Boleh percaya boleh nggak, ini 15 alasan mengapa orang miskin susah kaya! Rubahlah habits, attitude, mindset dan psikologis Anda. Siapapun pasti bisa kaya!

 

Mengapa Orang Miskin Susah Kaya?

Pertanyaan ini telah lama menjadi perdebatan masyarakat. Ada yang berpendapat bahwa mengapa orang miskin susah kaya disebabkan karena faktor genetik, lingkungan, atau bahkan kemauan kuat mereka sendiri.

Berikut ini adalah rangkuman dari data dan kajian psikologis 15 alasan mengapa orang miskin susah kaya. Gambaran umum, meski mereka telah bekerja keras seumur hidup namun kenyataannya masih tetap hidup dalam kemiskinan.

ini 15 alasan mengapa orang miskin susah kaya

 

1. Faktor Genetik

Penelitian dalam jurnal The American Journal of Physical Anthropology tahun 2019 menemukan hasil yang cukup mengundang kontroversi, alasan mengapa orang miskin susah kaya? Studi menemukan bahwa status sosial ekonomi yang lebih rendah dikaitkan dengan tingkat metilasi DNA (DNAm) – Sebuah tanda Epigenetik utama yang berpotensi membentuk ekspresi gen – di lebih dari 2.500 lokasi, pada lebih dari 1.500 gen. Dengan kata lain, kemiskinan berdampak pada hampir 10 persen gen yang ada di dalam genom.

Dimana secara epigentik; perilaku, habits serta kebiasaan seseorang mempengaruhi dan mengubah cara kerja gen, namun demikian hal itu tidak merubah struktur genetik manusia itu sendiri. Berbagai penelitian dan studi Epigenetik lain juga menunjukan ada korelasi kuat pengaruh DNA terhadap kesuksesan manusia. 

 

2. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga berperan penting dalam kesuksesan seseorang. Contoh sederhana; mereka yang berasal dari keluarga miskin sering kali tumbuh di lingkungan yang kurang mendukung kesuksesan finansial. Lingkungan tersebut bisa berupa lingkungan, kumpulan dari orang-orang pesimis akibat kemiskinan menahun, cenderung melakukan kekerasan, kejahatan dll.

Faktor pengaruh lingkungan dan pergaulan sangat mempengaruhi attitude positif dalam bisnis bagi seseorang, lingkungan yang baik akan membentuk attitude yang baik pula. Pola pikir dan perilaku yang demikian tidak mendukung kesuksesan finansial mereka. Ini juga alasan yang rasional mengapa orang miskin susah kaya? Sebab habits dan attitudenya mudah dipengaruhi oleh lingkungan disekitarnya.

 

3. Akses Pendidikan

Pendidikan juga faktor penting untuk bisa sukses. Orang yang berasal dari keluarga miskin umumnya punya akses yang sangat terbatas ke pendidikan yang berkualitas. Ini menghambat wawasan, cara pandang, mindset pola berpikir mereka untuk terus mengembangkan keterampilan serta knowledge yang dibutuhkan untuk menggapai kesuksesan.

 

4. Modal Sosial

Faktor kurangnya modal sosial juga menjadi penyebab mengapa orang miskin susah kaya. Ini karena jaringan hubungan sosial dan network mereka yang sangat terbatas. Padahal dengan membuka network yang lebih luas semua orang sebenarnya bisa mengakses informasi, namun dengan memiliki modal sosial yang kuat mereka akan lebih mudah untuk mendapatkan dukungan dari network mereka, serta mencari peluang yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan.

ini 15 alasan mengapa orang miskin susah kaya tanpa kemauan kuat untuk berubah

5. Faktor Budaya

Faktor budaya juga ikut menentukan mengapa orang miskin susah kaya. Alasannya, mereka yang berasal dari keluarga miskin sulit mendapatkan dukungan untuk menjadi sukses, banyak faktor budaya yang menghalanginya. Misalnya ada pameo dimasyarakat bahwa kesuksesan tergantung pada garis tangan. Dengan kata lain secara psikologis penekanannya pada nilai-nilai keberuntungan, nasib, dan kemurahan hati dibandingakn dengan melakukan kerja cerdas dan kerja keras, seperti perencanaan yang matang, menabung untuk berinvestasi dll.

