Cara Membuat Custom Audience Facebook Ads Full Targeted

Cara Membuat Custom Audience Facebook Ads Full Targeted

Bagaimana cara membuat custom audience di Facebook Ads yang full tertarget ? Lantas apa saja kelebihan custom audience dan kekurangannya, jika dibandingkan dengan pilihan Demographic Audience di Facebook ?

cara membuat custom audience facebook ads full targeted

Langkah pertama cara membuat custom audience, Anda login dahulu kesini >> Facebook custom audience pixel << kemudian listing UID Facebook yang sudah Anda miliki tinggal di upload sebagai target audience di Facebook Ads.

Sebagai catatan penting, Fitur Custom Audience dalam Facebook Marketing adalah Legal 100% dan memang disediakan oleh Facebook sebagai cara beriklan yang tertarget kepada daftar pelanggan sendiri atau bahasa kerennya List Building, yang biasanya dimiliki oleh bisnis besar, seperti Tokopedia, BukaLapak, Lazada dan sebagainya – Namun yang perlu dicatat adalah bagaimana cara kita mendapatkan UID tersebut untuk dijadikan custom audience ? Apakah secara manual atau scraping UID dengan menggunakan software ?

Trik Mudah Cara Membuat Custom Audience Facebook Ads:

Tentunya sudah bukan rahasia lagi, jika hampir semua pengiklan Facebook Ads memperoleh data UID dari Software Scraping, sebab jika tidak dari hasil software scraping UID, memangnya ada orang yang mencari UID secara manual satu per satu ?  

Trik yang pertama, jangan berlebihan melakukan scraping UID. Usahakan maksimal sekali scrape UID dibawah 5.000 UID. Misalkan Anda scrape dari grup Facebook yang membernya mencapai puluhan ribu, usahakan sekali scraping dibatasi maksimal sampai 5.000 – Kasih jeda waktu sebentar, kemudian scrape lagi. Tujuannya agar behavior software di dalam Facebook tidak dikenali oleh sistem mereka.

Langkah kedua, simpan file hasil scraping UID data member Facebook tersebut dalam jumlah ganjil, misalnya 4.993 atau berapapun sesuka Anda, yang pasti jangan pas angkanya seperti 5.000 atau 10.000 misalnya, ini agar kelihatannya natural. Namun jika seandainya Anda memiliki ratusan ribu UID, sebaiknya di pecah-pecah file tersebut dibawah 5.000, dengan melakukan upload secara bergantian.

Trik ketiga cara membuat custom audience yang aman dan juga terlihat natural, namun seringkali banyak dilupakan orang, sebaiknya file UID tersebut diberikan nama yang spesifik sesuka Anda, misalkan data pembeli januari, dsb.

Jangan lupa, meski kelihatannya sepele namun perlu diingat, hal-hal sepele ini akan dilihat oleh team iklan Facebook Ads sebelum iklan kita disetujui. Ini tentu saja akan memberikan kesan natural bahwa itu bukan hasil scraping UID, sebab bila data custom audience tersebut dicurigai oleh tim iklan Facebook, jangan heran, kalau Anda tiba-tiba mendapatkan “Surat Cinta,” dari yang namanya Tante AME …

Jika hasil scraping UID tersebut telah kita filter dengan pas dan betul-betul tertarget, tentu saja cara beriklan seperti ini akan lebih efektif karena hanya tertuju pada orang-orang yang memiliki interest khusus yang lebih tinggi – Jika dibandingkan dengan membuat demographic audience sendiri di dalam Facebook, dimana jangkauannya memang jauh lebih besar, namun juga melebar.

Ini bisa dianalogikan seperti menggunakan Keyword Utama Pendek atau memainkan Long Tail Keyword yang lebih spesifik, mengarah kepada orang-orang tertentu saja yang memang serius mencari informasi tersebut !

Dari pengalaman pribadi maupun informasi dari beberapa pakar SEO kaliber dunia dan website-website terkenal seperti Search Engine Land, ternyata para pakar diluar sana, justeru lebih fokus untuk memainkan long tail keyword sebagai target keyword yang dibidik – Sementara keyword utama atau main keyword, hanya dijadikan sebagai target kedua. 

Contoh gampang, misalkan kita menjual affiliasi aksesoris anjing di Amazon, dan mentargetkan ‘Dog Lovers’ dengan target negara US, dalam demographic audience di Facebook, maka jangkauannya akan lebih melebar, dibandingkan dengan target interest, ‘Dog Lovers’  dengan target kota yang lebih spesifik, per kota atau negara bagian tertentu di Amerika sana, misalnya dog lovers New York dan sebagainya.

Dimana target interests tersebut bisa di riset dan dibandingkan dengan data pencarian yang ada di Google Insight atau sekarang bernama Google Trends, kemudian cek persaingan keywordnya di >> Google Keyword Planner << untuk mencari sampai seberapa besar trend pencariannya di kota atau negara tertentu, dan dalam kurun waktu berapa lama trend tersebut berlangsung. 

Nah sudah mulai paham khan bagaimana cara membuat custom audience di facebook Ads yang super tertarget – Silahkan di share bila Anda anggap bermanfaat.

( Putra Dedy )

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *