Jika Anda tidak bisa jualan tanpa iklan, website sepi, tidak ada tlp/whatsapp masuk dll. Itu tandanya Anda butuh pertolongan Jasa Konsultan Digital Marketing!

7 tanda-tanda di bawah ini adalah pertanda kalau bisnis Anda sedang mengarah ke arah kolaps tanpa Anda sadari dan membutuhkan bantuan jasa konsultan digital marketing untuk bisa bangkit kembali. Namun pertanyaannya sebelum Anda menggunakan jasa mereka, tanyakanlah terlebih dahulu kepada diri sendiri, apakah Anda sendiri sadar tengah menghadapi situasi bisnis yang stagnan seperti ini?

7 Tanda Bisnis Anda Butuh Jasa Konsultan Digital Marketing

7 Sinyal Serius Anda Butuh Jasa Konsultan Digital Marketing

Berikut ini adalah tanda-tanda signifikan yang menunjukan bahwa sebenarnya proses digital marketing Anda sama sekali tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau bisa jadi juga strategi digital marketing Anda salah sasaran. Dengan kata lain, sebenarnya produk atau jasa yang selama ini Anda jual lewat pemasaran digital tersebut sesungguhnya tidak banyak diketahui orang di dunia maya. Jadi Anda sebenarnya selama ini tidak merasakan keuntungan menggunakan pemasaran digital.

Website Anda tidak worth it, dibandingkan dengan semua effort yang sudah dikerjakan, walaupun mungkin website tersebut sudah Anda miliki selama bertahun-tahun namun tidak menghasilkan transaksi yang memadai. Berikut ini adalah sinyal serius yang menunjukan bahwa Anda membutuhkan jasa konsultan digital marketing untuk membenahinya, antara lain:

Tidak Ada yang Menghubungi

Jika setiap hari tidak ada orang yang menghubungi Anda dari no tlp atau whatsapp yang Anda cantumkan di website. Atau mungkin dalam seminggu hanya ada 2-3 orang yang menanyakan tentang produk atau jasa yang Anda jual. Ini artinya Anda tidak memahami bagaimana cara mendapatkan leads premium yang potensial.

Sepi Pengunjung

Pengunjung harian website Anda sepi. Kalau pengunjung website saja sepi, bagaimana mungkin ada yang bertanya? Sebab rumusnya; setiap pengunjung adalah prospek, maka semakin banyak pengunjung = semakin banyak prospek. Dari sekian ratus atau ribuan prospek tersebut, setidaknya menghasilkan 10 s/d 40% leads premium atau calon konsumen yang tertarik untuk membeli. Atau setidaknya mereka akan bertanya-tanya dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Dari sekian banyak leads yang bertanya, setidaknya akan bisa menghasilkan 5-20% transaksi. Ini rasio konversi pembelian namanya.

Jualan Hanya Dari Iklan

Website Anda hanya bisa menghasilkan penjualan cuma pada saat memasang iklan, namun begitu iklan di stop, maka saat itu juga tidak ada satupun pengunjung yang datang mengunjungi website Anda.

Pertumbuhan Pelanggan

Pelanggan Anda sejak dahulu cuma yang itu-itu saja orangnya. Ini idem seperti diatas, artinya jika tidak ada penambahan pelanggan, bagaimana mungkin publik mengenal produk Anda? Atau kemungkinan besar bahkan website Anda pun mungkin tidak kelihatan ketika di cari di Google. Jika demikian, itu artinya Anda harus belajar memahami apa itu search engine marketing dan copywriting marketing untuk mendongkrak penjualan serta pertumbuhan pelanggan. 

Hanya Bisa Jualan di Sosmed

Selama ini penjualan hanya terjadi lewat sosial media – Dengan kata lain proses pemasaran digital Anda hanya berjalan lewat sosial media channel. Padahal ada multi channel yang bisa dimanfaatkan, seperti melalui search engine misalnya. Pahami apa saja perbedaan SEO dan SEM untuk membuat strategi pemasaran digital marketing yang berkesinambungan. 

Benefitnya, dalam jangka panjang pelanggan Anda akan terus bertumbuh dari hasil pencarian keyword organik produk atau jasa yang Anda tawarkan di Google (SERP) tanpa harus mengeluarkan biaya iklan lagi.

Omni Channel Marketing

Bingung, mau menggunakan platform sosial media apa saja? Teknik pemasaran digitalnya seperti apa? Apakah dengan menggunakan metode video marketing atau sosial media marketing? Tidak paham bagaimana cara mengoptimasi setiap halaman website, analisis iklan online, atau tidak memahami analisis data.