 

6. Faktor psikologis

Faktor psikologis sangat berperan dalam menentukan kekayaan seseorang. Secara umum bagi mereka yang berasal dari keluarga miskin, mereka sering kali memiliki pola pikir dan perilaku yang tidak mendukung kesuksesan finansial. Pola pikir tersebut dapat berupa pesimisme, rasa takut akan kegagalan, dan ketidak-beranian mengambil resiko. Ini berbanding terbalik dengan mereka yang berasal dari lingkungan keluarga kaya yang pada umumnya lebih optimistis, bahkan cenderung over confident.

 

7. Pengaruh Stres

Alasan berikutnya mengapa orang miskin susah kaya adalah karena tekanan stres yang berkepanjangan pada persoalan finansial. Dimana pada akhirnya akan mengganggu kemampuan mereka untuk berpikir jernih dan membuat keputusan yang tepat. Di samping itu Stres juga bisa menyebabkan banyak menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan pada akhirnya ke mental. Inilah yang bisa menghambat kesuksesan finansial kelak.

 

8. Faktor Diskriminasi

Pada umumnya mereka yang berasal dari keluarga miskin juga kerapkali mengalami diskriminasi di berbagai bidang, seperti misalnya pendidikan, pekerjaan, dan akses ke layanan keuangan. Berbagai perlakuan diskriminatif inilah yang pada akhirnya menghambat karir serta mempengaruhi mental mereka untuk bisa sukses.

 

9. Faktor Ketidak-adilan Sosial

Ketidak-adilan sosial, seperti korupsi dan ketidak-setaraan ekonomi, akan semakin mempersulit bagi mereka yang berasal dari keluarga miskin untuk menjadi kaya. Akibat ketidak-adilan sosial ini mereka sulit untuk bisa mendapatkan kesempatan pendidikan, pekerjaan, serta peluang yang dibutuhkan untuk bisa sukses.

 

10. Faktor keberuntungan

Konon keberuntungan juga memainkan peran dalam menentukan kekayaan seseorang. Secara umum mereka yang berasal dari lingkungan miskin memiliki peluang yang kecil dan sangat terbatas untuk bisa mendapatkan keberuntungan serta bagaimana kesiapan mereka untuk memanfaatkan keberuntungan tersebut, dibandingkan dengan mereka yang berasal dari keluarga kaya.

 

11. Faktor kemauan

Faktor kemauan adalah salah satu faktor terpenting untuk bisa mencapai kesuksesan finansial. Mereka yang berasal dari keluarga miskin harus memiliki kemauan yang sangat kuat untuk bisa keluar dari kemiskinan mereka selama ini dan mencapai kesuksesan finansial.

 

12. Kerja Keras & Kerja Cerdas

Kombinasi kerja cerdas dan kerja keras adalah faktor penting untuk menggapai kesuksesan. Mengkolaborasikan semua sumber daya, data, strategi dan membangun kerja sama tim yang kuat. Ini yang biasa dilakukan oleh mereka yang berasal dari kalangan keluarga kaya – Sementara yang berasal dari keluarga miskin saat membangun bisnis umumnya cenderung one man show. Semata-mata hanya mengandalkan kerja keras secara fisik sehingga sulit untuk bisa menambah kekayaannya.

 

13. Perencanaan

Alasan logis berikutnya mengapa orang miskin susah kaya, sebab pada umumnya hidup mereka mengalir begitu saja. Tidak punya perencanaan akibat tekanan ekonomi. Padahal kesuksesan tidak pernah datang tiba-tiba. Sukses perlu perencanaan matang, mengekseskusi perencanaan secara konsisten step by step dll untuk mencapai goal yang diharapkan.

 

14. Tabungan dan Investasi

Tabungan juga merupakan faktor penting. Mereka yang berasal dari keluarga miskin sulit untuk bisa menabung, menyisihkan sebagian dari pendapatan mereka untuk diinvestasikan. Ini juga faktor yang cukup dominan penyebab mengapa orang miskin susah kaya. 

