15 Manfaat badan usaha PT Perorangan berikut ini akan membuka semua akses dan mendorong pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih cepat lagi.

Dari beberapa jenis badan usaha untuk UMKM, mendirikan badan usaha PT Perorangan adalah solusi paling cepat, mudah dan murah bagi semua pelaku usaha mikro dan kecil. Ini bukan hanya sekedar naik kelas saja, namun juga merupakan langkah strategis untuk membuka semua akses serta strategi pengembangan bisnis mereka ke depan.

Manfaat badan usaha untuk bisnis anda

Manfaat Badan Usaha Untuk Bisnis

Tanpa memiliki badan usaha sebagai lembaga tempat bisnis Anda bernaung, sekeras apapun usaha yang telah dilakukan oleh pemilik bisnis UMKM, pada umumnya hanya bisa sekedar jalan di tempat, atau bahkan malah tertinggal. Kalah bersaing dan terjebak dalam kemunduran!

Manfaat badan usaha sebagai lembaga, membuat perusahaan Anda menjadi legal. Misalnya dalam menghadapi kendala administrasi, akses permodalan dll. Jangan lupa, apapun bisnis yang Anda jalankan pasti membutuhkan legalitas serta terbukanya akses-akses penunjang lainnya. Kini saatnya Anda mengambil tindakan yang tepat!”

 

1. Manfaat Badan Usaha dari Aspek Hukum

Manfaat badan usaha yang pertama, dengan mendirikan PT Perorangan, usaha Anda akan berarti sudah sah dan legal secara hukum untuk melakukan aktivitas bisnis di seluruh wilayah Indonesia.

Contoh: meskipun bisnis tersebut mungkin awalnya dimulai dari kedai kopi sederhana yang berjualan di pinggir jalan. Namun setelah memiliki legalitas usaha berupa PT Perorangan, misalnya menjadi PT. Kedai Kopi Nusantara. Itu artinya usaha tersebut sudah sah dan diakui secara resmi oleh pemerintah. Dimana setiap saat bisa melakukan perjanjian kontrak perikatan hukum atau perjanjian kerja sama baik dengan sesama perusahaan swasta maupun perusahaan milik pemerintah seperti BUMD atau BUMN.

 

2. Membuka Akses Pendanaan

Manfaat badan usaha yang cukup penting berikutnya adalah terbukanya akses pendanaan. Untuk penyaluran kredit bagi perusahaan swasta, hampir semua perbankan mensyaratkan adanya legalitas usaha. Baik itu bank swasta maupun bank pemerintah. Bahkan untuk beberapa kategori Kredit Usaha Rakyat (KUR) pun juga mensyaratkan adanya legalitas berupa badan usaha.

Ingin tahu lebih banyak lagi, apa saja manfaat badan usaha dalam bentuk PT Perorangan? Silahkan klik link ini >> https://wa.me/6285888826411 atau klik tanda Chat Admin dibawah ini.

chat konsultan digital marketing admin

3. Kerjasama Bisnis

Kredibilitas bisnis Anda akan meningkat dimata rekanan bisnis. Disamping itu jika suatu saat Anda membutuhkan modal tambahan dari investor, mereka cenderung lebih percaya pada UMKM yang telah berbadan hukum. Atau misalnya jika usaha Anda selama ini sebagai reseller kosmetik dan kemudian ingin ditingkatkan menjadi agen atau distributor. Maka untuk membuat perikatan kontrak kerja-sama tersebut tentu saja usaha Anda membutuhkan legalitas perusahaan.

Bahkan meski Anda kenal dengan salah satu pemilik perusahaan tersebut, namun pihak perusahaan biasanya hanya mau menjalin kontrak kerja sama dengan UMKM yang memiliki badan hukum, karena terkait dengan persyaratan dan prosedur administrasi.

 

4. Perlindungan dan Pemisahan Asset

Dengan memiliki badan usaha, seperti PT Perorangan, otomatis akan memisahkan antara aset kekayaan pribadi dengan aset perusahaan. Misalkan, seandainya usaha Anda mengalami kerugian atau tidak mampu mengembalikan hutang usaha, maka aset pribadi milik Anda seperti rumah atau mobil yang telah dimiliki sebelumnya tidak bisa diambil paksa oleh siapapun untuk menutupi hutang perusahaan.