Menggunakan Multi Channel atau Omni Channel Marketing adalah solusinya untuk meraih dan membangun interaksi dengan pelanggan. Jika mau dilakukan dengan biaya murah dan terpisah gunakanlah Multi Channel Marketing. Namun jika ingin terintegrasi dan terkoordinasi dengan baik, mintalah jasa konsultan digital marketing yang Anda sewa untuk mengintegrasikan sekaligus menjalankan strategi Omni Channel Marketing Anda. Tentunya harus bersedia merogoh kocek lebih dalam lagi.   

Tidak Paham Keyword

Faktanya, 9 dari 10 orang seller yang berjualan melalui sosial media, tidak tahu apa itu keyword? Apa saja jenis-jenis keyword yang efektif untuk jualan tentunya berbeda dengan keyword yang digunakan untuk branding atau mengedukasi calon konsumen dsb. Paling top mereka hanya memahami hashtag# di Instagram.

Padahal memahami apa saja jenis keyword yang efektif adalah kunci utama untuk bisa sukses dalam digital marketing secara keseluruhan. Menguasai sosial media tapi tidak menguasai SEO dan SEM juga akan timpang jalannya, karena tidak semua produk bisa di jual lewat sosial media. Disamping itu platform sosial media bukanlah mesin pencari, artinya ketika konsumen mencari produk Anda di sosmed, mereka akan kesulitan untuk menemukannya. 

Jangan heran, karena sosial media memang bukan mesin pencari. Platform sosial media di desain khusus untuk membangun interaksi diantara penggunanya, bukan dibuat untuk mencari informasi. Maka tentu saja pendekatan dan strategi pemasaran digital marketing yang akan digunakan tentu saja berbeda.

 

Butuh Jasa Konsultan Digital Marketing? Silahkan klik chat Whatsapp di bawah ini

Chat Whatsapp Admin

Apa Tugas Konsultan Digital Marketing?

Jika proses digital marketing Anda tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Tentu saja target semua target Anda tidak pernah tercapai, seperti misalnya; target penjualan, target pertumbuhan pelanggan, atau keterlibatan pengunjung yang diinginkan. Ini tandanya strategi pemasaran digital Anda tidak efektif. Inilah tugas jasa konsultan digital marketing untuk menganalisisnya. Mapping mengidentifikasi masalah, dan memberikan saran serta solusi yang tepat untuk mencapai target penjualan Anda.

Contoh: Misalkan Anda memiliki toko online yang belum mencapai tingkat penjualan yang diharapkan. Jasa Konsultan digital marketing dapat melakukan audit total serta mengidentifikasinya. Bisa saja ternyata selama ini meskipun sudah bertahun-tahun namun website Anda ternyata tidak seo friendly. Atau mungkin iklan online Anda tidak menghasilkan hasil yang memuaskan. Dengan bantuan konsultan, Anda dapat mengoptimalkan semua strategi yang bisa dijalankan, dari mulai strategi SEO, meningkatkan kualitas iklan, atau bahkan menjalankan kampanye pemasaran yang lebih efektif lagi.

Poin 1 s/d poin 5 diatas menunjukan kecenderungan hal itu, bahwa fungsi Search Engine Optimization atau SEO di website Anda tidak berjalan, karena tidak mendatangkan pencarian organik yang berasal dari mesin pencari Google. Itu baru dari sisi SEO, belum lagi persoalan struktur website, schema, isi konten yang membingungkan dll. Ini akan kelihatan ketika dilakukan audit total terhadap website Anda.

Jika Anda tidak memiliki keahlian secara teknis maupun setidaknya memiliki pengalaman dalam pemasaran digital, bingung tentang platform dan teknik pemasaran digital seperti media sosial, iklan online, optimisasi mesin pencari, atau analisis data, maka bantuan jasa konsultan digital marketing akan sangat berharga. Mereka memiliki pengetahuan yang mendalam tentang tren dan strategi pemasaran terkini yang dapat membantu memaksimalkan penjualan Anda.

Anda Butuh Jasa Konsultan Digital Marketing

Atau contoh lain; misalkan Anda memiliki bisnis tradisional makanan kecil-kecilan dan tidak memiliki pengalaman dalam pemasaran digital. Sudah menjadi tugas jasa konsultan digital marketing untuk membantu Anda memahami platform dan karakter masing-masing sosial media marketing sebagai tempat yang tepat untuk bisnis Anda.

Jasa konsultan digital marketing yang Anda sewa akan membuat marketing landscape dari A sampai Z beserta strateginya. Berupa konten yang menarik, analisis data untuk memahami perilaku pelanggan. Dengan bantuan konsultan, Anda bisa membangun brand serta engagement yang jauh lebih kuat untuk menarik banyak pelanggan baru.

Setidaknya ada 5 tugas utama jasa konsultan digital marketing yang bertugas mendongkrak dan mengakselerasi bisnis Anda bisa lebih cepat berkembang, agar sebagai pengusaha Anda bisa lebih fokus pada manajemen pengembangan usaha. 

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?