleks perumahan

  • Produk Lengkap

Usahakan semua item barang yang umum, semuanya tersedia, meskipun stoknya sedikit tapi tersedia.

  • Pelayanan Ramah

Apapun bisnis Anda, faktor komunikasi dan pelayanan pelanggan adalah kunci sukses semua bisnis.

  • Promosi Rutin

Rencanakan promosi rutin, sama seperti apa yang dilakukan oleh Indomaret, Alfa dll. Hanya bedanya Anda tidak perlu mencetak brosur yg membutuhkan biaya besar, cukup dengan mencetak spanduk kecil yang ongkosnya mungkin hanya puluhan ribu saja, lalu pasang di depan warung.

  • Layanan Antar

Menyediakan layanan antar adalah value added plus dari usaha Anda. Silahkan buktikan sendiri, warung sembako yang menyediakan layanan antar, pasti pelanggannya akan terus bertambah secara konsisten. Jangan lupa, secara psikologis kebanyakan orang yang merasa dilayani dengan baik akan cenderung menjadi pelanggan tetap Anda.

  • Strategi Digital Marketing

Anda tidak perlu membuat strategi pemasaran digital marketing yang mungkin ribet bagi pemula. Cukup buatlah website sederhana sebagai etalase online toko sembako Anda. Dengan website, jumlah pelanggan baru pasti akan terus bertambah.

Maksimalkan WhatsApp Marketing. Anda pasti belum pernah membaca ide ini sebelumnya. Triknya gampang, jika pelanggan ingin order, arahkan ke website yang mencantumkan no Whatsapp Anda. Umumkan di website ada grup whatsapp khusus toko sembako Anda.

Undang pelanggan untuk bergabung misalnya dengan memberikan spesial diskon untuk harga member grup WA, bonus atau apa saja yang menarik. Ini akan menjadi database pelanggan Anda yang terukur dan bisa di follow up untuk penawaran produk baru dsb.

Setelah pesanan di antar, mintalah review dari pelanggan Anda di whatsapp, lalu screenshot dan upload ke website. Ini akan menjadi preferensi yang bagus bagi calon pelanggan baru.

Daripada posting yang tidak jelas, manfaatkanlah network pertemanan di Facebook dan Instagram sebagai sarana sosial media marketing warung sembako Anda. Lakukan pertemanana terutama bagi mereka yang lokasinya berdekatan, ini untuk pertumbuhan pelanggan baru yang lebih luas lagi jangkauannya.

Siapkan sistem pembayaran online, bisa dengan layanan QRIS, Gopay, Dana atau e-wallet lainnya, dan masih banyak lagi keuntungan menggunakan pemasaran digital dibandingkan dengan sistem penjualan tradisional. Prinsipnya kemudahan bertransaksi akan menumbuhkan loyalitas pelanggan.

Legalkan warung sembako Anda dengan badan hukum. Cukup dirikan saja PT Perorangan untuk membuka akses permodalan dari bank, pinjaman KUR dll yang suatu saat pasti akan Anda butuhkan untuk pengembangan usaha.

Dengan mengikuti trend pemasaran digital melalui website, sosmed, memiliki badan usaha, punya pencatatan keuangan yang baik dll – Di jamin, pengucuran kredit perbankan akan menjadi lebih mudah. Sebab apa yang sudah warung sembako Anda lakukan menjadi catatan khusus dan poin plus-plus bagi perbankan.

Segera legalkan dan transformasikan warung sembako Anda ke digital marketing sebelum banyak pesaing! Anda tinggal terima beres, kami sudah menyediakan paket lengkap Website, Hosting, Domain dan Email Marketing untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi. Klik gambar chats Whatsapp dibawah ini untuk menghubungi kami.

chat konsultan digital marketing admin

2. Menjual Bahan Mentah atau Bahan Baku Makanan

Mensuplai bahan baku makanan seperti menjual tepung terigu, tepung tapioka, minyak goreng, kedelai, suplai rempah-rempah, ayam potong, daging dan termasuk juga hasil bumi, seperti pisang, kelapa parut dll. Ini juga salah satu jenis usaha yang tidak pernah sepi pembeli.

Jenis usaha ini punya market yang spesifik dan lebih stabil. Selain persaingannya tidak terlalu ketat, jenis usaha seperti ini juga lebih mudah di ukur pertumbuhan bisnisnya. 

Tips strategi pemasaran menjual bahan baku mentah makanan:

  • Sumber tangan pertama

Bagi pemula yang ingin menjual bahan baku makanan mentah, sangat penting untuk mencari sumber bahan baku dari tangan pertama, atau setidaknya memiliki sumber dari supplier besar. Bisnis ini juga termasuk usaha yang tidak pernah sepi pembeli gaes, karena fokus pada pertumbuhan omset, melayani produsen skala UMKM – Dimana tentu saja profit marginnya relatif lebih tipis dibandingkan dengan menjual secara eceran.