 

5. Membangun Branding

Dengan status memiliki nama badan usaha yang jelas. Anda bisa membangun merek usaha Anda menjadi lebih kuat. Misalnya seperti contoh di atas, meskipun usaha tersebut berupa kedai kopi kecil namun jika memiliki legalitas usaha dengan mendirikan PT Perorangan dan mengubah nama bisnisnya menjadi PT Kedai Kopi Nusantara. Pasti efeknya akan jauh berbeda dan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat, dibandingkan dengan kedai kopi UKM lainnya yang tidak berbadan hukum.

Legalitas usaha bukan cuma soal nama, namun yang terpenting adalah lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Ketika sudah mendapatkan kepercayaan masyarakat, maka tentunya proses dan cara membangun personal branding maupun brand perusahaan Anda akan menjadi jauh lebih mudah lagi. Ini salah satu manfaat badan usaha dari sisi psikologis.

 

6. Pendaftaran Hak Paten

Jika misalnya suatu saat ingin mempatenkan produk Anda, tentunya gaung branding produk tersebut akan lebih kuat jika pemegang hak ciptanya dengan menggunakan nama perusahaan dibandingkan dengan nama perorangan. Misalnya Anda mempatenkan produk facial foam dengan nama “Facial Ajaib A” dipatenkan oleh perusahaan Anda.

 

7. Akuntabilitas

Manfaat badan usaha seperti PT Perorangan, akan membuat akuntabilitas dan kredibiltas pemiliknya naik. Sistem administrasi keungan, laba/rugi, sistem manajemen akan lebih terjaga. Keuntungan lainnya, dengan memiliki legalitas usaha, Anda bisa mendapatkan kredit dari perbankan yang membutuhkan legalitas serta akuntabilitas keuangan.

Ini adalah persyaratan umum bagi perbankan untuk bisa menganalisa kelayakan dan kinerja bisnis Anda berdasarkan laporan keuangan bulanan. Itu salah satu syarat penting bagi perbankan untuk menyalurkan kredit mereka.

Sekedar tips bisnis bagi Anda yang pernah gagal dalam mengajukan pinjaman perbankan misalnya. Cobalah dirikan PT Perorangan, bikin pencatatan keuangan yang rapi serta manajemen yang profesional dan ajukan kembali pinjaman – Di jamin mereka akan bersedia mengucurkan pinjaman.

So, apapun bisnis Anda. tidak ada ruginya untuk segera di legalkan menjadi PT. Perorangan. Kami memiliki Paket Bisnis PT Perorangan Lengkap. Dari mulai Nama Badan Usaha, NIB, pembuatan NPWP Perusahan, NPWP Perorangan serta termasuk website penjualan atau website bisnis UKM brand Anda, hosting, domain serta email domain untuk komunikasi bisnis. 

Semuanya sudah lengkap, Anda tinggal terima beres semuanya – Tugas Anda sebagai pengusaha tinggal fokus untuk mulai masuk dan penetrasi pasar online dengan menyusun strategi digital marketing yang efektif. Silahkan hubungi kami setiap saat. Klik ikon Whatsaap Admin dibawah ini

chat konsultan digital marketing admin

8. Rekrutmen Karyawan

Manfaat badan usaha berikutnya yang juga cukup penting adalah pada saat melakukan rekrutmen karyawan. Tanpa memiliki badan usaha Anda akan sulit untuk merekrut sdm yang potensial. Meskipun faktanya banyak pengangguran, namun biasanya para pencari kerja tersebut belum tentu mau Anda rekrut jika bisnis Anda tidak memiliki badan hukum.

Mereka biasanya akan merasa lebih yakin untuk bergabung dengan perusahaan yang jelas statusnya. Umumnya mereka lebih memilih untuk bekerja di PT A atau PT B, dibandingkan dengan bekerja pada perusahaan yang belum berbadan hukum.

 

9. Pengembangan Usaha

Dalam jangka panjang akan memudahkan dalam perencanaan dan ekspansi bisnis. Misalnya nama brand PT Roti Sari Keju akan lebih menjual dan lebih mudah untuk bisa membuka cabang di berbagai kota, dibandingkan dengan nama UD Roti Sari Keju. Satu perusahaan yang sama namun ketika bertransformasi menjadi PT. Perorangan akan langsung bisa menaikan kredibilitas usaha.

Manfaat badan usaha untuk ukm

10. Pembatasan Tanggung Jawab

Terkait dengan hubungan bisnis, maka secara hukum pemilik PT Perorangan Minuman Segar Alami hanya bertanggung jawab sebatas modal yang ditanamkan. Secara hukum hutang PT Minuman Segar Alami adalah hutang perusahaan, bukan hutang pribadi, maka pemiliknya tidak perlu membayar dari kantong pribadinya.

