Nggak sampai 10 menit selesai. Begini cara perpanjang STNK online 2023 tanpa KTP Asli, gampang banget. Nggak perlu nembak KTP ke biro jasa atau calo lagi bro!

Sebelum ada cara perpanjang stnk online, untuk membayar pajak SNK tanpa membawa KTP asli. Anda setidaknya akan dipungut biaya tambahan oleh biro jasa STNK, atau calo dengan nominal yang cukup lumayan sekitar Rp 250 s/d 500 rb etrgantung daerah. Biaya tambahan ini menurut istilah mereka adalah “ACC KTP”.

Sekarang dengan cara perpanjang stnk online 2023 melalui aplikasi Signal. Anda nggak perlu lagi meminjam ktp asli pemilik kendaraan lama. Sebab pemilik lama seringkali keberatan jika KTP-nya dipinjam. Ini mungkin karena mereka takut KTP hilang atau tkut disalah-gunakan dll.

 

cara perpanjang stnk online tanpa ktp

 

Bagaimana cara perpanjang STNK Online?

Kini dengan cara perpanjang stnk online Anda tidak perlu lagi meminjam ktp yang bersangkutan, namun tetap harus menemuinya sendiri secara langsung dan meminta ijin untuk verifikasi identitas pemilik lama untuk pencocokan wajah (face matching) di aplikasi Signal yang bisa Anda download di Google Play Store atau Apple App Store. Silahkan download disini >>> Aplikasi Signal Google Play Store

 

Aplikasi Signal Samsat

Aplikasi Samsat Digital Nasional atau disingkat Signal adalah aplikasi resmi milik Korlantas Polri bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri serta pembayaran sistem perpajakan Kementerian Keuangan pada masing-masing Bapenda (Badan Pendapatan Daerah). Aplikasi Signal bisa digunakan untuk membayar pajak kendaraan bermotor di seluruh Indonesia karena mengintegrasikan semua database terkait dengan data kependudukan berdasarkan e-KTP.

 

cara perpanjang stnk online

Langkah-langkah cara perpanjang STNK Online

Langkah pertama cara perpanjang STNK online; download dahulu link Signal untuk pengguna HP Android silahkan download disini >>> Aplikasi Signal Google Play Store sementara bagi Anda pengguna iPhone bisa download disini >>> Aplikasi Signal Apple Store.

 

Cara perpanjang STNK online selanjutnya, setelah usai  mendownload, jangan registrasi dahulu dengan data Anda, tapi segera temui orang yang bersangkutan yang namanya tertera di STNK. Mintalah ijin sebentar, untuk memfoto KTP dan merekam wajah untuk verifikasi STNK. Atau bila sudah terlanjur registrasi dengan data Anda, tinggal logout saja dan registrasi ulang pakai nama yang sesuai dengan yang ada di STNK.

Langkah ketiga cara perpanjang STNK Online yaitu setelah semua data dipersiapkan, silahkan langsung diisi semuanya, dengan urutan-urutan langkahnya sebagai berikut:

1. Masuk ke pendaftaran pengesahan STNK
2. Tambahkan Tambah data Kendaraan Bermotor di aplikasi
3. Isi Bentuk Kepemilikan Kendaraan
4. Isikan Nomor Pendaftararan Kendaraan Bermotor (NRKB)
5. Ketik 5 angka terakhir dari nomor chasis/rangka kendaraan
6. Masukan NIK dan lakukan verifikasi dengan upload ktp serta verifikasi foto wajah.
7. Pilih pengiriman PT. Pos Indonesia, jenis pengiriman SKH (pengiriman kilat khusus Signal Korlantas) akan lebih cepat dikirimkan dibandingkan layanan pos biasa.
8. Pilih pembayaran bank BUMN atau Bank BUMD yang Anda tentukan. Lalu lakukan pembayaran.
9. Setelah pembayaran selesai Anda akan menerima notifikasi, selesai.
10. Dari Beranda aplikasi Signal Anda bisa cek histori dokumen e-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Elektronik) dengan memasukan NRKB. Disitu akan terlihat semua data-data transaksi yang sudah dilakukan serta kode QR yang bisa di download.
11. Selanjutnya Anda tinggal tunggu saja dirumah, STNK biasanya akan dikirim dalam 2-3 hari kerja.

 

Semoga artikel cara perpanjang STNK online tanpa ktp asli ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Khususnya bagi mereka yang kebetulan mengalami kesulitan saat memperpanjang STNK tanpa ktp asli.

 

Agar di-ingat, perpanjangan STNK berbeda dengan pembuatan SIM, karena pembayaran STNK adalah pembayaran atas pajak kendaraan bermotor yang menjadi kewajiban setiap pemilik kendaraan bermotor – Jika terlambat memperpanjang STNK akan dikenakan sanksi denda. Berbeda dengan SIM yang jika sudah kadaluarsa tidak ada dendanya, namun Anda dianggap tidak memiliki lisensi untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya. Maka jika SIM Anda hilang, rusak atau mati kadaluarsa, Anda harus bikin SIM baru lagi.

 

Silahkan bagikan artikel cara perpanjang stnk online 2023 tanpa ktp asli ini di sosial media Anda, semoga bisa bermanfaat bagi teman, kerabat, atau orang lain yang membutuhkan informasi seperti ini.

 

 

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?