Bagaimana caranya agar muncul di pencarian Google? Kamu wajib Instal 2 ekstensi Google Chrome gratis ini agar keyword blog kamu muncul di pencarian Google.

Bagi yang terkendala masalah budget, bagaimana caranya agar muncul di pencarian Google sebenarnya bisa saja memanfaatkan fungsi 2 ekstensi Google Chrome gratis; Ubersuggest dan SimiliarWeb untuk riset sebelum posting. Sebab 2 ekstensi Google Chrome gratis ini tak kalah fungsinya dengan seo tools premium.

Antara lain berfungsi untuk cek kompetitor, riset keyword dll, tinggal lakukan analisa yang teliti sebelum posting sangat berpeluang besar agar muncul di pencarian Google sesuai dengan target keyword yang di bidik. Ekstensi Google Chrome ini fungsinya sama dengan seo tools premium yang mahal untuk analisis.

 

Ini 2 Ekstensi Google Chrome Agar Muncul di Pencarian Google

Bagaimana Cara Agar Muncul di Pencarian Google?

Coba perhatikan dengan teliti apa saja parameter website lain hingga mereka bisa masuk halaman 1 Google? Ada banyak sekali cara agar muncul di pencarian Google. Salah satu caranya; bagi pengguna wordpress bisa saja menggunakan plugin WordPress SEO premium berbayar yang harganya memang cukup lumayan. Namun bagi pemula tentunya akan sangat berat jika belum-belum harus membeli seo tools premium bukan?

Solusinya, tinggal gunakan saja Ubersuggest dan SimiliarWeb. Gunakan kedua ekstensi Google Chrome gratis ini sebagai alat bantu atau seo tools kamu.

 

Kenapa blog saya tidak muncul di pencarian Google?

Pertanyaan kenapa blog saya tidak muncul di pencarian Google, biasanya terkait dengan beberapa faktor fundamental yang mendasar menurut panduan Google. Pertama terkait dengan Problem Persyaratan Teknis, kedua karena Persoalan Konten Berkualitas Rendah, ketiga karena Problem Desain Website atau template website yang mencegah Google untuk mengindeks website kamu.

 

Problem Persyaratan Teknis:

Terkait dengan persyaratan teknis hal-hal apa saja yang mendukung website agar muncul di pencarian Google. Ini biasanya terkait dengan sistem crawler Google, antara lain:

1. Masalah yang ditimbulkan dari server hosting yang sedang error atau sistem di dalam hostingnya sendiri memang tidak stabil atau kurang bagus. Jika itu problemnya, sebaiknya di ganti saja, klik disini >>> Hosting Terbaik di Indonesia yang kami rekomendasikan. Bagi pemula untuk mengetahui bagaimana sih cara memilih hosting yang bagus? Silahkan baca disini >>> 8 Kriteria web hosting terbaik

2. Permasalahan pada jaringan saat Googlebot meng-crawler untuk mengakses website kamu. Atau bisa jadi juga pada saat itu server sedang down atau error misalnya.

3. Kesalahan pada setting robot txt di website yang memblokir Googlebot untuk mengakses website. Akibatnya halaman posting kamu tidak bisa terindeks oleh Google atau mungkin juga akibat persoalan teknis lainnya.

 

Persoalan Konten Berkualitas Rendah

Persoalan konten berkualitas rendah adalah persoalan klasik bagi pemula, maka jawabannya juga klasik. Konten berkualitas rendah jangankan agar muncul di pencarian Google, bahkan mungkin Google pun ogah mengindeks halaman website kamu. Ini karena teknologi canggih sistem Artificial Intelligence (AI) di algoritthma Google mendeteksi bahwa konten website dianggap tidak layak agar muncul di pencarian Google.