  • Strategi pemasaran agresif

Jenis usaha yang tidak pernah sepi pembeli ini bisa menjalankan semua strategi pemasaran umum yang sudah dipaparkan di atas dengan lebih agresif lagi. Mengapa demikian? Untuk mengejar omset dengan margin yang tipis tentu saja membutuhkan jumlah pelanggan yang cukup dengan kuantitas pembelian yang besar.

  • Penguatan digital marketing

Bagi Anda yang selama ini menjalankannya secara konvensional, sekarang sudah saatnya transformasi ke digital marketing. Lihat penjelasan dasarnya di artikel ini >>> Persaingan Bisnis Tradisional vs Digital Marketing

  • Pahami Keyword Produk terkait 

Pahami semua keyword yang terkait dengan produk Anda lalu lakukan promosi yang lebih agresif melalui website dan sosial medai – Yakinlah, promosi dengan keyword yang tepat akan memudahkan produk Anda ditemukan oleh para produsen di internet. Bahkan bukan mustahil suatu saat Anda akan dihubungi bukan saja oleh UKM produsen makanan, namun juga bisa mengekspor komoditi produk Anda.

Entah itu, suatu saat akan ada eksportir lokal yang menghubungi Anda, atau malah Anda sendiri yang mengeskpor karena dihubungi oleh buyer dari luar yang menemukan produk Anda dari internet. Inilah manfaat digital marketing bagi bisnis karena dengan menjalankan semua proses pemasaran digital. Itu artinya Anda meninggalkan banyak foot print yang suatu saat pasti akan ditemukan oleh pelaku bisnis terkait.

Jenis Usaha yang Tidak Pernah Sepi Pembeli

3. Menjual Bahan Baku Industri

Menjadi pemasok atau supplier bahan baku industri juga jenis usaha yang tidak pernah sepi dari pembeli selama industri yang di pasok masih terus berjalan. Misal menjadi supplier kakao untuk pabrik coklat, pemasok batu damar atau gum damar untuk pabrik cat, vernish, biji kopi dll.

Bisnis menjadi pemasok atau pengepul komoditi seperti ini strateginya juga hampir sama dengan menjual bahan baku makanan. Agar punya daya saing tinggi, usahakan mencari sumbernya dari tangan pertama, baru anda jual atau distribusikan kembali – Supply dan demand jenis bisnis ini cenderung relatif stabil. Fluktuasinya tidak terlalu tinggi, kecuali beberapa komoditi tertentu yang di ekspor ke luar negeri, seperti kakao atau karet yang harganya selalu bergejolak setiap hari di bursa komoditi.

4. Menjual Peralatan Rumah Tangga 

Bisnis menjual peralatan rumah tangga juga jenis usaha yang tidak pernah sepi, nggak ada matinya. Setiap saat selalu ada saja yang mencari, bisnis ini juga kerapkali mengalami lonjakan drastis pada waktu-waktu tertentu. Misalnya menjelang hari raya Lebaran, toko yang menjual peralatan rumah tangga biasanya mengalami kenaikan omset yang cukup signifikan.

5. Menjual Alat Transportasi

Menjadi dealer atau menjual alat transportasi juga sektor usaha yang tidak pernah sepi, meskipun persaingannya semakin hari semakin ketat akibat globalisasi perdagangan dunia. Contoh; persaingan dealer mobil, motor serta showroom mobil dan motor semakin terasa berat saat ini.

Puluhan merek mobil baru dari China yang lebih murah dengan fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan merek mobil Jepang mendadak bermunculan membanjiri pasar, pengaruh trend mode, serta belum lagi terjadinya shifting business pergeseran bisnis otomotif juga tengah terjadi saat ini. Dari semual mobil yang menggunakan BBM mengalami perubahan trend besar-besaran, berpindah ke mobil listrik. 

Di lapangan, ribuan salesman mobil merek-merek baru kelimpungan. Tidak tahu bagaimana cara menjual mobil baru dengan cepat di internet karena mereka tidak tahu bagaimana cara mencari prospek mobil di Google. Tidak paham bagaimana mengolah data di Google Trends seputar topik otomotif yang bisa dikembangkan untuk mendapatkan leads premium. Di tambah lagi karena tidak menguasai product knowledge, masih buta dengan psikologi pasar dan 1001 problem lainnya.

12 Jenis Usaha yang Tidak Pernah Sepi Pembeli

6. Menjual Kosmetik

Bisnis kosmetika juga usaha yang tidak pernah sepi pembeli, karena naluri alamiah dan psikologis setiap wanita pada dasarnya ingin tampil cantik dan berbeda dari yang lain. Bisnis ini juga nggak ada matinya dari hulu ke hilir – Yang membedakan hanyanyah segmen dan daya beli. Tua-muda, besar-kecil, kaya-miskin semuanya ingin selalu tampil cantik sebisa mungkin.

