Apa manfaat website untuk bisnis? Sebagai sarana promosi, untuk jualan apa saja, branding, meluaskan pasar tanpa batas, kredibilitas bisnis & 1001 manfaat lain!

Anda mungkin tidak sadar bahwa sebenarnya manfaat website untuk bisnis UMKM sangat penting sekali. Bayangkan cukup dengan website plus foto produk, manfaat digital marketing bagi bisnis Anda langsung berjalan. Pada detik yang sama setelah dipublikasikan promosi akan langsung berjalan, menyebar di inernet. Disamping itu setiap saat Anda bisa mempromosikan produk, jasa atau jualan apapun dengan jangkauan pasar tanpa batas. Dengan website, profesionalitas serta bonafiditas bisnis Anda akan langsung meningkat di mata calon konsumen – Sekecil apapun usaha Anda tidak akan ada orang yang tahu, tapi di mata mereka bisnis Anda terlihat bonafide dan profesional. Dan yang terpenting, siapapun bisa menghasilkan uang kapan saja selama 24 jam non stop cuma dari jualan menggunakan website.

Ini 5 Manfaat Website Untuk Bisnis UKM

 

Apa saja manfaat website untuk bisnis UKM?

Di era pemasaran digital marketing seperti sekarang ini, sebenarnya banyak sekali manfaat website untuk bisnis apalagi UKM, dari mulai sebagai wadah untuk menjual barang/jasa non stop 24 jam tanpa batas, sebagai sarana dan media promosi, branding serta 1001 macam manfaat lainnya bagi bisnis. Namun secara garis besar kita batasi saja, setidaknya ada 5 manfaat website untuk bisnis. 

Manfaat Website untuk bisnis dari sisi jangkauan

Website sangat bermanfaat sekali bagi UKM untuk menjangkau akses pasar yang sangat luas, bahkan tanpa batas. Bukan hanya lokal di dalam 1 kota, namun bahkan menjangkau seluruh dunia, tergantung dari bahasa apa yang Anda gunakan. Bila website Anda memakai Bahasa Indonesia, itu artinya produk barang atau jasa yang Anda tawarkan bisa di akses ke seantero negeri oleh orang yang mencari informasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Namun jika website Anda menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya, jangkauan pemasaran website Anda akan jauh lebih luas lagi, bisa di akses oleh semua orang dari seluruh dunia yang menggunakan bahasa tersebut. Itu artinya Anda bukan hanya bermain di pasar lokal, namun juga bisa jualan ekspor ke mancanegara.

 

Sementara problem umum hampir semua UKM tradisional adalah jangkauan akses pemasaran mereka sangat sempit. Seluas apapun networknya, berapa banyak sih orang lain yang tahu bisnis mereka? Apakah ada 100 orang? 1000 orang atau sampai berapa ribu orang? Itupun hanya sebatas pada network dari mulut ke mulut, dan orang yang sudah mengenal mereka saja.

Sementara manfaat website untuk bisnis bukan hanya sebatas diketahui oleh network yang sudah ada saja, namun Anda bisa membangun jaringan network yang jauh lebih luas lagi, tanpa batas. Dari orang yang semula tidak mengenal bisnis Anda, lalu jadi tahu bisnis Anda, hingga akhirnya mereka menjadi pembeli Anda. Dengan website Anda bisa mengumpulkan leads prospek sebanyak mungkin tanpa batas. Manfaat digital marketing bagi bisnis sangat unpredictable, dan website adalah wadahnya. Ibarat bola salju, saat bergulir efeknya Anda tidak akan pernah tahu bisa sampai seberapa besar, atau hanya diam di tempat. Itu semua tergantung dari cara Anda mengelolanya.

Mau Bertanya Soal Website? Silahkan Klik Gambar di Bawah ini untuk Chat 

Chat Whatsapp Admin

 

Manfaat Website untuk bisnis dari sisi kredibilitas

Sebelum memiliki website orang lain bisa mengetahui seberapa besar atau kecilnya bisnis Anda, karena mereka adalah network Anda yang sedikit atau banyaknya sudah mengetahui siapa Anda dan bisnis Anda – Sementara dengan website, apalagi yang tampilannya terlihat elegan, pro. Kredibilitas bisnis Anda akan langsung meningkat  drastis, naik sampai puluhan kali lipat di mata calon konsumen.

Apa yang mereka lihat adalah tampilan website yang Eye-catching, dengan copywritting yang menarik, persuasif serta gambar-gambar yang cantik. Secara psikologis, visualisasi ini akan sangat mempengaruhi persepsi mereka terhadap bisnis Anda yang terlihat sangat profesional. Sekecil apapun bisnis Anda mereka tidak tahu bukan? Namun di mata publik bisnis Anda kelihatan profesional. Itu poin utama yang ke 2, manfaat website untuk bisnis dari sisi persepsi dan kredibilitas di mata publik.

 

Ini contoh sederhana, misalnya saat ini Anda saat adalah pemilik cafe atau restoran kecil yang belum punya website penjualan. Seberapa populer sih restoran Anda? Tapi coba lihat dan bayangkan, website restoran Anda seperti yang ada disini >>> 7 contoh website restoran terbaik keren. Apa yang Anda pikirkan? Cool bukan? Begitu pula persepsi orang lain terhadap bisnis Anda, kredibilitas restoran bukan hanya akan langsung meningkat, tapi jangkauan pemasarannya pun jadi sangat luas. Restoran Anda bisa menerima booking tempat atau pesanan online setiap saat dari mana saja dan jauh lebih banyak.