Di masa sekarang menurut Robert Kiyosaki, investor dan penulis buku best seller “Rich Dad Poor Dad” adalah ‘Guncangan Seismik di abad 21’ dimana bagi kaum miskin akan lebih mustahil lagi untuk bisa menjadi kaya. Ini akibat tren inflasi yang permanen dan tekanan ekonomi yang sistematis. Bagi yang miskin jangankan bisa berinvestasi atau melakukan bisnis. Sepanjang hidupnya, mereka disibukkan hanya untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang terus meningkat. Tanpa kreativitas, inovasi dan kemauan kuat akan sangat sulit untuk bisa sukses.

ini 15 alasan mengapa orang miskin susah kaya tanpa kemauan kuat

15. Bantuan dari Lingkungan

Faktor bantuan dari orang lain juga ikut berperan dalam membantu bagi mereka yang berasal dari keluarga miskin untuk bisa menjadi kaya. Bantuan tersebut bisa saja berupa bantuan pendidikan, pelatihan, atau bahkan juga bantuan modal usaha pada saat mereka benar-benar membutuhkannya.

 

Tentu saja semua hal di atas bukanlah faktor mutlak alasan mengapa orang miskin susah kaya, sebab di era digital saat ini semua kesempatan terbuka lebar. Pameo lama, mengapa orang miskin susah kaya, sudah tidak berlaku lagi. Siapapun bisa saja sukses selama mereka memiliki kemauan keras serta memiliki kreativitas yang tinggi, bisa memanfaatkan teknologi, mengakses semua informasi dan peluang yang sebelumnya sulit bisa dijangkau.

Dengan mentransformasikan diri mengikuti perubahan jaman yang radikal seperti sekarang, siapapun bisa beradaptasi, belajar beragam keterampilan baru yang diperlukan dari A sampai Z. Kuncinya, rubahlah mindset menjadi “Out of the Box”, jangan berhenti mencari peluang usaha baru, manfaatkanlah sosial media semaksimal mungkin, belajar digital marketing, pahami apa itu copywriting? Belajar SEO, pahami fungsi Google sebagai mesin pencari dan apa itu search engine marketing? Terapkan strategi pemasaran digital marketing yang efektif, dan jangan lupa pula gunakan marketing tools yang tepat untuk mempermudah prosesnya.

Tidak mudah memang, namun juga tidak terlalu sulit, yang terpenting jangan berpikir instan tapi fokuslah pada goal, lakukan perencanaan dan segera di eksekusi step by step. Ini bisa di mulai dengan membangun jaringan, ikut memasarkan produk atau jasa milik orang lain dari tradisional market, lalu transformasikan ke digital marketing dengan pasar yang tanpa batas.

So, jika artikel ini menurut Anda bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lain, barangkali saja mereka lebih membutuhkannya – Dan jika Anda ingin  belajar digital marketing untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. Klik ikon whatsapp di bawah ini.

chat konsultan digital marketing admin

 

 

5.0
Rated 5.0 out of 5
5.0 out of 5 stars (based on 5 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

Video marketing Youtube

Rated 5.0 out of 5
September 7, 2023

Video marketing di Youtube paling efektif untuk jualan, kita bisa dapatkan pembeli dari mana saja. Saya beberapa kali mendapatkan pembeli dari luar negeri dari Youtube

Iis Sudaryanti
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

betul sekali kak, bikin video marketing di Youtube, biaya murah, promosi jalan terus Non Stop selamanya

Terima kasih infonya Min

Rated 5.0 out of 5
September 6, 2023

Cara mendapatkan leads memang gampang-gampang susah, kadang-kadang walaupun dikasih gratis tetap susah

Adi Kurniawan
Verified

Response from Internet Marketing NO 1

Dari pengalaman kami, sebenarnya kalau audiens tsb memang membutuhkan produk atau jasa kita, suatu saat bakal jadi konversi kok. Poinnya pahami dahulu apa yang mereka butuhkan

Mana lanjutan artikel tren bisnis 2024

Rated 5.0 out of 5
January 25, 2024

Lanjutan artikelnya mana bro, masak dari 30 tren bisnis 2024, baru 6 yang di bahas, sisanya mana?

Dony Kurniawan

Sambungannya mana?

Rated 5.0 out of 5
January 4, 2024

Bagus sih, sayang infonya belum tuntas, di tunggu kelanjutannya mas bro 👍

Jaya

Ijin share ya ke teman-teman ya pak

Rated 5.0 out of 5
October 9, 2023

Informasi seperti ini yang dibutuhkan banyak orang pak. Sudah hampir 1 tahun update konten, boro-boro ada yang beli, yang tanya saja nggak ada sampai strees jadinya

Suprianto

 

 

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?