7. Menjual Perlengkapan Bayi dan Anak

Menjual perlengkapan bayi dan anak juga termasuk usaha yang tidak pernah sepi pembeli. Jangan heran, sebab pada dasarnya naluri semua orang tua selalu berusaha untuk mencukupi kebutuhan anak-anak mereka. Terlebih lagi di daerah perkotaan, keuntungan dan omset bisnis jenis ini sungguh menggiurkan.

8. Menjual Pakaian Dalam

Bisnis pakaian dalam juga jenis termasuk usaha yang tidak pernah sepi, bahkan bisnis ini pasarnya selalu meningkat sepanjang tahun, mengikuti angka pertumbuhan penduduk. Pasalnya, pakaian dalam adalah kebutuhan yang di pakai oleh semua orang dan semua usia. Dimana setiap orang minimal mempunyai 2 bh pakaian dalam. Untuk yang dipakai sekarang dan untuk cadangan.

9. Menjual Busana

Busana juga bagian dari jenis bisnis yang terus berkembang sepanjang tahun. Namun perkembangannya sangat dinamis mengikuti tren mode.

10. Menjual Obat

Pada dasarnya semua orang ingin hidup sehat, kalau bisa tidak ada seorangpun yang ingin mengalami sakit. Menjual obat adalah menjual harapan bagi semua orang untuk terbebas dari sakit. Bukan itu saja, margin keuntungan berjualan obat juga jauh lebih besar dibandingkan menjual bahan pangan atau bahan kebutuhan hidup setiap hari.

11. Menjual Makanan Matang

Khususnya di daerah yang padat penduduk atau di perkotaan, pusat bisnis, pusat perkantoran dsb dengan penduduk yang heterogen dan multi kultur. Menjual makanan matang, dari mulai membuka warung nasi sederhana sampai membuka restoran besar bisa menjadi solusi usaha yang tidak pernah sepi pembeli, tinggal disesuaikan saja dengan target dan daya beli setempat. 

12. Toko Material Bahan Bangunan 

Jenis usaha yang tidak pernah sepi pembeli berikutnya adalah membuka toko material. Dari mulai di kota-kota kecil sampai ke kota kosmopolitan, bisnis yang satu ini pasarnya juga selalu meningkat. Bisnis ini bisa menjadi salah satu bisnis favorit bagi mereka yang tidak terlalu berani mengambil resiko saat memutuskan untuk terjun ke bisnis. Faktanya memang sangat jarang sekali ada toko material yang mengalami kebangkrutan jika di kelola dengan baik.

Semoga artikel dalam konteks usaha yang tidak pernah sepi pembeli ini bisa membuka wawasan bagi Anda yang ingin memulai usaha. Ingat, saat mulai membuka usaha baru jangan terlalu berandai-andai, memikirkan semua kesulitan di kepala sendiri, takut gagal dsb.

Prinsipnya semua kesulitan bisnis baru akan datang saat kita sudah memulainya, namun yang terpenting; semua kesulitan pasti ada jalan keluarnya. Selama kita fokus pada tujuan dan gigih, pantang menyerah. Ingin tahu banyak jenis usaha yang tidak pernah sepi ? Silahkan klik tanda lonceng merah subscribe di pojok kiri bawah biar nggak ketinggalan info.

Terima kasih, jika bermanfaat dan bisa mengisnpirasi, silahkan di share ke sosial media Anda.

 

 

5.0
Rated 5.0 out of 5
5.0 out of 5 stars (based on 3 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

Video marketing Youtube

Rated 5.0 out of 5
September 7, 2023

Video marketing di Youtube paling efektif untuk jualan, kita bisa dapatkan pembeli dari mana saja. Saya beberapa kali mendapatkan pembeli dari luar negeri dari Youtube

Iis Sudaryanti
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

betul sekali kak, bikin video marketing di Youtube, biaya murah, promosi jalan terus Non Stop selamanya

Terima kasih infonya Min

Rated 5.0 out of 5
September 6, 2023

Cara mendapatkan leads memang gampang-gampang susah, kadang-kadang walaupun dikasih gratis tetap susah

Adi Kurniawan
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

Dari pengalaman kami, sebenarnya kalau audiens tsb memang membutuhkan produk atau jasa kita, suatu saat bakal jadi konversi kok. Poinnya pahami dahulu apa yang mereka butuhkan

Ijin share ya ke teman-teman ya pak

Rated 5.0 out of 5
October 9, 2023

Informasi seperti ini yang dibutuhkan banyak orang pak. Sudah hampir 1 tahun update konten, boro-boro ada yang beli, yang tanya saja nggak ada sampai strees jadinya

Suprianto

 

Summary
Ini 12 Jenis Usaha yang Tidak Pernah Sepi Pembeli, Gaes
Description
Bosan kerja? Mau punya bisnis yang cepat sukses? Ini 12 jenis usaha yang tidak pernah sepi pembeli. Transformasikan ke pemasaran digital dijamin lebih sukses.
Author
Publisher Name
PT Digital Solution Market
Publisher Logo
×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?