Kalau kamu baru lulus sarjana simak ini; 11 pekerjaan baru dan juga pekerjaan yang hilang dalam 5-10 tahun kedepan. Pelajari dan segera tentukan pilihanmu!

Di era digital sekarang dan di masa depan nanti, bagaimana cara mendapatkan pekerjaan baru menjadi sangat krusial, mengingat persaingan hidup, persaingan bisnis dsb akan terus semakin ketat. Sementara pekerjaan adalah sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang akan diperebutkan oleh jutaan manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi, beberapa jenis pekerjaan mulai hilang dan beberapa jenis pekerjaan baru muncul.

Berikut ini adalah 21 jenis pekerjaan baru dan pekerjaan yang hilang pada masa yang akan datang.

 

11 Pekerjaan Baru dan Pekerjaan Yang Hilang

 

Pekerjaan yang baru muncul

Secara umum, kemungkinan besar jenis pekerjaan baru yang akan di dominasi oleh beberapa bidang, misalnya bidang teknologi robotik yang melakukan pekerjaan teknis serba otomatis. Jenis pekerjaan baru berikutnya yang bakal mendominasi lowongan kerja adalah dalam bidang kecerdasan buatan, teknologi sains dan juga dalam bidang teknologi peralatan berat untuk menggantikan pekerjaan manusia. Pekerjaan dalam bidang digital marketing dalam kurun waktu 2-5 tahun mendatang juga bakal menjadi primadona baru, khususnya bagi generasi muda yang tersingkirkan dalam persaingan kerja. Serta masih banyak lagi jenis pekerjaan baru lainnya yang akan bermunculan menggantikan pekerjaan lama yang hilang karena sudah tidak efisien, tidak efektif and juga ketinggalan jaman.

 

Jenis pekerjaan baru di era digital

Jenis pekerjaan baru yang bakal muncul dalam 1-5 tahun mendatang adalah dalam bidang Robotika. Pasalnya, hampir semua industri membutuhkan robot, untuk memproses otomatisasi pekerjaan lebih efisien dan juga lebih efektif. Pekerjaan yang terkait dengan robotisasi seperti rancang bangun robot, perangkat lunak, pengoperasikan robot serta perawatannya akan semakin dibutuhkan oleh hampir semua jenis industri. Dari mulai industri pangan, kendaraan, sampai ke industri farmasi dan medis.

 

Jenis pekerjaan baru dalam bidang pemasaran digital marketing dan bidang terkait lainnya. Di era digital saat ini, strategi pemasaran pun telah berubah total, dari model pemasaran tradisional bertransformasi ke digital marketing. Sebenarnya pergerakan ekonomi ke arah pemasaran digital sudah terlihat sejak sekitar 10 tahun terakhir, setelah tenggelamnya era media cetak tergerus oleh internet. Siapapun yang mau belajar digital marketing dan mau menekuninya, apalagi seperti ahli pemasaran digital, ahli strategi pemasaran digital marketing, ahli strategi sosial media dsb akan memiliki peran dominan dalam menggerakan pemasaran barang, jasa, teknologi dll tanpa batas. Jangan heran, sebab manfaat digital marketing bagi bisnis memang sangat jauh lebih banyak dibandingkan model pemasaran tradisional. Baik itu untuk pemasaran lokal maupun pemasaran global.

 

Jenis pekerjaan baru berikutnya yang membutuhkan tenaga kerja berpendidikan tinggi yaitu dalam bidang teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang sekarang saja sudah sangat berkembang pesat. Bahkan diramalkan dalam kurun waktu 5-10 tahun mendatang teknologi AI akan semakin mengancam eksistensi manusia, menghilangkan banyak pekerjaan yang dahulu dikerjakan oleh manusia. Konon kabarnya teknologi kecerdasan buatan ini bahkan jauh lebih pintar dibandingkan dengan manusia. Banyak imuwan memprediksikan peradaban manusia akan dirubah total oleh teknologi kecerdasan buatan ini.

Bagi Anda yang sekarang berkecimpung dalam bidang ini, belajar dan tekuni bidang ini karena punya masa depan yang sangat cerah. Akan ada banyak sekali pekerjaan dan industri di masa depan yang akan bergantung pada AI.

 

Pekerjaan baru dalam bidang Data Scientist

Pekerjaan dalam bidang data scientist di era digital sekarang sudah sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.  Mereka bertugas untuk mengumpulkan, menganalisis serta memanfaatkan data untuk membantu para eksekutif perusahaan bisa membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan analisa data mereka. Bidang data scientist sangat erat hubungannya dengan bidang AI dan big data.

 

Pekerjaan baru dalam bidang pengolahan Big Data

Digitalisasi pada hampir semua bidang saat ini membutuhkan kumpulan besar data yang berperan penting. Oleh sebab itu bidang pengolahan big data sangat berperan penting dalam banyak hal. Salah satu contoh nyata pengolahan big data yang terjadi saat ini dalam bidang SEO. Google misalnya, mereka saat ini adalah perusahaan pengolahan big data terbesar di dunia. Contoh sederhanaya adalah riset keyword, tracking keyword dll itu semua adalah bagian dari pengolahan big data dari internet yang dikerjakan oleh Google.

Dalam waktu dekat, perputaran roda ekonomi dan bisnis diseluruh dunia akan semakin tergantung pada sumber big data yang tersedia untuk dimanfaatkan dalam skala bisnis besar-besaran. Banyak perusahaan besar yang menentukan strategi marketing online mereka dengan memanfaatkan pengolahan big data. Bagi perusahaan yang menguasai dan mampu mengelola big data dengan baik akan memudahkan mereka untuk melakukan penetrasi pasar dan ekspansi bisnis.

 

Pekerjaan baru dalam bidang pengolahan Big Data

 

Teknologi keamanan siber adalah jenis pekerjaan baru yang membutuhkan banyak tenaga kerja dengan spesialisasi keahlian khusus. Di masa depan industri keamanan siber akan banyak membutuhkan para ahli keamanan siber untuk melindungi sistem jaringan dan komputerisasi dalam segala bidang. Industri ini akan meningkat pesat sejalan dengan meningkatnya kejahatan siber diberbagai bidang.

 

Pekerjaan baru dalam bidang Cloud Computing juga bakal bermunculan di jaman Revolusi Industri 4.0 seperti sekarang ini. saat ini. Nantinya industri cloud computing akan semakin populer digunakan oleh berbagai macam perusahaan, dari mulai UKM sampai ke perusahaan-perusahaan raksasa.

 

Pekerjaan baru dalam bidang teknologi Virtual Reality dalam tahun-tahun mendatang teknologi virtual reality juga akan terus berkembang pesat untuk digunakan dalam berbagai macam aplikasi, simulasi, game dll.

 

Teknologi 3D Visual dan Printing juga jenis pekerjaan baru yang akan tumbuh subur dalam 3-10 tahun mendatang. Bisnis ini akan semakin berkembang pesat dalam dunia periklanan digital dan videotron yang membutuhkan banyak tenaga kerja dengan keahlian khusus.

 

Pekerjaan dalam bidang teknologi medis juga akan terus bermunculan dalam beragam bentuk aplikasi digital di gadget, aplikasi terapan peralatan medis, rumah sakit, industri farmasi dll.

 

Pekerjaan baru berikutnya dalam bidang teknologi Blockchain juga akan semakin semakin populer. Konon kabarnya suatu saat nanti cryptocurrency bukan hanya hanya sekedar menjadi komoditi yang diperdagangkan seperti sekarang, namun juga bakal berfungsi sebagai mata uang global yang dipakai untuk transaksi lintas negara diseluruh dunia. Independen tidak tergantung pada dominasi ekonomi dan politik negara besar seperti misalnya mata uang US dollar pada saat ini. Dan masih banyak lagi jenis dan bidang pekerjaan baru yang masih akan terus bermunculan.

 

Jenis pekerjaan baru di Indonesia

Mungkin dalam beberapa tahun terakhir tren banyaknya pekerjaan yang mendadak hilang, lenyap, atau bermunculannya beragam pekerjaan baru. Saat ini masih terbatas terjadi di negara-negara maju, dimana tingkat penggunaan teknologinya sudah masif di hampir semua bidang. Namun semuanya perlahan tetapi pasti juga bakal terjadi di Indonesia. Persiapkanlah diri sedini mungkin untuk menyambut pekerjaan baru yang bakal bermunculan, atau mencari celah, dan memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai peluang bisnis baru Anda.

 

Pekerjaan baru dalam bidang Cloud Computing

 

Pekerjaan yang Hilang

Jaman terus bergerak maju, di satu sisi jenis dan bidang pekerjaan baru akan terus bermunculan, namun sebaliknya banyak pekerjaan yang hilang akibat efek penggunaan teknologi secara massal. Diperkirakan akan ada banyak sekali pekerjaan yang hilang, digantikan oleh teknologi. Jenis pekerjaan-pekerjaan tersebut saat ini sebagian ada yang sudah punah dan sebagian lagi masih bertahan untuk sementara, meski pada akhirnya akan menghilang juga digantikan oleh teknologi buatan manusia.

Jenis pekerjaan yang sudah hilang maupun hampir hilang, misalnya pekerjaan penjaga pintu tol, pekerjaan dalam bidang karoseri mobil, sebagian karyawan pabrik dalam industri tertentu. Contoh; dalam industri otomotif misalnya, kini di pabrik perakitan mobil sudah tidak ada lagi tukang cat. Semua proses pengecatan sudah digantikan perannya oleh robot yang hasilnya bahkan jauh lebih baik dibandingkan dengan hasil pekerjaan tangan manusia.

 

Dimasa mendatang juga diperkirakan masih akan lebih banyak lagi pekerjaan yang akan menghilang selamanya digantikan oleh teknologi canggih dan AI dari berbagai macam jenis industri, seperti industri pertambangan. Jutaan pekerja tambang akan menghilang digantikan oleh peralatan berat dan teknologi, serta masih banyak lagi pekerjaan-pekerjan lainnya yang akan punah selamanya.

 

Perkembangan teknologi masih akan terus berlangsung dan akan mempengaruhi berbagai jenis pekerjaan di masa mendatang. Sebagian besar pekerjaan mungkin akan menghilang selamanya, namun beberapa jenis pekerjaan baru juga akan terus bermunculan, meski tidak sebanyak pekerjaan yang hilang.

 

Oleh karena itu, bagi generasi muda sekarang, sangat penting untuk kreatif, mau terus belajar mengikuti perkembangan pengetahuan, kemajuan jaman, terus-menerus mengasah skill, keterampilan serta pengetahuan untuk mempersiapkan diri menghadapi revolusi industri yang bergerak sangat cepat dan dinamis.

 

Dengan kreativitas, terus mengasah pengetahuan dan keterampilan, jika seandainya kelak sulit bersaing untuk mendapatkan pekerjaan baru misalnya, beberapa jenis industri diatas seperti dalam bidang pemasaran digital marketing jika dikerjakan dengan serius, bisnis kreatif ini bukan hanya bisa menjadi pekerjaan baru bagi Anda, namun juga bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi banyak orang.

Intinya di dunia ini tidak ada yang abadi, semuanya akan terus berubah pada masanya. Dan yang abadi hanyalah perubahan itu sendiri, dan selamanya akan terus berubah, seperti yang digambarkan oleh filsuf Yunani kuno, Heraclitus “Nothing endures but change.”

 

Artikel terkait lainnya:

12 Manfaat Digital Marketing Bagi Bisnis

 

Jangan terlalu khawatir mau kerja apa nanti? Cobalah miliki mindset sebaliknya yang positif untuk memotivasi diri sendiri; “Apa yang bisa saya kerjakan kelak?”

Lebih baik berpikir kreatif; “Bagaimana caranya saya bisa menciptakan pekerjaan baru?” Bisnis kreatif yang bukan hanya bisa untuk diri sendiri namun juga bisa memberikan pekerjaan kepada orang lain – Itu jauh lebih baik ketimbang berpikir untuk “Mencari pekerjaan baru”.

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?