Pahami 8 ciri web hosting terbaik yaitu: Kecepatan, uptime server, keamanan, lokasi server, control panel,  dukungan teknis 24 jam, scalability & fitur tambahan.

ke 8 kriteria web hosting terbaik diatas, sebaiknya Anda pahami sebelum berlangganan dengan layanan hosting untuk website Anda. Semuanya akan saling berkaitan. Misalnya, bisa saja kecepatan hostingnya bagus, tapi uptime servernya kurang bagus, seringkali down dengan berbagai macam alasan. Kasus seperti ini kerap terjadi pada jenis layanan shared hosting, padahal shared hosting setidaknya digunakan lebih dari 75% UKM dan blogger untuk website marketing atau website penjualan mereka.

 

8 Kriteria Web Hosting Terbaik!

Sebenarnya masih banyak sekali parameter standar untuk bisa masuk dalam kategori perusahaan penyedia web hosting terbaik Indonesia – Namun jika kecepatan hosting bagus, berani memberikan jaminan uptime server lebih dari 99,999% atau dikenal sebagai goal five nines availability. Tampilan control panel user friendly, lokasi server dekat, ada jaminan standar keamanan, dukungan technicalnya responsif, scalabilitynya jelas serta memiliki banyak fitur tambahan. Jika semuanya sudah terpenuhi, itulah kriteria standar yang harus dimiliki oleh setiap “perusahan web hosting terbaik” Simak pembahasan detailnya dibawah ini.

 

1. Apa maksudnya kecepatan hosting?

Secara umum pengertian kecepatan hosting biasanya dilihat dari kecepatan loading atau page speed website klien yang bisa diukur dengan tool seperti Google PageSpeed Insight, GTMetrix untuk mengukur performa website dan masih banyak lagi tool lainnya. Kecepatan hosting dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain;

Kualitas perangkat server dan spesifikasinya

Untuk bisa menjadi perusahaan web hosting terbaik tentunya juga membutuhkan perangkat dan spesifikasi server yang terbaik pula untuk memuluskan koneksi antar jaringan server mereka. Soal kualitas perangkat keras, tentunya menjadi rahasia dapur masing-masing perusahaan yang mengklaim diri mereka sebagai perusahaan web hosting terbaik.

Kecepatan jaringan internet di server

Dari sisi perusahaan penyedia web hosting terbaik kecepatan jaringan internet di lokasi data center akan sangat mempengaruhi kecepatan server hosting. Sementara dari sisi website klien, banyaknya penggunaan plugin, java script yang tidak perlu, gambar dengan resolusi tinggi akan berpengaruh besar pada kecepatan loading website. Misalnya, seperti lihat disini >>> 7 Contoh website restoran, terlihat jelas penuh diisi dengan gambar, video dan foto dengan resolusi gambar tinggi. Otomatis loading page website tersebut pasti lebih lambat dibandingkan dengan personal website atau blog yang lebih banyak berisi konten tulisan.

Alokasi bandwith klien

Besarnya paket bandwith yang diambil oleh pengguna juga akan sangat mempengaruhi kecepatan hosting. Oleh karena itu disarankan untuk mengambil paket bandwith unlimited. Klik disini >>> Paket Personal Hosting Murah Niaga Hoster dengan unlimited banwith, unilimited SSD Disk Space, plus gratis domain hanya Rp 19.900/bulan. Dengan paket ini sudah cukup untuk membangun beberapa website dengan nama domain berbeda dalam 1 hosting. Apalagi jika website Anda menggunakan banyak info grafis, proses pertukaran datanya akan lebih lancar.

Silahkan klik gambar dibawah ini untuk ke halaman penjualan Niaga Hoster

Paket personal hosting murah Niaga Hoster

Jadi secara umum, bandwith bisa dimengerti sebagai besaran kapasitas yang bisa menampung maksimal proses penerimaan dan pengiriman data atau lalu-lintas pertukaran data yang di hitung per detik, istilahnya megabite per second (mbps)

Atau bahasa sederhananya bandwith bisa dianalogikan seperti kapasaitas lebar jalan raya yang mampu menampung arus lalu-lintas yang padat. Semakin besar bandwith berarti proses pertukaran data di internet menjadi semakin lancar dan lebih cepat.

 

Faktor internal website klien

Faktor internal website yang menggunakan template yang berat, script atau plugin-plugin yang tidak perlu sebaiknya juga dikurangi agar tidak ikut memberatkan resources hosting menjadi lemot. Jadi walaupun hostingnya cepat namun jika terlalu banyak menggunakan plugin, nantinya akan memperberat loading website. Padahal setelah konten Anda mulai penuh, traffik pengunjung juga pasti akan meningkat drastis. Hal ini perlu dipertimbangkan, jangan sampai SEO sudah bagus, trafik pengunjung banyak, tapi beban loading website semakin berat, website susah di akses, sering down dsb.