Kategori konten berkualitas rendah yang terdeteksi oleh Google. Mungkin karena Google tidak memahami isi kontent tersebut, terdeteksi karena duplikat konten, hasil copy paste. Atau bisa juga konten hasil dari AI generate misalnya generate content di ChatGPT yang terdeteksi sebagai duplikat konten juga misalnya. Atau mungkin juga karena konten kamu dianggap tidak relevan dengan kueri yang di cari oleh pengguna. Hal-hal semacam ini yang menjadi salah satu penyebab mengapa konten blog kamu tidak muncul di pencarian Google.

 

Namun perlu dipahami juga bahwa parameter agar muncul di pencarian Google bukan cuma persoalan konten yang berkualitas saja. Masih banyak lagi persyaratan fundamental lainnya, seperti misalnya kamu tidak melanggar Kebijakan Spam Google, mematuhi praktek SEO yang benar dan mematuhi pedoman Google. Coba saja pelajari pedoman praktek SEO Google Developer disini >>> Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Untuk memahami panduan SEO dari Google setidaknya kamu juga harus memahami dasar-dasar seo. Misalnya bagaimana caranya merancang strategi SEO Silo. Untuk bisa memahami hal tersebut setidaknya kamu harus mengetahui bagaimana cara belajar seo yang benar. Teknik SEO seperti apa yang boleh dilakukan, dan apa saja yang tidak boleh dilakukan karena dianggap melanggar aturan Google misalnya.

Setelah menguasai semuanya, kamu akan bisa menguasai teknik jitu SEO, misalnya dengan memadukan metode link building dan content marketing dsb.

 

Problem Desain Website

Problem desain website ini umumnya akibat penggunaan JavaScript di template yang tidak kompatibel dengan Googlebot atau penggunaan JavaScript yang tidak perlu. Penggunaan JavaScript yang tidak kompatibel terkadang di template atau desain web terkadang justeru mencegah proses crawling Googlebot. Atau mengakibatkan proses render crawlingnya menjadi lama, error atau bahkan juga terputus di tengah jalan. Lihat gambar dibawah ini; 3 fase bagaimana Googlebot memproses aplikasi JavaScript untuk mengindeks halaman website agar muncul di pencarian Google.

 

Problem desain website karena java script

 

Cara agar blog bisa muncul di pencarian Google

Dengan menggunakan ekstensi Google Chrome gratis UberSuggest kamu akan lebih mudah menganalisa agar keyword target muncul di pencarian Google. Dari data yang ditunjukan ekstensi Chrome tersebut bisa di analisa, barangkali saja keyword yang digunakan persaingannya terlalu ketat. Target keyword utama yang salah, domain authority yang kurang, optimasi SEO yang lemah, konten yang dianggap tidak relevan, stuffing keyword, melakukan spam backlink dll.

Daripada kamu melanggar pedoman SEO Google, coba lakukan sebaliknya, misalkan:

 

1. Buatlah konten informasi yang bermanfaat, berkualitas dan menarik. Jangan lupa keseluruhan isi konten juga harus relevan dengan target keywordnya. Sesuai dengan informasi atau kueri yang ingin dicari oleh pengguna. Sebab konten yang baik dan bermanfaat akan mudah di deteksi oleh algorithma Google. Dan yang pasti, akan lebih disukai oleh pengunjung website kamu.

2. Optimasikan website dengan menerapkan teknik SEO yang baik, struktur permalink yang benar, struktur schema yang relevan.

3. Promosikan link konten website melalui sosial media, jangan melakukan spam link artikel di grup, Whatsapp spam dsb hanya semata-mata agar di baca oleh orang lain.

4. Lakukan blog commenting yang sopan dan relevan dengan isi konten yang kamu buat.

5. dll

Untuk itu kamu bisa gunakan kedua ekstensi Google Chrome gratis yang sudah disebutkan diatas, yaitu Ubersuggest dan Similiar Web. Tinggal di riset dan analisis lebih dalam lagi.

