SEO Linkbuilding dan Content Marketing adalah dua strategi pemasaran digital yang saling terkait, saling menunjang serta saling memperkuat dalam konteks SEO.

 

Pada satu sisi content marketing melibatkan pembuatan konten yang menarik dan bermanfaat untuk menarik ribuan pengunjung ke situs web atau platform online Anda. Sementara pada sisi lainnya SEO Linkbuilding melibatkan upaya untuk mendapatkan tautan dari situs web lain ke situs web Anda, dengan tujuan meningkatkan otoritas domain, keyword serta peringkat website secara berkelanjutan pada hasil pencarian di Google SERP (Search Engine Result Page).

 

2 Teknik Jitu: SEO Linkbuilding+Content Marketing

Fungsi SEO Linkbuilding

Dalam konteks ini, content marketing sangat berperan penting sebagai fondasi yang menunjang fungsi Linkbuilding dalam seo. Konten yang bermanfaat dan menarik cenderung lebih mudah dibagikan oleh pengguna dan lebih mungkin untuk mendapatkan tautan organik dari situs lain. Disamping itu, tautan yang diperoleh melalui teknik link building yang benar akan meningkatkan otoritas domain dan juga relevansi antar halaman (internal link). Jika proses pembangunan link building external dan internal link ini dilakukan dengan struktur yang benar dan konsisten, ini artinya Anda sudah melakukan struktur SEO SILO yang memang sesuai dengan konsep SEO sesuai yang diinginkan oleh Google. Dalam jangka panjang target keyword Anda akan bisa naik dengan sendirinya untuk melejitkan exposure dan engagement kepada audiens.

 

Mengapa SEO Linkbuilding penting?

Secara psikologis content marketing sangat berperan untuk “membangun kepercayaan dan meningkatkan kedekatan emosi” atau engagement dengan audiens atau pelanggan. Sementara strategi SEO Linkbuilding yang tepat secara terpadu akan memberitahukan Google bahwa semua rangkaian konten tersebut relavan, menarik dan punya engagement besar pada audiens. Ini akan menciptakan lingkaran siklus yang positif di mana konten yang baik akan sangat membantu menarik pengunjung dan tautan organik, yang pada gilirannya nanti akan meningkatkan pula otoritas serta peringkat keyword konten pada laman hasil pencarian. Maka dengan demikian keyword produk atau jasa yang ditargetkan juga akan lebih mudah naik di halaman depan pencarian Google yang berfungsi untuk menarik ribuan traffic pengunjung dan calon pembeli potensial dari search engine.

 

Apa Tujuan SEO Linkbuilding?

SEO Linkbuilding adalah bagian dari optimasi Seo off page yang kemudian diperkuat lagi dengan content marketing. Logikanya konten-konten yang bagus biasanya akan mendapatkan banyak like serta di share oleh banyak pengguna secara sukarela, keuntungannya Anda akan mendapatkan tautan backlink dari situs web lain, yang pada gilirannya meningkatkan otoritas domain dan peringkat pencarian Anda. Dalam hal ini, konten yang bagus dan bermanfaat serta teknik SEO linkbuilding yang tepat akan saling memperkuat dan meningkatkan marketing online Anda secara keseluruhan.

 

Namun, penting untuk diingat bahwa upaya linkbuilding yang dilakukan dengan cara yang tidak etis atau spam dapat merusak reputasi dan otoritas dan situs Anda sendiri! Oleh karena itu hindarilah cara-cara curang seperti itu, misalnya dengan membeli backlink atau melakukan ternak backlink yang justeru akan merugikan website Anda sendiri. Lebih baik fokus pada strategi link building dan pembuatan konten marketing yang bermanfaat untuk mendapatkan tautan backlink secara organik melalui upaya promosi yang sehat dan alami.

 

Kesimpulannya, Linkbuilding dalam SEO dan Content marketing adalah dua strategi pemasaran digital yang jitu, efektif, saling terkait serta saling memperkuat. Link Building Strategy yang tepat akan sangat membantu meningkatkan visibilitas dan otoritas domain situs Anda, sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial, selain itu juga akan memperkuat reputasi brand Anda secara keseluruhan.

 

Selain itu, kedua strategi ini juga dapat membantu meningkatkan interaksi dan keterlibatan dengan audiens Anda. Dengan memberikan konten yang berkualitas dan bermanfaat, Anda dapat menarik perhatian pengguna dan membantu memecahkan masalah mereka atau setidaknya memenuhi kebutuhan yang mereka harapkan. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan, sehingga lebih mungkin bagi mereka untuk menjadi pelanggan tetap website penjualan Anda dan terus membeli produk atau layanan Anda di masa depan.

 

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan kedua strategi ini sebagai bagian dari strategi dasar pemasaran digital. Dengan membangun pondasi yang kuat melalui serangkaian content marketing yang menarik dan bermanfaat ditambah lagi dengan metode SEO link building yang tepat. Anda sekaligus bisa menciptakan fanatisme positif terhadap produk atau layanan jasa yang Anda jual yang tentu saja meningkatkan visibilitas, otoritas domain, serta keterlibatan dengan audiens menjadi lebih intens.

 

Jangan lupa juga setelah semua strategi SEO Linkbuilding serta content marketing Anda telah berjalan, pastikan juga untuk selalu memantau serta menganalisa hasil kampanye secara rutin, ini untuk memastikan bahwa effort yang Anda lakukan selama ini telah bekerja dengan baik, meningkatkan kinerja pemasaran digital secara keseluruhan sesuai dengan harapan.

 

Baca juga:

2 Teknik SEO: Content Marketing & Link Building Strategy!

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?