Faktor-faktor internal bukan hanya menghambat strategi pemasaran digital marketing Anda, tapi efeknya juga jelek untuk SEO website di mata Google.

 

Biasanya mereka yang mengklaim sebagai perusahaan web hosting terbaik biasanya berani memberikan garansi Uptime Server yang tinggi. Bahkan menggaransi lebih dari 99,9%, atau istilahnya goal five nines availability.

2. Apa itu Uptime Server?

Secara gamblangnya maksudanya Uptime Server adalah total jumlah waktu online server setiap hari selama 1 tahun. Dimana kondisi server tersebut setiap hari bisa di akses selama 1 tahun penuh. Misalnya ada perusahaan web hosting terbaik yang memberikan garansi uptime server 99,9% setahun. Maka cara menghittungnya seperti ini; Total jumlah hari dalam setahun X 24 jam, dibagi 100%. (365 x 24):100%) = 8760:100= 87,6 jam/1%. Atau 87,6 x 0,01. hasilnya adalah 52 menit.

Maksud dari garansi tersebut, mereka berani menjamin bahwa kemungkinan terjadinya server down dalam 1 tahun penuh hanya sekitar 52 menit, masih dibawah 1 jam. Angka klaim uptime server tersebut boleh dibilang nyaris sempurna.

Ingin bertanya soal hosting yang kami rekomendasikan? Klik gambag chat WA dibawah ini

Chat Whatsapp Admin

3. Apa yang dimaksud dengan keamanan web?

Pada dasarnya keamanan web menyangkut 2 hal, yaitu keamanan jaringan internal milik perusahaan web hosting, serta perlindungan keamanan bagi website klien yang menggunakan hosting perusahaan mereka.

1. Keamanan jaringan hosting

Perusahaan penyedia layanan web hosting terbaik akan mengutamakan keamanan jaringan antar server di hosting mereka dari berbagai macam ancaman siber, seperti hacking, DDoS attack, malware dsb. Jika serangan ini ditujukan kepada perusahaan penyedia layanan hosting, maka kemungkinan besar seluruh jaringan maupun data yang ada di website klien mereka akan ikut rusak.

Keamanan jaringan server di hosting merujuk pada langkah-langkah yang diambil perusahaan penyedia layanan hosting untuk melindungi jaringan utama server mereka dari kemungkinan serangan, gangguan serta ancaman keamanan dari luar.

2. Keamanan website klien

Untuk menjaga keamanan website klien mereka, penyedia layanan hosting terbaik harus selalu mengupdate sistem keamanan mereka secara berkala untuk memberikan perlindungan yang kuat bagi website klien dengan sistem pengamanan firewall berlapis, antivirus, SSL, dan sebagainya.

Hosting website adalah proses memindahkan file dan data website dari server lokal ke server hosting yang dioperasikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Sebaliknya website milik klien seharusnya juga aktif  memperkuat keamanan di website mereka sendiri. Misalnya dengan menambahkan plugin keamanan (WordPress), update pasword, backup data secara teratur. Tidak sembarang menggunakan plugin gratisan yang dibagikan gratis dari sumber website yang tidak jelas, selain dari sumber resmi WordPress.org atau WordPress.com karena biasanya dari plugin gratisan atau bajakan ini rawan disusupi oleh virus atau malware.

 

4. Lokasi server

Faktor kedekatan lokasi server juga berpengaruh besar terhadap kecepatan hosting dan website klien. Contohnya jika website Anda berbahasa Indonesia dan pengunjung terbanyak juga berasal dari kota-kota besar di sekitar pulau Jawa, lokasi server terdekat akan mempengaruhi kecepatan loading website Anda.

Atau jika Anda bermain affiliasi Amazon US misalnya, sebaiknya gunakan perusahaan web hosting di Amerika sana. Bila mayoritas pengunjung website berasal dari US, otomatis bisa lebih cepat mengakses website affiliasi marketing Anda karena lokasi servernya lebih dekat.

 

Demikian untuk sementara pembahasan kriteria dasar bagi penyedia hosting agar bisa termasuk dalam kategori perusahaan web hosting terbaik.  Nantikan pembahasan selanjutnya.

Terima kasih, semoga bisa bermanfaat. Dan bilamana Anda rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share ke sosial media, barangkali bisa menambah wawasan bagi orang lain yang membutuhkan informasi soal hosting seperti ini.

 

Baca artikel terkait lainnya:

Ini 5 Manfaat Website Untuk Bisnis UKM

 

1 Web Hosting Terbaik Indonesia, Awas Salah Pilih!

 

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?