 

Fungsi Ekstensi Google Chrome dengan hasil pencarian di Google

Dari data-data yang disajikan oleh ekstensi Google Chrome gratis kamu bisa menganalisa berbagai faktor yang ikut menentukan hasil pencarian di Google. Contoh gampangnya, misalkan penggunaan keyword utama yang tingkat persaingannya tinggi biasanya di monopoli oleh website yang memiliki domain authority tinggi. Misalnya TLD domain Gov untuk instansi pemerintahan punya domain authority lebih tinggi dibandingkan dengan TLD Domain lainnya seperti .com, .net dll. Demikian pula untuk domain milik perusahaan besar yang konsisten mengupdate website mereka dengan konten-konten berkualitas setiap hari, akan banyak mendapatkan backlink referring domain dari pengguna.

Sebaliknya kamu bisa memilih topik-topik lain yang bermanfaat bagi banyak orang dengan pemilihan keyword yang persaingannya tidak terlalu berat. Jika kontennya bagus, otomatis akan banyak pengguna yang memberikan referring backlinks ke website kamu. Ini sangat bermanfaat untuk menaikan score otoritas domain menjadi lebih tinggi dan mendukung proses SEO agar muncul di pencarian Google dengan lebih mudah.

Meski demikian, jangan lantas kecil hati. Sebab website biasa juga sebenarnya bisa saja bersaing agar muncul di pencarian Google sesuai dengan target kata kunci yang kamu targetkan. Asalkan mau rajin update konten yang menarik, berkualitas dan bermanfaat dengan menggunakan teknik seo yang benar.

Dengan mempelajari serta menganalisa data dari kedua ekstensi Google Chrome gratis tersebut kamu bisa mengetahui sebenarnya parameter apa saja yang mendukung proses seo. Gunakan itu untuk menaikan trafik secara konsisten – Dimana pada akhirnya nanti otomatis akan mendorong naiknya kata kunci atau keyword yang ditargetkan agar muncul di pencarian Google mudah 

Prinsipnya: semakin banyak mengupdate konten yang berkualitas dengan topik-topik yang menarik, akan berpotensi besar untuk menyedot banyak trafik, serta otomatis akan semakin menaikan popularitas dan domain authority kamu secara keseluruhan di mata mesin pencari Google.

 

Untuk mendapatkan ekstensi Google Chrome gratis tersebut silahkan download melalui link resminya, klik disini >>> Ekstensi Google Chrome Ubersuggest  atau klik gambar di bawah ini ke Google Play Store.

Fungsi Ekstensi Google Chrome dengan hasil pencarian di Google

Untuk download ekstensi Google Chrome gratis SimiliarWeb, klik disini >>> Ekstensi SimiliarWeb di Google Play Store, atau klik gambar di bawah ini:

ekstensi Google Chrome gratis SimiliarWeb ekstensi Google Chrome gratis SimiliarWeb

 

Nah kalau sudah paham, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengetahui bagaimana sih cara agar muncul di pencarian Google? Panduannya seperti yang telah ditulis diatas, memenuhi persyaratan teknis Google, konten yang berkualitas, hindari penggunaan JavaScript yang tidak perlu, gunakan desain web atau template yang ringan, dan juga lakukan proses SEO secara benar. Tinggal riset, analisa, padukan, kombinasikan dan praktekan.

Namun, juga yang perlu diingat, bahwa agar bisa muncul di hasil pencarian Google tidak bisa dijamin, karena Google menggunakan algoritma canggih yang kompleks untuk menentukan halaman atau situs mana yang harus ditampilkan di atas halaman lain. Namun dengan menerapkan praktik yang tepat dan mengoptimalkan website di search engine dengan strategi, teknik serta proses SEO yang benar. Otomatis akan meningkatkan kemungkinan agar muncul di pencarian Google dengan lebih cepat.

 

Silahkan bagikan artikel ini melalui sosial media Anda, barangkali bisa bermanfaat bagi orang lain. Terima Kasih telah membaca

Baca juga trik cara masuk halaman 1 Google di bawah ini

5 Trik Cara Masuk Halaman 1 Google

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?