Ide bisnis rumahan dan ide bisnis kreatif yang sederhana seperti jualan tahu sumedang, tahu isi, dll itu untungnya gede, bisa bikin kamu auto kaya lho.

Punya cita-cita ingin jadi pengusaha besar tapi nggak pernah kesampaian? Mau bisnis tapi selalu kepentok modal? Sebenarnya itu semua cuma alasan klise bagi orang yang cuma bisa berkhayal ingin sukses tapi nggak mau memulai usaha dari yang terkecil. Alasannya gengsi serta 1001 alasan pembenaran lainnya.

Mengapa kamu nggak mau mencoba ide bisnis rumahan atau ide bisnis kreatif dari rumah lain yang diremehkan orang tapi faktanya bisa meraup cuan besar –  Padahal yang kamu perlu pikirkan hanya bagaimana cara melipat-gandakan omset bisnis kuliner untuk ditransformasikan menjadi bisnis online dengan potensi tanpa batas.

Ini 2 Ide Bisnis Rumahan Auto Kaya Jadi Ide Bisnis Kreatif

Ide Bisnis Rumahan Auto Cuan Besar

Berikut ini hanya sekedar contoh jangan pernah meremehkan ide bisnis rumahan meski sekecil apapun bisnis tersebut. Cobalah melihat dari perspektif yang berbeda – Jangan melihat bisnisnya yang saat ini masih kecil, tapi lihatlah prosentase keuntungannya yang besar!

Contoh Ide Bisnis Rumahan Jualan Tahu Isi Auto Kaya!

Ini namanya ide bisnis modal kecil kreatif menjual camilan yang bisa dijalankan oleh siapa saja dari rumah. Siapa sangka kalau cuma  jualan tahu isi saja ternyata bisa meraup keuntungan minimal 6-10 juta rupiah per hari? Nggak percaya? Cobalah mampir ke daerah Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Disana ada puluhan toko penjual tahu isi bakso, oleh-oleh khas Semarang.

Ide bisnis rumahan auto kaya

Salah satunya yang paling terkenal adalah Tahu Baxo Ibu Pudji yang kini telah memiliki 5 outlet yang tersebar di sekitar Ungaran dan Semarang. Mereka sukses menjual sekitar 12.000 sampai 17.000 tahu bakso ludes setiap harinya.

Kamu bisa bayangkan sendiri jika per butir tahu baksonya memberikan keuntungan bersih Rp 500 rupiah saja, tinggal dikalikan 12.000 butir, hasil keuntungan bersihnya Rp 6 juta rupiah per hari. Itu baru keuntungan dari jualan tahu isi bakso, belum lagi dari makanan lainnya seperti, bakso atau otak-otak bandeng ciri khas brand mereka. Bayangkan, gaji Menteri Kabinet atau Direktur Utama saja masih kalah jauh jika dibandingkan dengan penghasilan keluarga Ibu Pudji.

Ide bisnis rumahan yang sederhana, tapi hasilnya sangat luar biasa. Apa masih menganggap sepele ide bisnis kreatif seperti ini? Pengalaman penulis sendiri saat berkunjung ke outletnya di Jl. Suprapto Ungaran, sejak pagi hari pembeli yang mengantri sudah bejibun. Itu baru dari 1 outlet miliknya, padahal ia memiliki 5 outlet yang semuanya rata-rata laris, menurut penuturan salah satu karyawannya.

Popularitas tahu baxo Ibu Pudji namanya semakin meroket setelah era sosial media dan internet, meski masih sederhana, namun ibu Pudji telah mentransformasikan bisnis tradisional mereka dengan menggunakan pemasaran digital melalui website penjualan, sosial media marketing serta memanfaatkan Google Bisnisku untuk persaingan bisnis lokal di Google Maps.

Jual Tahu Sumedang Auto Kaya!

Masih berangkat dari ide bisnis rumahan yang sederhana, ide bisnis kreatif yang satu ini adalah Tahu Palasari Sumedang di Kotakaler, Sumedang, Jawa Barat juga telah menuai kesuksesan dengan menjual ribuan tahu setiap harinya. Tahu Palasari Sumedang juga telah merasakan nikmatnya keuntungan menggunakan pemasaran digital melalui Google Bisnisku di Google Maps yang membuat brand mereka semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Nah itu hanya sekedar contoh bagaimana cara mewujudkan mimpi lewat ide bisnis kreatif, meskipun mungkin pada awalnya bisnis tersebut sangat kecil, namun yang mereka lihat adalah margin keuntungan produknya yang besar.

Ide Bisnis Rumahan Ide Bisnis Kreatif

Jadi perspektif dan mindset bisnisnya harus di putar balik 180 derajat – Lebih baik kamu memulai bisnis dari kecil-kecilan namun punya margin keuntungan yang besar, dan bisnis kuliner kreatif memungkinkan hal itu. Jadi meskipun persaingannya cukup ketat. Namun dengan  margin keuntungan produk yang relatif lebih besar, walupun omsetnya masih kecil tetapi setidaknya sudah bisa menutupi biaya operasional dan tidak rugi. Itulah poin pentingnya!

Di era digital marketing sekarang, tugas pokok sebagai pengusaha harus lebih fokus pada strategi pemasaran digital marketing yang sudah menjadi tuntutan jaman. Bukan soal apakah itu masih dalam tahapan persaingan bisnis tradisional atau moderen. Strategi pemasaran digital marketing adalah solusinya untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.

Poin penting lainnya adalah; jangan menyepelekan ide bisnis rumahan atau jika Anda memiliki ide bisnis kreatif sekecil apapun itu, apalagi jika itu ide bisnis rumahan yang tidak membutuhkan modal besar. Jangan kebanyakan mikir tapi segeralah di eksekusi menjadi kenyataan.

Kaisar Romawi di abad ke dua, Markus Aurelius pernah mengatakan: “Begin – to begin is half the work, let half still remain; again begin this, and thou wilt have finished” atau dalam terjemahan bebasnya bisa diartikan; pada saat memulai suatu pekerjaan sesungguhnya kamu sudah menempuh setengah dari perjalanan. Biarkan setengahnya lagi masih tetap ada dan teruslah mulai lagi, maka kamu akan bisa menyelesaikannya.

So, jika bermanfaat silahkan di share ke sosial media kamu barangkali bisa menginspirasi orang lain, sebab inspirasi ide bisnis kreatif tidak harus dari ide-ide besar. Namun apakah inspirasi tersebut mau dijalankan dengan konsisten dan serius atau cuma disimpan di bawah bantal?

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?