 

11. Insentif Pajak

Beberapa badan usaha yang bergerak dalam sektor tertentu biasanya sering mendapatkan insentif pajak khusus. Misalnya, hanya sekedar contoh bagi industri kreatif; PT Energi Teknologi Hijau yang membuat mebel, semua materialnya dari platik daur ulang. Tentu punya kans yang lebih besar untuk mendapatkan insentif pajak khusus dari pemerintah karena telah membantu melestarikan lingkungan.

 

12. Bisa Diperjual-belikan

Manfaat badan usaha berikutnya adalah Kemudahan pada perubahan atau transisi Kepemilikan. Ini yang memudahkan proses penjualan atau pewarisan bisnis. Misalnya usaha Anda yang sudah berjalan bisa saja diperjual-belikan kepada investor secara legal.

 

13. Perluasan Pasar

Dengan status resmi berbedana usaha. Bisnis Anda tentunya memiliki jangkauan pasar yang lebih luas, termasuk bisa melakukan usaha ekspor-impor. Misalnya: UD. Keripik Pedas Nusantara baru bisa mengekspor produknya ke negara tetangga setelah bertransformasi nama menjadi PT. Keripik Pedas Nusantara, karena di anggap sudah memenuhi persyaratan administrasi.

 

14. Menjaga Reputasi

Sebuah perusahaaan yang berbadan hukum dapat membangun reputasi lebih cepat, lebih kuat dan tahan terhadap serangan isu negatif. Contoh: PT. Keripik Pedas Nusantara akan lebih mudah memulihkan nama baiknya setelah di serang oleh isu penggunaan bahan pengawet berbahaya misalnya, karena persepsi orang pada umumnya akan lebih mudah percaya terhadap pernyataan resmi dari perusahaan dibandingkan dengan perkataan seseorang.

 

15. Peluang Kerjasama 

Usaha yang berbadan hukum baik secara psikologis maupun persyaratan adminsitratif lebih mudah dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain. Contohnya; PT. Coklat Kakao Nusantara akan lebih mudah berhasil menjalin kerjasama sebagai pemasok bahan baku coklat kepada perusahaan coklat ternama di luar negeri – Maupun menjalin kerjasama dengan Koperasi Kelompok Petani Kakao lokal misalnya.

 

chat konsultan digital marketing admin

 

Dari sekian banyak manfaat badan usaha, tips bisnis yang bisa kami berikan adalah: sebagai UMKM, memiliki badan usaha bukanlah tentang sekedar “upgrade status”, tetapi tentang mempersiapkan usaha Anda untuk terbang lebih tinggi dan meraih mimpi-mimpi yang lebih besar lagi. Jangan takut untuk melangkah!

Semoga paparan ini bisa membuka mata dan wawasan bisnis Anda, karena sebetulnya masih banyak sekali manfaat badan usaha yang bisa di eksplor lebih dalam lagi pada artikel berikutnya. 

Terima kasih, jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, kami sangat menghargai jika Anda berkenan membagikannya ke sosial media. Semoga bisa menginspirasi UKM lainnya yang mungkin selama ini belum memahami apa sih manfaat badan usaha bagi bisnis mereka.

 

 

 

5.0
5.0 out of 5 stars (based on 6 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

Video marketing Youtube

September 8, 2023

Video marketing di Youtube paling efektif untuk jualan, kita bisa dapatkan pembeli dari mana saja. Saya beberapa kali mendapatkan pembeli dari luar negeri dari Youtube

Iis Sudaryanti
Verified

Response from Internet Marketing No 1

betul sekali kak, bikin video marketing di Youtube, biaya murah, promosi jalan terus Non Stop selamanya

Terima kasih infonya Min

September 6, 2023

Cara mendapatkan leads memang gampang-gampang susah, kadang-kadang walaupun dikasih gratis tetap susah

Adi Kurniawan
Verified

Response from Internet Marketing No 1

Dari pengalaman kami, sebenarnya kalau audiens tsb memang membutuhkan produk atau jasa kita, suatu saat bakal jadi konversi kok. Poinnya pahami dahulu apa yang mereka butuhkan

Kalau gampang emosi?

March 13, 2024

Saya orangnya gampang emosi itu termasuk yang mana min?

Julius

Mana lanjutan artikel tren bisnis 2024

January 25, 2024

Lanjutan artikelnya mana bro, masak dari 30 tren bisnis 2024, baru 6 yang di bahas, sisanya mana?

Dony Kurniawan

Sambungannya mana?

January 4, 2024

Bagus sih, sayang infonya belum tuntas, di tunggu kelanjutannya mas bro 👍

Jaya
×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?