Apa perubahan yang signifikan pada Google Update 2023? Apakah ada perubahan SEO mendasar? Ini 3 tips SEO untuk antisipasi perubahan Algorithma Google!

 

Setelah awal minggu lalu, Google lewat Chrome update terbaru Maret 2023 dengan menambahkan munculnya favicon dan nama website di laman pencarian, kini publik. Bagi praktisi SEO tentunya bikin semakin tambah penasaran. Pasalnya kali ini yang di update adalah Google Core, dengan kata lain bakal ada perubahan pada sistem utama algorithma Google yang pasti akan berdampak langsung dalam sistem pengindeksan keyword dan posisi kata kunci di SERP pada hasil pencarian pengguna di Google Chrome.

 

3 Tips SEO Antisipasi Google Update 2023

 

Efek Google Update 2023

Saat ini kita hanya bisa menunggu karena Google Search’s core updates 2023 ini efeknya baru akan terlihat mungkin 2-3 minggu mendatang, proses roll-out sistem mereka membutuhkan waktu untuk menganalisa big data yang dikumpulkan. Jangan heran jika selama proses roll-out berlangsung bisa jadi posisi indeks keyword di Google bisa naik-turun, masih belum stabil. Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, setiap ada update Google pasti efeknya akan cukup merepotkan para praktisi SEO, terlebih lagi bagi mereka yang melakukan praktek-praktek SEO yang buruk, karena suatu saat pasti akan ketahuan Google, apalagi saat update utama seperti Google Update 2023 kali ini.

 

9 Tips SEO Aman dari Google Update 2023

Content is the King Rule adalah rule yang pertama oleh sebab itu pastikan selalu isi konten website Anda, sementara rule yang kedua; buatlah Konsep SILO SEO yang benar, serta ketiga dan juga tidak kalah pentingnya; Praktekan cara SEO yang benar. Berikut 9 tips SEO aman:

1. Utamakan konten harus selalu berkualitas dan informatif, jangan asal membuat konten.
2. Perhatikan setiap aspek teknis konten secara detail seperti misalnya, usahakan jangan menggunakan gambar-gambar dengan piksel yang terlalu besar
3. Jangan menggunakan java script yang berlebihan atau plugin yang tidak perlu dsb.
4. Perhatikan loading speed setiap konten
5. Pantau terus metriknya, cobalah cek satu per satu link setiap konten di post atau page apakah ada banyak broken url atau dead link 404 dsb
6. Gunakan strategy SEO Linkbuilding+Content Marketing yang benar
7. Jangan menggunakan teknik SEO yang jitu, jangan melakukan praktek SEO yang buruk seperti stuffing keywords dll
8. Selalu ikuti kaidah dan cara SEO yang benar di mata Google terutama dalam proses link building.
9. Jangan menggunakan backlink belian, apalagi backlink dari PBN, karena suatu saat pasti akan terdeteksi oleh search engine.

Jika Anda telah melakukan semuanya dengan benar itu akan membuat score SEO website Anda terlihat bagus di mata search engine, Anda tidak perlu khawatir mau ada Google Update 2023 atau kapanpun, karena secara teknis Anda sudah memenuhi persyaratan mereka dengan tidak melakukan praktek-praktek cheating. Meski perlahan tetapi pasti akan bisa menaikan peringkat situs Anda.

 

Tips SEO Antisipasi Google Update 2023

 

 

Apa itu Google Update 2023? Question & Answer (Q – A)

A: Google update adalah perubahan rutin berkala yang dilakukan oleh Google pada algoritma sistem pencarian keyword mereka untuk meningkatkan relevansi dan kualitas pada hasil pencarian informasi yang disajikan kepada  pengguna, atau publik yang mencari informasi dengan mengetikan keyword atau kata tertentu di laman Google.

Q: Mengapa Google melakukan update pada algoritma pencarian mereka?

A: Setiap tahun secara berkala Google memang rutin melakukan update pada sistem algoritma pencarian mereka untuk terus bisa menyajikan informasi yang akurat, relevan dan berkualitas dan tidak bias pada hasil laman pencarian mereka. Sebagai search engine terbesar di dunia ini merupakan komitmen Google agar pengguna dapat menemukan informasi yang lebih akurat dan bermanfaat.

Q: Bagaimana cara Google menentukan apakah akan merilis update atau tidak?

A: Dalam hal ini tentu saja Google memiliki parameter sendiri dari hasil metrik pengumpulan big data seperti misalnya behavior pengguna, pencarian tertentu yang spesifik dll. Semua metrik big data tersebut kemudian dianalisis dalam sistem oleh para engineer dan data analyst mereka. Termasuk didalamnya memperhatikan tren dan perubahan terkait dalam industri web dan teknologi untuk menentukan update apa saja yang perlu dilakukan oleh mereka, dimana orang di luar perusahaan tentunya tidak paham, apa saja parameter mereka untuk menentukan apakah akan merilis update atau tidaknya.

Q: Apakah Google update 2023 mempengaruhi hasil pencarian dan peringkat?

A: Setiap kali terjadi update pada Algorithma sistem pencarian di Google tentu saja akan sangat mepengaruhi hasil pencarian dan peringkat website di SERP (Search Engine Result Page) atau hasil pencarian Google. Sebab setiap ada perubahan pada algoritma pencarian pasti akan mempengaruhi bagaimana cara Google menganalisis terhadap semua website yang ada secara sistematis akan dinilai oleh mesin pencari Google.

Dampaknya bagi website yang dianggap memenuhi persyaratan algoritma baru mereka otomatis akan bisa lebih cepat menaikan peringkat website – Sementara bagi website yang dianalisa jelek oleh sistem mereka bakal dianggap tidak tidak memenuhi persyaratan, bisa saja akan menurun drastis peringkatnya.

Q: Apa yang harus dilakukan jika terkena dampak oleh Google Update 2023?

Jika website Anda terpengaruh kena dampak langsung saat terjadi Google Update 2023 saat ini, Anda bisa langsung mencari informasi panduan terkait dengan Google update 2023, tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas situs Anda agar memenuhi persyaratan update algoritma pencarian terbaru baru. Disamping itu Anda juga bisa menggunakan website SEO checker premium seperti misalnya Semrush, AhReff dll. Dari hasil analisis tool mereka Anda bisa mengetahui dan memperbaikinya, misalnya terdeteksi karena akibat banyaknya backlink spam, broken link dsb – Yang terparah, situs yang dianggap buruk kualitasnya bisa saja terkena banned index atau permanent banned dari Google.

 

Namun jika Anda tidak punya waktu dan segera ingin memperbaikinya, pakailah Jasa SEO Spesialis, silahkan klik link WhatsApp ini >>> https://wa.me/628965050295  Internet Marketing No 1, kami siap mengerjakannya untuk Anda kapan saja dibutuhkan.

 

Artikel terkait:

2 Teknik SEO: Content Marketing & Link Building Strategy!

 

2 Teknik Jitu: SEO Linkbuilding+Content Marketing

 

 

 

Summary
9 Tips SEO Antisipasi Google Update 2023
Description
Apa perubahan yang signifikan pada Google Update 2023? Apakah ada perubahan SEO mendasar? Ini 3 tips SEO untuk antisipasi perubahan Algorithma Google!
Author
Publisher Name
Internet Marketing No1
Publisher Logo
×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?