Apa saja kelebihan dan kekurangan menjual mobil baru di Marketplace mobil ? Simak bagaimana cara memilih marketplace yang bagus untuk berjualan mobil selengkapnya disini.

Kelebihan dan Kekurangan Menjual Mobil Di Marketplace

Cara menjual mobil baru yang pertama dan umum dilakukan oleh hampir semua salesman mobil baru, pada umumnya hanya sebatas memasang iklan di situs-situs marketplace mobil, seperti Mobil123, RajaMobil, Trovit dan sebagainya. Tidak salah memang, namun juga harus diingat, bahwa di marketplace mobil anda harus bersaing dengan ribuan sales mobil baru sesama merek maupun kompetitor.

Kelemahan utama menjual mobil baru di marketplace

Kelemahan Pertama, jika Anda hanya menggunakan fasilitas iklan gratis di marketplace, maka iklan Anda hanya punya waktu beberapa jam saja, dan selanjutnya akan tenggelam, tertimpa iklan baru dan iklan berbayar lainnya – Maka akibatnya mudah ditebak, iklan Anda menghilang entah kemana dan sulit ditemukan oleh calon pembeli.

Kelemahan kedua berjualan mobil baru di marketplace, Anda membutuhkan biaya untuk memasang iklan secara rutin, agar iklan Anda tetap berada di atas dan mudah dicari oleh calon konsumen. Tentu saja ini membutuhkan budget yang tidak sedikit, sementara komisi penjualan mobil baru pada beberapa merek, seperti di grup Toyota Astra atau Suzuki sudah sangat kecil sekali dengan dihapuskannya Refund Asuransi Kredit dari Leasing dan masuk langsung ke perusahaan atau ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek).

Padahal justeru dari refund asuransi kredit, sekitar 5-10 persen itulah salesman mobil bisa hidup lumayan. Jika dalam 1 bulan minimal bisa menjual  1 unit mobil saja seharga Rp 200 jutaan dengan masa kredit 4 tahun dan menerima refund  asuransi All Risk 10% dari rate 3% per tahun X 4 tahun.

Silahkan hitung sendiri, salesman mobil sudah bisa mengantongi jutaan rupiah, hanya dengan menjual 1 unit mobil – Namun sekarang salesman hanya menerima komisi, yang besarannya berkisar hanya ratusan ribu rupiah per unit untuk kategori mobil dengan harga Rp 200 jutaan.

Jangankan untuk budget iklan, untuk biaya kanvasing sehari-haripun jadi berkurang banyak. Apalagi jika Anda tidak memliki propek customer yang banyak, mana cukup hanya dengan makan komisi dan gaji yang pas-pasan, kurang lebih sama dengan UMR.

Kelemahan ketiga dan yang paling penting, ketika Anda menjual mobil baru di marketplace, percaya atau tidak, keyword Anda akan susah sekali naiknya. Lihat screenshot gambar dibawah ini Sebab situs-situs marketplace seperti  ini kebanyakan memang tidak SEO Friendly.

Contohnya disini terlihat pada keyword “kredit dp murah suzuki ertiga” Disitu terlihat jelas keyword yang berada dihalaman pertama Google pada posisi 3 teratas adalah iklan Google Adword alias iklan berbayar.

cara menjual mobil di markeplace

Sementara pada posisi tengah sampai kebawah justeru dipenuhi oleh website penjualan milik para salesman mobil Suzuki yang cukup bagus optimasi keywordnya – Dan berikutnya pada posisi paling bawah juga ditempati oleh iklan Google Adword.

Itu sama saja artinya iklan Anda di marketplace juga tidak bisa menjangkau maksimal ke semua calon konsumen yang mencari informasi kredit murah Suzuki Ertiga, karena keywordnya karena sudah di dominasi oleh website penjualan sales mobil lain dan dikepung oleh iklan Google Adword yang cukup mahal.

Maka itu artinya, bila jualan mobil baru Anda ingin cepat laris, mau tidak-mau mulai saat ini juga Anda harus memiliki website penjualan sendiri dan memiliki sedikit kemampuan SEO Video maupun SEO Website. Agar Anda bisa mendominasi semua keyword di search engine yang berhubungan dengan penjualan mobil baru di Google maupun Youtube.

Nah untuk menguasai SEO dan mendominasi keyword di internet tersebut Anda bisa mengikutinya disini, Private Kursus SEO Video Marketing Sistematis Always Page One – Satu-satunya kursus SEO sistematis di dunia, dimana siapapun bisa menguasai SEO, siap bersaing dengan siapa saja hanya dengan belajar maksimal dalam waktu seminggu, bila Anda masih awamsekali. Apa saja materinya silahkan lihat di Homepage Internet Marketing No 1 kami.

Sebab Metode Private SEO kami sangat sistematis, bagaimana siapapun bisa menguasai sistem kerja pengindeksan keyword di Youtube maupun Google, karena kedua raksasa inilah yang mendominasi mesin pencari diseluruh dunia. Maka jika Anda sudah menguasainya secara sistemetis sistem indeks di searh engine, otomatis semua keyword yang Anda target akan jauh lebih mudah naik ke Page One Google atau Page One Youtube dengan cepat.

Nah setelah Anda melihat semua kelebihan maupun kekurangan menjual mobil di marketplace, silahkan Anda putuskan sendiri, ingin setiap bulan mengeluarkan budget iklan yang cukup mahal, atau hanya belajar sekali dan menguasai SEO untuk seumur hidup Anda – Sebab kami sangat yakin metode SEO sistematis kami tidak melanggar ketentuan dan sangat sesuai dengan sistem dan algorithma Google dalam mengindeks keyword.

Materi Baru Private Internet Marketing, Cara Berjualan Di Marketplace Tokopedia

Ok, jika Anda masih betah bekerja menjadi salesman mobil, inilah solusi tepat menguasaia, bagaimana cara menjual mobil baru dengan mudah secara online. Bukan hanya menghemat waktu dan biaya, namun juga kepiawaian SEO Anda bisa dipakai selamanya untuk berjualan online apa saja di internet.

( Putra )

 

Save

Save

×

Selamat Datang Bpk/Ibu

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu ?