Bangun personality yang kuat, kepercayaan, demonstrasi produk, tangani cepat keluhan pelanggan untuk bisa memenangkan persaingan bisnis dengan digital marketing

Bagi Anda pemilik bisnis tradisional. Tidak ada salahnya ikuti 5 tips ini agar bisa menang dalam persaingan bisnis melawan serbuan digital marketing dijaman serba digital seperti sekarang.

 

5 Tips Cara Memenangkan Persaingan Bisnis

Sehebat apapun strategi pemasaran digital marketing diluar sana akan sangat sulit  bisa menang dalam persaingan bisnis melawan Anda sebagai pemilik bisnis tradisional – Jika Anda konsisten membangun pendekatan psikologis yang intens kepada semua konsumen.

Menangkan Persaingan Bisnis Lewat Personality

Tips bisnis pertama; Bangunlah Personality serta attitude positif yang kuat dengan semua calon konsumen maupun pelanggan Anda. Dengan behavior, gesture, personal touch, serta keramahan yang tidak kelihatan dibuat-buat akan mudah membangun kedekatan emosi secara langsung dengan konsumen. Ini kelemahan yang tidak bisa dilakukan dengan pendekatan digital marketing.

Pasalnya hampir semua proses digital marketing dikerjakan dengan menggunakan beragam marketing tools yang dikerjakan secara otomatis tanpa komunikasi langsung yang melibatkan emosi. Sementara membangun kedekatan emosi secara personal adalah inti dan keunggulan terbesar dalam penjualan tradisional.

5 Tips Persaingan Bisnis Tradisional vs Digital Marketing

Ini salah satu poin penting bagaimana bisnis tradisional bisa memenangkan persaingan bisnis melawan digital marketing. Dalam bisnis tradisional membangun kedekatan emosi bisa mudah diciptakan lewat interaksi serta komunikasi secara langsung antara penjual dan pembeli. Interaksi personal ini sangat membantu untuk membangun kepercayaan dan relationship yang kuat dengan pelanggan.

Strategi personality ini memungkinkan penjual untuk memahami apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan mereka serta memiliki preferensi pelanggan yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan penjelasan dan saran secara langsung.

Disamping itu, dengan kedekatan emosional yang kuat, pada umumnya pelanggan akan dengan senang hati mereferensikan bisnis Anda kepada teman atau kolega mereka.

Chat Whatsapp Admin

Cara Menangkan Persaingan Bisnis dengan Demonstrasi Produk

Saat berkomunikasi intens dengan calon konsumen, pemilik bisnis tradisional memiliki banyak kesempatan untuk mendemonstrasikan produk atau layanan mereka secara langsung. Calon konsumen bisa melihat, menyentuh, merasakan sendiri atau bahkan mencoba langsung produk/layanan yang ditawarkan, sebelum mereka memutuskan untuk membeli.

Demonstrasi produk akan sangat membantu untuk meyakinkan calon konsumen terhadap kualitas dan manfaat produk atau layanan yang ditawarkan. Secara psikologis, saat emosi mereka sudah tersentuh ini akan sangat mempengaruhi sekali keputusan mereka untuk membeli.

Persaingan bisnis akan lebih mudah dimenangkan dengan mendemonstrasikan produk secara langsung kepada konsumen terlebih lagi bila yang didemonstrasikan adalah produk fisik. Ini yang sulit dilakukan dengan proses digital marketing.

Cepat Tanggap Terhadap Keluhan

Setelah membangun kedekatan personal, tips bisnis berikutnya untuk memenangkan persaingan bisnis melawan strategi pemasaran pemasaran digital marketing adalah adalah soal respon dan kecepatan menangani keluhan atau komplain pelanggan.

Dalam bisnis tradisional, saat pelanggan memiliki keluhan, mereka akan menyampaikan keluhannya secara langsung kepada penjual – Segera respon dan selesaikan keluhan mereka dengan cepat. Dampaknya bukan hanya meningkatkan kepercayaan ekstra kepada pelanggan. Ini akan meningkatkan loyalitas serta brand awareness bagi pelanggan tanpa biaya.

 

Menangkan Persaingan Bisnis Dengan Kesan Pertama

Pernah dengar istilah “Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama?” Berikan kesan humble, ramah dan murah senyum kepada semua calon konsumen. Jangan lupa kesan pertama akan langsung menyentuh emosi mereka, entah itu kesan baik, apalagi memberikan kesan yang buruk, jangan harap konsumen mau membeli sesuatu dari Anda.

Memberikan kesan pertama yang menyenangkan akan sulit dilupakan oleh konsumen Anda – Email atau bahkan copywriting marketing yang paling bagus-pun tidak akan bisa menyaingi kesan pertama Anda yang menyenangkan hati konsumen.

Mengelola Konsumen Lokal

Keuntungan menggunakan pemasaran digital akan menjangkau pelanggan jauh lebih banyak lagi dan bahkan nyaris tanpa batas – Namun disisi lain, salah satu faktor penunjang suksesnya bisnis tradisional yang sulit dilakukan lewat pola pemasaran digital marketing yang sarat dengan teknologi namun tanpa sentuhan personal. Bisnis tradisional bisa lebih fleksibel mengelola konsumen lokal lewat pendekatan personal.

Konsumen lokal secara emosional akan lebih mudah diikat untuk menjadi pelanggan setia. Faktor proximity seperti, tinggal di kota yang sama, kedekatan lokasi, ikatan kekerabatan dll secara psikologis akan mendekatkan Anda sebagai pemilik bisnis dengan konsumen lokal. Di kota-kota kecil yang masih memegang ikatan kekerabatan yang kuat, jelas terlihat itu. Misalnya seorang pemilik toko yang mengenal semua pelanggannya, dan terjalin keakraban diantara penjual dan pembeli.

Inilah kelebihan bisnis tradisional yang lebih mudah untuk mengelola konsumen lokal. Feedbacknya, semua konsumen yang puas akan dengan senang hati mereferensikan bisnis Anda kepada teman atau kerabat mereka. Kuncinya adalah attitude, kemampuan untuk melakukan pendekatan secara psikologis, emosional, dan mampu mengelola referensi dari teman, keluarga, kerabat dll.

Jadi bagi Anda pemilik bisnis tradisional tidak perlu berkecil hati dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini. Masih banyak sekali aspek positif dari bisnis tradisional yang bisa dikelola dengan baik. Selain itu pula tidak ada salahnya Anda juga mau untuk mau memulai belajar digital marketing karena memang sudah menjadi tuntutan jaman pada saat ini.

Chat Whatsapp Admin

Bagaimana pendapat Anda artikel tentang persaingan bisnis tradisional vs digital marketing ini? Silahkan share di Sosial Media Anda barangkali bisa bermanfaat bagi yang lainnya. Terima Kasih 🙏 

Baca artikel terkait lainnya:

Ini 8 Strategi Pemasaran Digital Marketing

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?