 

Manfaat Website untuk bisnis dari sisi transaksional

Dalam bisnis tradisional, seperti toko-toko tradisional misalnya, mungkin secara umum lebih dari 75% transaksi dilakukan secara face to face, atau bertatap muka langsung secara fisik. Konsumen lihat barangnya, cocok, kemudian meningkat jadi transaksi. Mereka bayar, bungkus, lalu bawa pulang, selesai.

Namun di jaman digital marketing seperti sekarang, pola transaksi seperti itu sudah berubah total. Dalam sistem transaksi marketing online semua pembeli harus membayar terlebih dahulu, barang dikirimkan menyusul. Penjual serba untung dan sama sekali tidak akan mungkin bisa rugi. Bahkan seandainya saat Anda kehabisan modal pun, uang yang sudah dibayarkan oleh pembeli bisa dipakai untuk membelanjakan barangnya, tanpa harus keluar modal!

Pembeli hanya melihat gambar produk, membaca deskripsinya kemudian bisa menghubungi via chat kontak Anda di website. Atau mereka langsung bayar melalui transfer, kartu kredit atau model payment gateway apa saja sesuai dengan keterangan pembayaran yang Anda cantumkan.

 

Manfaat Website untuk bisnis dari sisi promosi

Coba deh bayangkan; UKM bisa mempromosikan produk, barang/jasa mereka yang bisa di akses dari seluruh Indonesia, Gratis tanpa keluar biaya. Kecuali Anda beriklan di Google Ads, Facebook Ads, IG Ads dll. Sementara jaman dahulu sebelum ada internet, untuk iklan koran atau majalah ukuran 1 kolom yang hanya beberapa milimeter dan cuma bisa di isi dengan puluhan huruf saja Anda harus membayar mahal.

Ini manfaat website untuk bisnis yang ke 4. Poin utamanya, melalui website dengan mengoptimasi keyword produk secara tepat, siapapun bisa mempromosikan barangnya yang akan dilihat oleh ribuan orang dari Google, Gratis 100%. Tidak ada lagi cara promosi yang lebih efektif dan lebih efisien dibandingkan dengan cara promosi di era digital seperti sekarang ini!

 

Manfaat Website untuk bisnis dari sisi keuangan

Dengan berjualan melalui website, setiap saat Anda bisa menerima pembayaran, bahkan ketika Anda sedang tidur pun, pembeli akan mentransfer pembayarannya terlebih dahulu. Ini sebetulnya manfaat website untuk bisnis yang utama dan yang paling penting. Ujung-ujungnya adalah duit setelah melalui serangkaian proses panjang.

Dengan strategi pemasaran digital marketing yang tepat, seiring dengan waktu Anda akan bisa membangun ribuan atau bahkan puluhan ribu network baru melalui website. Popularitas brand atau produk Anda akan dikenal luas, bahkan setiap hari website Anda bisa saja akan menghasilkan transaksi tanpa batas. Dan itu berarti uang masuk!

Kalau sudah demikian, itu artinya bukan Anda yang mencari uang, tapi bisnis yang Anda promosikan melalui website itulah yang bekerja non stop menghasilkan uang untuk Anda!

 

Namun agar bisa mendapatkan semua manfaat website untuk bisnis yang bisa mendatangkan uang kapan saja, dan dimana saja, non stop 24 jam/hari, 365 hari setahun – Itu semua membutuhkan effort khusus, konsistensi serta perlu waktu dan penanganan yang serius. Dari mulai isi konten, SEO optimasi konten dan segala macam tetek bengeknya.

Mau Bikin Website? Silahkan Klik Gambar di Bawah ini untuk Chat 

Chat Whatsapp Admin

 

Bisnis UMKM Apa yang Membutuhkan Website?

Pada intinya semua UKM dalam bidang bisnis apapun membutuhkan website, untuk memperluas akses dan jangkauan pasar mereka. Tanpa website bagaimana mungkin orang bisa mengetahui produk barang atau jasa yang Anda jual?

Namun sayangnya secara data, masih sangat sedikit sekali UKM yang menggunakan website, belum semua bidang usaha. Misalnya antara lain

UKM bidang manufaktur. UKM bidang ini umumnya sudah terbiasa menggunakan website untuk memasarkan produk mereka di internet.

UKM bidang jasa, seperti jasa konsultasi, jasa keuangan, kursus dll. UKM yang menyediakan layanan jasa pada umumnya juga sudah melek teknologi dibandingkan dengan UKM bidang retail yang masih didominasi dengan model tradisional, seperti toko kelontong, para pedagang di pasar dll

UKM bidang fashion juga sangat perlu memiliki website untuk mempromosikan fashion mereka mengikuti pergerakan tren model yang sangat cepat sekali

Poin utamanya manfaat website untuk bisnis sangat tak terbatas untuk UKM bidang apa saja di jaman pemasaran digital seperti sekarang. Namun jika sampai detik ini Anda masih enggan memakai website dengan 1001 macam alasan, seperti gaptek dsb.

Percayalah, tanpa disadari bisnis Anda akan semakin sepi, kalah bersaing, satu per satu pelanggan akan meninggalkan Anda saat mereka menemukan bisnis lain di internet yang sejenis dengan bisnis Anda dan lebih profesional. Ingat, pembeli adalah Raja, mereka bisa bebas membeli dari penjual mana saja.

 

Masih nggak tahu apa manfaat website untuk bisnis?

Rubah paradigma dan mindset bisnis tradisional Anda, segera transformasikan bisnis tradisional Anda menjadi go digital. Perkembangan teknologi digital yang begitu pesat, jangan heran dalam waktu dekat akan merubah total semua sistem bisnis dan transaksi perdagangan. Segera lakukan perubahan sebelum terlambat.

Terima kasih, semoga bisa menginspirasi. Jika bermanfaat, silahkan bagikan link artikel ini kepada teman dan kerabat Anda

 

 

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?