Bagaimana cara marketing mobil baru bisa sukses menjual mobil? Sales mobil pemula pasti tahu “Susah Sekali Menjual Mobil?” Ini 5 trik cara marketing mobil!

 

Jika Anda adalah sales pemula yang bekerja sebagai marketing mobil baru di industri otomotif, apapun merek mobil yang dijual, Anda pasti mengalami dan mengetahui persis betapa sulitnya memasarkan mobil baru di tengah persaingan yang ketat. Namun sebenarnya dengan teknik  dan strategi pemasaran yang tepat, walaupun Anda sales pemula yang baru saja bekerja pun, Anda pasti bisa mencapai target penjualan bulanan, sementara sales mobil lain cuma bisa melongo melihat kemampuan jualan Anda.

 

5 Tips Cara Marketing Mobil Baru Sukses!

 

Tugas Marketing Mobil Baru

Sebagai salesman mobil baru, tugas utama yang dibebankan oleh Bos Anda adalah target rutin penjualan unit yang stabil, entah bagaimana caranya mereka nggak mau tahu! Dari mulai koordinator sales, sales supervisor bahkan sampai branch manager atau kepala cabang Anda akan sibuk mengejar target penjualan setiap hari, betul nggak? Atau setidaknya setiap kali briefing mereka akan selalu menanyakan hal yang sama, misalnya: “Dapat prospek baru berapa bulan ini?” atau “Follow up prospek lama bagaimana?”

Seperti pada umumnya karyawan yang sudah menjadi Bos kecil, mereka tidak mau tahu kesulitan Anda, mereka tidak mau tahu bagaimana caranya? Mereka bahkan kerap kali tidak perduli pada effort, apa saja yang telah Anda kerjakan selama ini. Bisa jadi dalam sebulan terakhir ini Anda capek luar biasa keluar masuk kompleks perumahan, ruko, apartemen, perkantoran bahkan sampai blusukan ke pasar segala – Jangankan hasilnya, bahkan mendapatkan 1 orang prospek pembeli pun juga belum! Parahnya lagi, bahkan sebagian besar Bos tidak mau membantu atau membimbing Anda, bagaimana sih cara jualan mobil yang efektif?

 

Cuma 1 Hal yang mereka pedulikan;  Hasilnya Mana? Jualan berapa unit bulan ini? Percuma juga cari muka atau mengambil hati Bos, karena kalau sampai 2-3 bulan masih juga tidak bisa mencapai target penjualan, Anda pun bakalan ditendang! Ya, itulah problemnya saat Anda masih menjadi marketing mobil baru pemula, yang hidupnya selalu dikejar-kejar oleh target penjualan setiap bulan!

 

Namun kabar baiknya, ketika karir Anda sudah naik menjadi Bos baru; ‘Uang Banyak’, ‘Refund Asuransi Besar’, ‘Di Entertaint Rutin oleh Leasing’, ‘Dapat Fasilitas Mobil’ dll – Kabar sukanya jauh lebih menggiurkan lagi, karena jika Anda punya kemampuan sebagai sales mobil profesional, berkarir di bidang marketing mobil baru memang salah satu jenis pekerjaan yang sangat menjanjikan dibandingkan dengan profesi marketing di produk lain. Contohnya, menjadi Supervisor ataupun Branch Manager pada Dealer Resmi Suzuki atau Dealer resmi Honda, Toyota, Daihatsu atau merek-merek terkenal lainnya, adalah impian yang dikejar oleh semua salesman mereka.

Jangan heran, sejauh pengetahuan saya selain fasilitas lengkap, seperti diberikan mobil inventaris, gaji besar + refund asuransi dari leasing = Uang Banyak! Belum lagi entertain dari pihak leasing dsb. Mantab sekali khan.

 

Jadilah Marketing Mobil Baru yang Kreatif!

Namun sebagai salesman otomotif tentunya Anda tahu persis bahwa menjual mobil baru bisa 10X lebih sulit dibandingkan dengan menjual mobil bekas bukan? Kalau jualan mobil bekas, taruhlah ada 10 mobil yang merek, jenisnya dan dari tahun pembuatan yang sama. Maka itu berarti akan ada 10 harga, 10 kondisi mobil yang berbeda dan terbagi ke dalam beberapa kategori calon pembeli. Ada calon pembeli cash, kredit, atau calon pembeli yang orangnya gampangan, ada juga yang sangat teliti, pelit dsb – Sementara bagi marketing mobil baru, kondisinya akan sangat jauh berbeda!

 

Dari 10 jenis mobil yang Anda jual, bakalan ada 10 harga, puluhan tipikal calon pembeli, saingan dengan ratusan salesman sesama dealer dari merek yang sama dalam 1 kota. Misalnya kalau Anda salesman mobil Suzuki atau Wuling di kawasan Tangerang atau di Jabodetabek, maka Anda harus bersaing bukan hanya salesman dari merek lain, tapi juga dengan rekan sekerja dan ratusan salesman lain dari lain dealer sesama merek Suzuki atau Wuling.

Itu sebabnya Anda harus bisa menjadi marketing mobil baru yang kreatif!

 

Tips Marketing Mobil Kreatif

Isi website Anda dengan content marketing sebanyak mungkin dan juga semenarik mungkin!
Saat ini, setidaknya lebih dari 75% atau mayoritas calon konsumen akan mencari informasi tentang mobil baru yang mereka inginkan melalui internet. Jangan membuang-buang waktu, tinggalkan saja cara-cara lama seperti misalnya kanvasing menyebarkan brosur keliling kompleks, mall dll. Sekarang adalah eranya Digital Marketing, maka pastikan pula Anda telah memiliki website penjualan yang SEO friendly, menarik dan informatif.

Buatlah content marketing sebanyak mungkin dan semenarik mungkin. Konten marketing tersebut bisa berupa artikel blog, foto, ulasan review dari media massa, pembahasan dan perbandingan fitur mobil dll. Jangan lupa buatkan juga konten video marketing kreatif yang bakal menyedot perhatian calon pembeli.

 

Buat Daftar Target Keyword Pencarian yang Tepat!

Bicara pencarian informasi, itu artinya bicara tentang hasil pencarian keyword teratas di Google terkait dengan mobil yang Anda jual. Keyword-keyword tertarget itulah yang bakal menyedot ribuan pengunjung ke website Anda! Dari ribuan pengunjung website itulah Anda akan mendapatkan banyak prospek pembeli setiap bulan. Artinya semakin banyak konten marketing kreatif yang Anda buat, plus mentargetkan keyword-keyword yang tepat, maka akumulasi keyword Anda yang naik di halaman depan pencarian Google, akan terus bergulung dan mendatangkan prospek-prospek baru setiap saat. Pekerjaan selanjutnya hanya tinggal memperkuat follow up saja.

 

Tuliskan Review Pembeli Mobil

Jangan ragu, mintalah ijin dari konsumen yang pernah membeli mobil dari Anda, tuliskan review pengalaman mereka selama berhubungan dengan Anda, dan jangan lupa buatkan juga video reviewnya. Tulislah review tersebut sertakan juga kode embed video Youtube ke website penjualan Anda. Bagikan itu ke sosial media, jangan lupa berikan #hashtag yang tepat pula, karena #hastag pada kebanyakan sosial media fungsinya sama dengan keyword!

Setidaknya ada 2 benefit yang bisa Anda dapatkan sekaligus, pertama efek psikologis positif yang menambah kepercayaan terhadap Anda sebagai marketing mobil profesional. Kedua; semakin banyak video review yang Anda upload dan share, maka akan semakin banyak pula orang yang mengenal wajah Anda. Ketiga; keyword terkait mobil yang Anda jual juga akan langsung tersebar di 3 channel digital marketing yang berbeda, yaitu video marketing dan sosial media media marketing serta SEO di search engine. Ini artinya sekali merengkuh dayung, 2-3 pulau terlampaui.

 

Marketing Mobil Harus Kuasai Product Knowledge!

Menjadi seorang marketing mobil yang sukses bukanlah hal yang mudah. Anda harus memiliki keterampilan yang baik dalam berkomunikasi dengan pelanggan, mengenal produk mobil secara mendalam, dan mampu menawarkan solusi yang tepat untuk setiap kebutuhan pelanggan. Sebagai seorang marketing mobil, Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang mobil yang Anda jual. Anda harus tahu tentang fitur dan spesifikasi mobil, perbandingan kelebihan dan kekurangannya dengan merek lain, serta perbedaan antara mobil yang satu dengan yang lainnya. Pastikan Anda selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri otomotif dan selalu update dengan produk-produk terbaru yang akan Anda tawarkan.

 

Tawarkan Test Drive 

Jika dimanfaatkan dengan baik, Test Drive adalah salah satu trik ampuh bagi semua marketing mobil baru! Berikan calon konsumen kesempatan untuk menjajal mobil baru yang ditawarkan sebelum mereka membeli. Pastikan, Anda melayaninya dengan baik, pahami product knowledge, fitur-fitur terbaru, keunggulan produk, cara penggunaan, karakteristik produk serta informasi detail lainnya untuk mempersiapkan jawaban saat ditanya oleh calon konsumen. Sebagai marketing mobil profesional manfaatkan momentum test drive ini dengan sebaik-baiknya untuk memberikan kesan yang mendalam. Pastikan Anda memberikan pengalaman yang menyenangkan dan pelayanan yang memuaskan bagi mereka.

Ingat, poinnya, marketing mobil baru adalah menjual barang senilai ratusan juta rupiah maka jangan heran bila kebanyakan konsumen akan cenderung lebih memilih membeli dari sales mobil yang dianggapnya “Smart” tapi tanpa mengguruinya – Pada umumnya mereka beranggapan jika suatu saat ingin bertanya, mereka bisa menanyakan kepada salesnya karena dianggap tahu banyak. Meski pada prakteknya sangat sedikit sekali salesman mobil baru yang mampu menguasai product knowledge dengan baik.

 

Sebagai seorang marketing mobil profesional dan kreatif, tentu saja masih banyak lagi skills yang harus Anda kuasai, namun setidaknya dengan memanfaatkan, 5 teknik dasar bagaimana cara menjual mobil baru dengan cepat di internet seperti yang dijelaskan diatas. Anda bisa meningkatkan penjualan mobil sekaligus berpeluang besar memenangkan persaingan dengan salesman mobil tardisional lainnya yang tidak bisa memanfaatkan channel pemasaran digital.

 

Ingin Sukses Menjadi Marketing Mobil Digital? Hubungi Kursus Private SEO dan Internet Marketing IM-NO1.com Anda tak perlu ragu bisa menanyakan hal apa saja yang terkait dengan cara bagaimana cara menjadi marketing mobil profesional – Akan belajar banyak hal tentang apa saja dari A sampai Z, dari mulai Teknik SEO, SEM, Video Marketing hingga ke Psikologi Marketing Mobil yang selama ini belum pernah Anda pelajari di kursus internet marketing manapun, apalagi Anda kerjakan.

 

Jangan lupa, fungsi mentor yang baik adalah mengajarkan dan membimbing apa saja yang belum pernah dipelajari atau dikerjakan oleh orang yang dibimbingnya sesuai dengan keahliannya! Ingat, praktekan dan latihlah semua skills yang Anda dapatkan secara konsisten. Itulah gunanya Anda belajar!

 

So, ingin bertanya lebih jauh bagaimana cara menjadi marketing mobil yang efektif dan efisien dengan teknik digital marketing? Silahkan tlp ke Link Whatsapp ini >>> https://wa.me/6289650502295

Baca juga ini:

Cara Menjual Mobil Baru Dengan Cepat Di Internet, Kunci Sukses Menjadi Sales Mobil

 

atau disini

Cara Mudah & Efektif Menjual Mobil Baru Di Internet Bagi Salesman Mobil

 

 

 

 

 

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?